March 25, 2018

[Review Anime] Majokko Shimai no Yoyo to Nene


Kali ini saya akan mereview anime Majokko Shimai no Yoyo to Nene, sebuah anime yang memperlihakan kita apa arti sebenarnya dari sebuah keluarga.

Judul : Majokko Shimai no Yoyo to Nene
Tanggal Rilis : 28 Desember 2013
Episode : 1
Durasi : 1 Jam 40 Menit 
Genre : Fantasy, Magic
Sumber Cerita : Manga
Studio : ufotable

Sinopsis

Sebuah cerita mengenai sepasang penyihir bersaudara yang berkerja sebagai "Noroiya" dengan menggunakan sihir di dunia fantasi. Suatu hari tiba-tiba muncullah pohon besar diselimuti oleh gedung-gedung tinggi yang tidak pernah dilihatnya sebelumnya. Yoyo dan Nene lalu memutuskan untuk menginvestigasi kejadian aneh ini yang menyebabkan Yoyo lalu terjebak di dunia lain tempat manusia tidak mengenal sihir. Setibanya ia lalu mendapatkan orang tua anak yang sebelumnya ditemuinya berubah menjadi monster. Apa yang sedang terjadi dengan dunia yang Yoyo datangi?!

Jalan Cerita
Kisah yang sudah sangat banyak kita jumpai dengan mengangkat topik sihir didalamnya. Majokko Shimai no Yoyo to Nene mempunyai cerita yang dikemas dengan begitu rapi dan jauh dari kata "Membosankan", Apa yang akan kalian lihat disini adalah hal yang menyenangkan, menegangkan, lucu, dan mengharukan. Niat ingin membahagiakan orang lain dengan sihir, tapi kenyataan yang ada malah tidak searah dengan apa yang diharapkan. Keinginan dan keegoisan seseorang demi mendapat apa yang diinginkannya berubah menjadi malapetaka dan itu adalah "Kutukan". Hanyalah keinginan niat baik nan tulus dan sepenuh hati yang bisa merubah semuanya berakhir dengan indah. Dengan sedikit menyinggung sifat negatif yang ada pada diri manusia namun tidak memberikan kesan "dark" merupakan salah satu daya tarik anime ini. yah karena ini ditunjukan dengan semua umur, tentu saja mengangkat hal - hal yang ringan dan mudah dipahami. Eksekusi akhir cerita sangat memuaskan dengan tidak berujung pada namanya "antiklimaks". Ada beberapa memang anime dengan tipe film memiliki ending antiklimaks tanpa menyajikan sesuatu yang benar - benar mengena pada hati penontonnya. Pada awalnya akan mengira akan seperti itu, tapi pada akhirnya "wah" dan "wow" lagi. Kejadian gila dan mengejutkan banyak mewarnai Majokko Shimai no Yoyo to Nene hingga akhir cerita.

Karakter
Tak ada peran antagonist dan karakter menjengkelkan disini. Keseluruhan karakter sangat "Likeable". Dimulai dari Yoyo penyihir enerjik yang terjebak di dunia lain. Kakak dari Nene walupun tubuhnya kecil, umurnya sudah 33 tahun. Salah satu penyihir terkuat di kerajaan sihir dengan mana tanpa batas. Kita bisa melihat pengembangan karakter Yoyo begitu baik, ia awalnya tidak begitu mengerti akan arti pentingnya sebuah nyawa dan kepedulian terhadap sesama, seiring dengan perkembangan cerita ia sadar akan pentingnya hal itu dengan tidak terlalu bergantung dengan sihir yang ia selalu gunakan. Nene adik dari Yoyo, penyihir yang tak kalah hebatnya dengan kakaknya, memiliki sifat yang lebih dewasa ketimbang Yoyo yang terkadang kekanak-kanakan. Selalu ada dan sangat sayang terhadap kakaknya. Perannya begitu besar dalam mencegah kehancuran antara 2 dunia akibat perang yang ingin dilancarkan oleh neneknya. Takahiro anak laki - laki normal yang tidak memiliki sihir, ia yang juga menyadarkan Yoyo akan pentingnya kepedulian sesama dan dengan keberaniannya selalu menjadi penolong Yoyo disaat genting. Aki adik sepupu dari Takahiro, memiliki kaitan erat dengan kejadian aneh yang terjadi antara dua dunia. ia juga yang memegang kunci yang dapat menyelamatkan dunia dari kehancuran. Takeo kakak dari Kakahiro, awalnya saya mengira dia cuman karakter penakut yang tahunya cuman berteriak tidak jelas, teryata ia sangat berguna dengan banyak membantu Yoyo memecahkan misteri penyebab kejadian - kejadian aneh yang muncul. Dan masih banyak lagi karakter - karakter lain yang menarik baik itu dari sifat bahkan penampilan. melihat karakter lainnya serasa membaca buku dongeng fantasi.

Art
Diproduksi oleh Studio ufotable dan dibantu oleh studio - studio terkenal lainnya seperti Madhouse, I.G, Seven Arcs dan masih banyak lagi. Satu studio tak akan cukup untuk membuat animei yang penuh dengan efek penuh warna dan pergerakan animasi yang super ini. Dimulai dari latar, tekstur, hingga detail pewarnaan yang tidak main - main untuk ukuran film anime.

Ost
Seperti yang saya katakan sebelumnya akan ada moment menegangkannya juga. Masaru Shiina atau lebih dikenal dengan sebutan Shiina ditunjuk sebagai komposer musik. Menjadikan adegan heroic Yoyo dan kawan - kawan, hati penontonnya jadi ikut berkobar-kobar juga. Terutama bunyi terompet dan efek suara saat battle menggunakan sihir. Untuk yang belum tahu Shiina, ia komposer musik yang bekerja di Namco Banda Games. "Perpisahan itu memang menyedihkan" ditambah dengan tema ending song "Niji no Yakusoku (虹の約束)" oleh Mikako Komatsu. Berpikir lagi mengenai indahnya sebuah keluarga.

Overall
Jalan Cerita : 10 / 10
Karakter : 10 / 10
Art : 10 / 10
Ost : 9 / 10
Majokko Shimai no Yoyo to Nene : 9.8 / 10

Bukanlah hal yang mudah membuat cerita yang terkesan "klise" menjadi suatu karya yang apik dan bukanlah hal yang mudah dapat menggerakan hati penontonnya sampai sejauh ini dan itu yang saya rasakan. Sebuah tontonnan keluarga yang bisa memberikan senyum di wajah kalian. Itupun bagi yang menyukai tipe genre cerita semacam ini. Tapi selama kalian masih menyukai kisah yang bisa mengembalikan semangat dan indahnya arti sebuah keluarga. Saya yakin kalian juga akan menyukainya.


Next

Related


EmoticonEmoticon