March 25, 2018

[Review Anime] Shinsekai yori


Pada kesempatan kali ini saya akan mereview salah anime yang sempat terlupakan, bahkan bisa di bilang sebagian orang akan "drop" anime ini, mungkin review ini dapat merubah penilaian tentang "Shinsekai Yori".

Judul : Shinsekai yori
Tanggal Rilis : 29 September 2012
Episode : 25
Durasi : 22 Menit per Eps
Genre : Sci-Fi, Mystery, Horror, Psychological, Supernatural, Drama
Sumber Cerita : Novel
Studio : A-1 Pictures

Sinopsis

Cerita berlatarkan di Jepang pada masa seribu tahun dari sekarang. Lima tokoh utama: Saki, Satoru, Maria, Mamoru, dan Shun dilahirkan dengan kekuatan yang dapat diartikan sebagai "Utopia". Setelah banyak insiden terjadi, Saki dan yang lainnya mulai menyadari diri mereka yang sesungguhnya pada pengaruhnya dalam dunia ini. Akhirnya kelima dari mereka mulai melakukan petualangan yang berbahaya untuk melindungi teman, keluarga dan orang yang mereka sayangi agar "kehancuran" tidak datang.

Jalan Cerita

Diadaptasi dari novel karangan Kishi Yusuke, Shinsekai Yori dengan latar belakang dunia pada masa depan, lebih tepatnya 1000 tahun dari sekarang. sebuah utopia yang di buat oleh manusia yang memiliki kekuatan psikokinesis atau Cantus (Sebutan yang dipakai dalam serial ini), Awal cerita dengan memperkenalkan kehidupan & keseharian para murid di sebuah sekolah yang dibangun dengan tujuan melatih dan menguasai kekuatan supernatural mereka. beberapa episode akan terlihat menampilkan bagaimana kinerja sistem yang berjalan, dan apa yang menjadi larangan yang tidak seharusnya di lakukan bagaimanapun alasannya. susunan dan arah maksud tiap episode memiliki hubungan satu sama lain, yang memiliki artian tiap episode tidak asal saja di buat, namun itu akan menjadi landasan dan teori yang akan menjelaskan misteri di balik dunia ini. Konsep cerita Shinsekai Yori memiliki gaya originalitas tersendiri, bagaimana menggambarkan sebuah dunia yang diluar tampak indah dan sempurna tapi di balik itu memiliki sejarah kelam dari misteri dunia yang rahasianya terkunci rapat. Shinsekai Yori saya bisa katakan bukanlah tontonan untuk anak kecil di bawah umur, banyaknya scene kematian, gore, darah, dan dengan sedikit tema dewasa, tentunlah bukan pilihan yang tepat. butuh pemahaman analisis dan gaya berpikir yang cepat untuk memahami beberapa isi konteks dari anime ini, melihat plot cerita yang bisa membuat kalian bingung mengenai berbagai macam konflik kesetaraan dan keburukan kondisi manusia nantinya. Bicara mengenai episode yang menampilkan Homoseksual konten baik itu Shounen Ai (BL; Boys love) dan mungkin sedikit Shoujo Ai (Yuri: Lesbi), kalau saya bisa katakan merupakan bentuk penyimpangan sistem yang telah berjalan di tengah komunitas distrik 66 kamisu yang berhubungan pada adanya refleksi pendewasaan karakter pada anime ini. Jadi bagi penonton yang telah "Drop" akibat scene, ini sebaiknya pikirkan kembali. jangan menilai sebuah anime karena alasan seperti ini, sebaiknya kita kesampingkan saja, mengingat Shinsekai Yori merupakan karya briliant dari berbagai macam anime terbaik yang saya bisa tawarkan. Keseluruhan yang bisa saya tangkap dari Shinsekai Yori, Topik utamanya terfokus bagaimana prinsip - prinsip dasar manusia dan peraturan sebuah komunitas sosial masyarakat yang di buat demi Kelangsungan hidup suatu organisme, yang dapat membuatmu berpikir apakah sistem dan norma yang mereka pegang dan percayai sudah tentu benar atau tidak???!.

Karakter
Penggambaran dari tiap - tiap karakter yang ada sudah sangat realistis, cukup sulit untuk membuat personaliti karakter yang hidup di era 1000 tahun mendatang dengan Kondisi cerita yang sangat kompleks. Plot cerita yang sangat baik, Pengembangan karakter sangat terlihat pada beberapa episode selanjutnya dan ini merupakan hal fantastis dan daya tarik dari Shinsekai Yori, dengan cerita yang berkisar antara 12 - 26 tahun umur dari karakter utama, kita tidak akan selalu melihat Saki yang terus menjadi anak kecil seperti kebanyakan serial anime lainnya.

Art
A-1 pictures sudah sangat baik dalam Merealisasikan Shinsekai Yori menjadi adaptasi animenya, dilihat dari Artwork Background, Design Karakter, dan efek dari animasi sudah sangat layak di tonton. khusunya untuk design karakternya agak berbeda dengan beberapa anime mainstream lainnya. gore scene yang ditampilkan juga tidak terlalu berlebih-lebihan. Seadanya tidak kurang tidak lebih. terlebih lagi dalam menggambarkan kondisi komunitas masyarakatnya A-1 Pictures sudah sangat memberikan kepuasan bagi saya. walaupun juga tidak bisa dikatakan sempurna.

Ost
Untuk hal musik, Shinsekai Yori sudah sangat baik dalam menjaga atsmofer dengan pemilihan dan penempatan pada tiap - tiap adegannya. Untuk Opening Musik, dalam anime ini tidak ada, Shinsekai Yori hanya memiliki 2 Ending dari keseluruhan 25 episode yang ditayangkan, "Warate Ringo" yang di nyanyikan oleh Saki watanabe (Risa Taneda) pada episode 1-16 dan Ending ke-2 "Yuki ni saku Hana" oleh Maria Akizuki (Kana Hanazawa) pada episode 17-24, Tidak adanya Opening bukanlah masalah yang besar, kedua Ending ini sudah cukup menutupi apa yang menjadi kekurangannya.

Overall
Jalan Cerita : 10 / 10
Karakter : 9 / 10
Art : 8.5 / 10
Ost : 8 / 10
Shinsekai yori : 9 / 10

Di perindustrian anime saat ini, memang sangat jarang menemukan suatu anime dengan akhir yang memberikan rasa kepuasan seperti yang ditampilkan Shinsekai Yori. Bagi yang sangat menyukai psikologikal, serial yang dramatis dan Misteri sebuah dunia yang dapat membawa penontonnya kedalam unsur horror dengan intesitas tingginya konflik dan Plot Twist, Shinsekai Yori adalah Jawabannya.


Next

Related

3 komentar

Jujur aja secara pribadi gak terlalu puas sama endingnya, tapi emang yang paling realistis sama alur ceritanya.

Lebih seneng yg HE T^T

This comment has been removed by the author.


EmoticonEmoticon