April 21, 2018

[Review Anime] Minami Kamakura Koukou Joshi Jitenshabu


Saya lihat di MAL banyak yang tidak suka dan bosan nonton anime ini. Padahal studio yang bertanggung jawab adalah J.C. Staff, studio yang sudah terkenal dan tidak diragukan lagi dalam mengadaptasi suatu anime. Lalu apa yang membuatnya bosan?. Simak reviewnya.

Judul : Minami Kamakura Koukou Joshi Jitenshabu
Tanggal Rilis : 7 Januari 2017
Episode : 12
Durasi : 23 Menit per Eps
Genre : Sports, School, Shounen
Sumber Cerita : Manga
Studio : J.C.Staff, A.C.G.T.

Sinopsis
Maiharu Hiromi yang telah pindah dari Nagasaki ke Kamakura, sebuah kota tanpa apa-apa selain bukit. Dia menuju ke sekolah dengan menggunakan sepedanya, ia bersemangat tentang kehidupan barunya di Kamakura dan hari pertamanya di sekolah tinggi. Namun, ini adalah pertama kalinya dia pergi ke sekolah memakai sepeda dalam waktu yang cukup lama, dan dia tampaknya memiliki beberapa kesulitan … Saat itulah dia bertemu Akitsuki Tomoe, melalui instruksi Tomoe dan bergabung dengan anak - anak klub bersepeda, Hiromi mulai berubah sedikit demi sedikit.

PV

Jalan Cerita
Meski anime ini berusaha mengajarkan beberapa hal tentang bersepeda, anime ini mungkin belum bisa menjadi sumber informasi yang baik bagi para pemula. Sebab metode yang dia gunakan untuk menyampaikan semua informasi tersebut seringkali tidak komprehensif, tidak beraturan, tersebar begitu saja tanpa disusun dalam topic - topik tertentu atau mengikuti proses pembelajaran yang bertahap, dan juga tidak seimbang, sehingga terkadang terasa tiba - tiba saja memberikan begitu banyak informasi sekaligus dalam jangka waktu yang singkat. Ya, anime ini kemudian menyediakan bimbingan yang lebih terarah dari para Seiyuu pada penghujung setiap episode, tetapi jika memang bagian ini yang dimaksudkan menjadi bagian yang paling penting, apakah masih ada nilai yang bisa diperoleh dari animenya sendiri? Atau apakah penonton sebaiknya mengabaikan saja kisah Hiromi dan langsung melompat ke bagian akhir yang jauh lebih bermanfaat tadi? .... Jawabannya barangkali harus diserahkan kepada masing - masing penonton. Tanpa pelajaran seputar bersepeda, anime ini hanyalah kisah tentang Hiromi dan selanjutnya Klub Sepeda MinaKama, dan karena tidak mengejar suatu tujuan khusus selain untuk terus bersepeda, kisah mereka juga tidak segera menawarkan kejadian - kejadian menarik. Bahkan perlombaan yang mereka ikuti tidak terasa seru, sebab meski anime ini coba membuatnya terlihat dramatis, pada akhirnya perlombaan itu sendiri tidak pernah bernilai lebih daripada sekadar salah satu kegiatan klub. Namun, pada episode - episode belakangan, touring yang mereka lakukan punya potensi untuk tampak seperti sebuah petualangan, terutama dengan anime ini berupaya sesering mungkin memperlihatkan gambar - gambar pemandangan dari semua tempat yang mereka kunjungi. Penonton yang mengharapkan suatu cerita akan mendapatinya cenderung hampa, tetapi bagi mereka yang suka melihat pemandangan, anime ini masih mungkin menjadi pengalaman menyenangkan.

Karakter
Singkatnya, para tokoh di anime ini terasa dangkal dan tidak menarik. Kepribadian setiap tokoh memang dapat segera dibedakan dengan jelas, tetapi tidak seorang pun yang memiliki ciri khas cukup unik untuk membuat diri mereka terlihat menonjol sebagai suatu karakter yang patut diperhatikan. Mereka juga tidak punya kisah pribadi yang dapat mengundang penonton agar mencari tahu bagaimana kelanjutannya. Meski anime ini memberi mereka semua latar belakang untuk mulai terlibat dengan sepeda, kisah para tokoh tersebut selalu berakhir hanya sampai di titik itu. Di latar belakang, sebelum kemudian mereka menghabiskan seluruh waktu dan tenaga hanya untuk bersepeda, hingga seolah-olah tidak ada kegiatan lain di dalam kehidupan mereka kecuali bersepeda. Dan terakhir, karena mereka hanya selalu bersepeda bersama tanpa mengejar target tertentu, kombinasi di antara mereka pada akhirnya tidak melahirkan hubungan kerjasama yang akan membagi peran dan fungsi ke masing - masing tokoh, sehingga siapa mereka, bagaimana mereka bersikap, bagaimana cara mereka memandang sesuatu, apa keunggulan mereka, apa kelemahan mereka, seluruh aspek dari jati diri mereka pada dasarnya sama sekali tidak relevan. Kelihatannya tujuan anime ini benar - benar cuma sebatas memperkenalkan kepada penonton keasyikan bersepeda, maka para tokohnya pun tidak pernah dimaksudkan lebih dari sekadar sekumpulan alat untuk memperagakannya.


Art
Kualitas animasi para tokohnya mungkin dapat dikatakan berada di tingkat rata - rata. Anime akan terlihat cukup bagus pada beberapa adegan, tetapi kemudian sebaliknya tidak cukup bagus pada beberapa adegan yang lain. Meski demikian, satu hal yang patut dipuji dari anime ini adalah penggabungan yang cermat antara animasi tersebut dengan gambar latarnya. Karena tampaknya lebih sering langsung menggunakan foto yang diedit daripada hasil lukisan untuk gambar latar yang dimaksud, sebagian orang barangkali akan menganggapnya mengambil jalan pintas sehingga tidak bisa disetarakan dengan anime - anime lain yang melakukan hampir semuanya dari awal, namun secara objektif, it did a good job nonetheless.


Ost
Lagu Pembuka: Jitensha ni Hana wa Mau 「自転車に花は舞う」 oleh AOP dan Lagu Penutup: Niji Yume Road 「にじゆめロード」 oleh Ika-san 「いかさん」. Lagu pembukanya sendiri dibawakan oleh AOP yang memperlihatkan suasana ceria karakter di dalamnya. Dan lagu penutupnya sendiri malah lebih fokus ke sepedanya. 

Overall
Jalan Cerita : 5 / 10
Karakter : 5 / 10
Art : 8 / 10
Ost : 7 / 10
Minami Kamakura Koukou Joshi Jitenshabu : 6 / 10

Anime ini berusaha sekuat tenaga untuk mengajak kalian ikut bersepeda, dan sebagai akibatnya, cerita yang dia sajikan tidak berisi banyak kejadian menarik selain sekelompok gadis yang terus bersepeda, dan para gadis itu sendiri pun juga kemudian seolah tidak punya identitas apa - apa selain sebagai pengendara sepeda. Namun, yang paling mengecewakan dari semuanya, meski setelah memusatkan seluruh perhatian hanya pada satu topik, ajakannya tadi ternyata tetap belum terasa cukup kuat untuk meyakinkan siapapun. Gambar - gambar pemandangan yang selalu dia perlihatkan mungkin saja akan mampu mendorong kalian agar bertualang, tetapi kecuali memang sudah terbiasa bersepeda ke semua tempat, anime ini tidak memberi alasan mengapa kalian harus mulai melakukannya sekarang.

Next

Related

1 komentar

BENTO4D Adalah Situs Judi Online Terbaik Dan Terpercaya Dengan Tingkat Keamanan Dan Kenyamanan Yang Sangat Terjamin.
Tingkat Winrate yang Sangat Tinggi Dengan Kemudahan jackpot Terbesar.


EmoticonEmoticon