April 08, 2018

[Review Anime] Mahou Shoujo Madoka★Magica


Kali ini saya akan mereview salah satu anime yang saya ReWatch hari ini. Yup, Mahou Shoujo Madoka Magica. Tanpa basa-basi, langsung saja simak reviewnya^^

Judul : Mahou Shoujo Madoka★Magica
Tanggal Rilis : 7 Januari 2011
Episode : 12
Durasi : 24 Menit per Eps
Genre : Drama, Magic, Psychological, Thriller
Sumber Cerita : Original
Studio : Shaft

Sinopsis

Anime ini bercerita tentang Kaname Madoka, seorang gadis SMP yang bersekolah di Mitakihara City Middle School. Kehidupannya yang biasa - biasa saja berubah semenjak ia bermimpi mengenai seorang perempuan berambut panjang yang bertarung melawan makhluk - makhluk mengerikan. Ternyata gadis dalam mimpi itu adalah Akemi Homura, siswi transfer yang pindah ke sekolah dan kelas Madoka. Pertemuan Madoka dengan seorang gadis bernama Mami Tomoe, menjelaskan bahwa baik Mami dan Homura merupakan seorang Mahou Shoujo. Mahou Shoujo sendiri merupakan prajurit yang berjuang melawan monster - monster yang disebut Witch sebagai konsekuensi atas kontraknya dengan makhluk bernama Kyubey. Kontrak yang mengerikan, namun dapat mengabulkan sebuah permintaan … permintaan apa pun.

Jalan Cerita
Saran saya… Jangan percaya dengan covernya, tapi lihat genre nya“Thriller“. Dari segi cerita, walaupun tampak mainstream, tapi pengembangan cerita dengan alur yang bagus ditambah konflik yang kuat, misteri tentang batu jiwa, kematian satu persatu teman-temannya, kyuubei yang ngeselin, juga ending yang luar biasa. Pada dasarnya cerita ini lumayan berat dan membingungkan, umur 17 tahun kebawah mungkin susah mencerna alur anime ini, tapi kalau nontonnya cermat pasti mengerti kalau anime ini adalah salah satu “masterpiece”.

Karakter
Homura is the best hero, and Madoka is the real Hero. Walaupun kesiangan disaat teman-temannya sudah pada mati karena dibunuh majo, anak pemalu yang punya takdir sebagai Magika terkuat ini hanya beraksi di bagian akhir, saya sendiri nunggu kapan sih ni anak berubah jadi Magika?. Selain itu juga Sayaka, Mami dll menjalankan peran dengan baik yang secara gak langsung mendukung inti hingga akhir cerita.

Art
Grafisnya menipu sangat!!.  gambarnya mungkin unyu - unyu, imut dan kawaii, tapi jangan salah, konsep grafis ‘abstrak’ yang dibuat studio Shaft ini memang terlihat membingungkan, sadis dan juga punya punya efek Thriller yang membawa emosi. Saya sendiri sebenarnya kurang suka… tapi saya rasa wajar karena isinya yang 90% cewek dan untuk mengurangi efek berdarah-darah.

Ost
Kalafina-Magia sebagai Ending sekaligus battle song dan Opening soundtracknya yang bagus banget menurut saya, dan salah satu anime dengan efek suara dan BGM yang menarik. Menggambarkan suasana yang suram dan penuh kutukan, gak ada kesan ceria seperti yang diperlihatkan cover.

Overall
Jalan Cerita : 8.5 / 10
Karakter : 7.8 / 10
Art : 7 / 10
Ost : 9 / 10
Mahou Shoujo Madoka★Magica : 8.2 / 10

Don’t judge the anime by it’s cover, itu kesimpulan yang logis. Setidaknya anime ini punya konsep yang mainstream, tapi jalan ceritanya yang bagus dan alur yang gak monoton. Oh iya, di akhir cerita, anime ini punya pesan moral yang bagus banget.  



Next

Related


EmoticonEmoticon