April 21, 2018

[Review Anime] Nazo no Kanojo X


Pertama saya tertarik nonton anime ini gara - gara dulu sempat ada di list manga yang bakal saya baca, tapi ternyata sudah ada animenya (padahal sudah cukup lama 2012). Kontroversial dengan plotnya, saya tidak berekspektasi terlalu tinggi. Tapi ternyata ekspektasi saya meleset lagi, alasannya bisa kalian baca dibawah ini!

Judul : Nazo no Kanojo X
Tanggal Rilis : 8 April 2012
Episode : 13
Durasi : 24 Menit per Eps
Genre : Romance, School, Seinen
Sumber Cerita : Manga
Studio : Hoods Entertainment

Sinopsis
Anime ini bercerita tentang hubungan anatara Akira Tsubaki dan Mikoto Urabe. Urabe adalah murid pindahan yang baru saja pindah ke sekolah Tsubaki. Setelah beberapa kejadian aneh, Tsubaki menemukan dirinya ketagihan air liur Urabe. Setelah Urabe mengatakan ketagihan tersebut adalah penyakit cinta, hubungan dan ikatan mereka berdua mulai terbentuk. Dari sini banyak hal yang mereka alami, dan semuanya berputar antara Urabe, Akira dan air liur Urabe.

PV

Jalan Cerita
Meski dengan sebuah plot yang sangat sederhana, cerita anime ini di luar dugaan benar - benar membuat penasaran. Tidak ada Science Fiction yang canggih atau kekuatan Supernatural yang ajaib ataupun dunia Fantasy yang memicu imajinasi, anime ini cukup menyajikan kisah romantis dengan seorang gadis yang misterius untuk menciptakan sebuah situasi yang senantiasa unik dan terus-menerus menarik. Laksana lembar demi lembar dari suatu novel misteri, penonton serasa diundang dari satu episode ke episode berikutnya hanya untuk mendapatkan sedikit saja petunjuk mengenai Urabe Mikoto, tetapi daripada identitas asli si pelaku kejahatan, sebagai hadiahnya anime ini menjanjikan hubungan manis dan agak tidak biasa antara dua orang remaja.

Karakter
Selain Urabe Mikoto, karakter - karakter di anime ini terasa sangat umum. Oka yang agresif sudah hampir menjadi seperti karakter yang harus ada dalam kisah romantis semacam ini, sementara Tsubaki tidak memiliki ciri khas apapun yang membuatnya bisa tinggal lama di ingatan. Akan tetapi, hal tersebut justru merupakan pilihan tindakan yang paling tepat, sebab keseluruhan anime ini adalah tentang Mikoto. Memunculkan satu atau beberapa karakter lain yang sama eksentriknya hanya akan merusak cerita dengan Mikoto tidak dapat menjadi seunik yang seharusnya. Bahkan, keunikan Mikoto sebenarnya masih datar - datar saja jika dibandingkan dengan karakter - karakter di anime lain yang memang dikenal penuh kejutan, maka menggunakan karakter yang benar - benar biasa di sekelilingnya adalah apa yang pada akhirnya berhasil membuat Mikoto menonjol sebagai salah satu gadis anime paling misterius.


Art
Sangat disayangkan, meski bukan yang paling buruk, kualitas visual anime ini masih di bawah standar. Dengan garis - garis desain karakter dan juga animasi yang terkesan kasar, visualisasinya sangat ketinggalan zaman, seolah sesuatu yang berasal dari tahun 80-an. Dan jika sebagian orang mungkin masih bisa menerima hal tersebut, voice-actingnya yang tidak tersinkronisasi dengan baik rasanya akan sulit untuk dimaafkan oleh siapapun. Terkadang mulut para karakternya terlihat sudah bergerak hingga satu detik lebih awal sebelum ada kata yang diucapkan. Terlepas dari alasan apapun yang mungkin menyebabkannya, kesalahan yang sebenarnya tidak perlu ini menjadikan anime ini terkesan seperti karya amatiran.


Ost
Music terdengar unik, karena music BGM nya bertemakan Mystery meskipun anime ini sebenarnya bertema Comedy Romance. OP dan ED dinyanyikan oleh seiyuu Urabe juga lumayan enak untuk didengar.

Overall
Jalan Cerita : 8 / 10
Karakter : 7.5 / 10
Art : 5 / 10
Ost : 8 / 10
Nazo no Kanojo X : 7 / 10

Visual anime ini jauh dari terbaik. Namun jika kalian bersedia mengesampingkan kekurangannya, anime ini menawarkan sebuah kisah romatis yang begitu unik (atau juga aneh) hingga kalian kemungkinan besar tidak akan menemukan anime seperti untuk jangka waktu yang lama.


Next

Related

1 komentar


EmoticonEmoticon