April 22, 2018

[Review Anime] Mawaru Penguindrum


Dulu, dampak dari Star Driver: Kagayaki no Takuto yang dipenai oleh Enokido Youji, sang penulis skenario Utena masih belum hilang. Hanya dalam waktu setengah tahun, sebuah seri anime baru lain yang juga mengingatkan akan Utena kembali hadir. Anime tersebut adalah Mawaru Penguindrum.

Judul : Mawaru Penguindrum
Tanggal Rilis : 8 Juli 2011
Episode : 24
Durasi : 24 Menit per Eps
Genre : Mystery, Comedy, Dementia, Psychological, Drama
Sumber Cerita : Original
Studio : Brain's Base

Sinopsis
Seorang gadis yang sakit parah bernama Himari Takakura secara ajaib terselamatkan dari kematian oleh sebuah roh aneh yang bersemayam dalam sebuah topi berbentuk penguin. Namun, sebagai bayaran untuk memperpanjang hidupnya, sang roh memberikan tugas kepada dua saudara Himari, Kanba dan Shoma, untuk mencari sebuah benda yang dikenal sebagai Penguindrum dengan bantuan dari trio penguin aneh.

PV

Jalan Cerita
Ceritanya mengalir dari Comedy, Suspense, dan akhirnya ke Drama secara lancar, dan dengan unsur Mystery yang sangat menyerap perhatian, para penonton hampir tidak akan merasakan sedikit pun proses transformasi tersebut. Sayangnya, dalam menggambarkan dunianya yang rumit, anime ini menggunakan metafora agak terlalu berlebihan, sehingga benar - benar sulit untuk bisa membedakan yang mana yang nyata, yang mana yang ilusi, yang mana berupa ingatan, dan yang mana hanya berupa penggambaran. Ini bukan kemudian berarti bahwa anime ini tidak masuk akal, jika menyortirnya dengan hati - hati jalan ceritanya masih bisa dipahami, tetapi hal itu membutuhkan upaya yang cukup keras, dan apakah hasilnya memuaskan atau tidak adalah tergantung dari pendapat masing - masing penonton.

Karakter
Kekuatan lain dari anime ini adalah dari segi karakterisasi. Meskipun sejalan dengan settingnya yang tidak biasa, mereka sekilas terlihat aneh dan terlalu didramatisir. Setiap tokoh sebenarnya dikembangkan secara bagus dengan motif yang masuk akal. Walau melakukah hal - hal yang gila, Ringo hanyalah seorang gadis yang mencari makna keberadaan dirinya, walau memilih cara - cara yang ekstrim, Masako hanya berusaha menyelamatkan saudara - saudara yang dia sayangi, dan seterusnya. Pada akhirnya, menetralisir sisi storytelling yang rumit, justru karakter - karakter inilah yang mampu memberi struktur yang jelas pada ceritanya, sehingga kemudian sedikit lebih mudah dipahami. Yang juga perlu disebutkan secara khusus adalah para penguin. Bekerja sebagai satu grup, makhluk - makhluk kecil, lucu, misterius, dan tanpa dialog ini merupakan karakter tersendiri sebagai solusi tepat dari anime ini untuk menciptakan peran pendukung yang berfungsi mempercepat jalan cerita atau mencegahnya dari menjadi terlalu suram, tetapi tanpa pernah mengganggu karakterisasi tokoh - tokoh utama. Sayangnya, asal-usul penguin - penguin tersebut tidak pernah disebutkan dengan jelas, sehingga keterlibatan mereka di dalam cerita justru menyebabkan setting di anime ini menjadi semakin rumit.


Art
Bagian visual adalah salah satu kekuatan dari anime ini. Animasi yang halus dengan gabungan 2D dan 3D, penggunaan warna - warna mencolok dan suram secara bersamaan, dan juga sinematografi dengan sudut pengambilan yang pas serta perubahan gerakan kamera dari dinamis ke fixed yang tepat waktu berhasil dengan sangat baik menciptakan sebuah dunia yang serupa, namun terasa berbeda sekaligus dengan dunia yang kita kenal. Dan seperti menemukan sisi baru dan tersembunyi dari sesuatu yang sudah begitu lazim, penonton kemungkinan besar akan terkesima dibuatnya.



Ost
Musiknya agak susah dijelaskan, tapi nuansanya benar - benar cocok dengan nuansa aneh anime ini. Dan lambat laun, musiknya lumayan jadi enak didengar setelah terbiasa mendengarnya. Yang pasti, ada dua nama yang perlu disebut, yakni Yakushimaru Etsuko yang membawakan dua lagu pembukanya yang bagai cerita dongeng serta grup girl band fiktif Triple H yang sedikit banyak juga memiliki peranan dalam cerita.

Overall
Jalan Cerita : 7.5 / 10
Karakter : 8 / 10
Art : 8.5 / 10
Ost : 7.5 / 10
Mawaru Penguindrum : 8 / 10

Pada saat Himari bangkit dari kematian dan beteriak "Seizon Senryaku!!", anime ini langsung menyatakan dirinya sebagai sesuatu yang berbeda, dan dalam banyak arti, pernyataan tersebut sangatlah benar. Tergantung minat kalian masing - masing, tingkat kerumitan anime ini yang berlapis-lapis bisa membuat kalian luar biasa penasaran atau sebaliknya justru sama sekali kebingungan, tetapi yang pasti, karakterisasi yang penuh kejutan dan visualisasi yang menakjubkan selalu mampu menjadikan anime ini suatu tontonan yang cukup unik.


Next

Related

1 komentar

Buat per paragraf dong kak tulisannya, tapi untungnya tampilan webnya enak dibaca jadi oke lah


EmoticonEmoticon