April 07, 2018

[Review Anime] Ao no Kanata no Four Rhythm


Muncul lagi Visual novel yang diadaptasi menjadi sebuah anime, dan kali ini game eroge buatan sprite bernama Ao no Kanata no Four Rhythm atau AoKana mencoba peruntungannya dalam perindustrian anime. Visual novel  buatan sprite ini telah dirilis pada platform Windows pada 28 November 2014. Adaptasi animenya dikerjakan oleh Gonzo dan sudah tayang dari Januari 2016 sampai Maret 2016.

Judul : Ao no Kanata no Four Rhythm

Tanggal Rilis : 12 Januari 2016
Episode : 12
Durasi : 24 Menit per Eps
Genre : Sci-Fi, Sports, Drama, School
Sumber Cerita : Visual novel
Studio : Gonzo

Sinopsis

Di dunia dimana terbang itu semudah mengayuh sepeda, terdapat sebuah olahraga yang sangat populer bernama "Flying Circus". Si Prontagonis dari cerita ini memiliki masa depan yang cerah di kompetisi olahraga itu, namun karena sebuah kekalahan besar dan alasan lainnya dia akhirnya memilih meninggalkan kompetisi itu. Suatu hari, dia bertemu dengan murid pindahan bernama Kurashina Asuka dan mendapatkan kembali gairah saat ia mengajarinya terbang. Dengan berubahnya situasi, akhirnya dia berpartisipasi kembali di Flying Circus. Hanya saja, kali ini seberapa tinggi dia dapat terbang dengan Asuka di sisinya?

PV

Jalan Cerita
Cerita pada anime ini cukup simple, tidak terlalu rumit dengan segelintir cerita yang dibuat bercabang. Hanya seputar kehidupan para gadis imut-latihan-turnamen. Sayangnya latihannya tidak terlalu di perlihatkan. Mungkin anime ini tidak akan cocok bagi kalian yang menyukai anime yang mengeksplore lebih dalam dan cerita yang dinamis. Alasannya karena terlihat monoton. Saran saya sih kalau kalian penasaran, nonton aja dulu 1-2 episode. Di episode tersebut diperlihatkan pertandingan antara Asuka yang baru pertama kali dia ikuti dengan Satouin Reiko. Jika dirasa seru maka silahkan lanjutkan sampai episode 12. Alasannya sih kenapa saya nyaranin hal tadi karena kesananya tidak akan jauh berbeda terutama dalam hal pertandingan. Jadi jangan terlalu berharap banyak perubahan seperti tiba - tiba ada perubahan armor. Di episode akhir memang ada perubahan tapi hanya sedikit.

Karakter
Adaptasi anime AoKana mencoba hal yang terbilang cukup berani karena merubah sudut pandang serta menggeser karakter yang akan menjadi pusat dari cerita. Cerita dimulai dan terpusat dari Asuka yang notabene merupakan protagonis perempuan disini bukan dari Masaya yang merupakan protagonis laki - laki seperti kebanyakan eroge, hal ini membuat pengambilan sudut pandang dalam penceritaan dari adaptasi anime AoKana berbeda dari tipikal adaptasi anime dari eroge kebanyakan.


Art
Kalau masalah Visual memang tidak diragukan lagi kualitasnya. Antara perpaduan warna dan juga antara tokoh dengan background tidak terlihat ngambang atau kasar. Cukup laah untuk menggugah kekaguman para remaja apalagi perempuan. Anime ini memang sangat cocok untuk perempuan muda dan juga anak - anak. Desainnya juga dibuat se-feminim mungkin sampai - sampai karakter laki-lakinya pun dibuat demikian. 


Ost
Ost-nya sih lumayan bagus, tapi yang paling saya suka adalahBGM saat kompetisi Flying Citrusnya terdengar sangat mendebarkan, sangat cocok dengan suasananya membuat nilai plus yang cukup tinggi untuk anime ini.

Overall
Jalan Cerita : 8 / 10
Karakter : 8.5 / 10
Art : 9.5 / 10
Ost : 9 / 10
Ao no Kanata no Four Rhythm : 9 / 10

AoKana adalah salah satu tontonan yang memang tidak wow tetapi juga tidak jelek, boleh dikatakan anime ini masuk dalam kategori yang enjoyable karena kontennya tidak berat juga tidak ringan. AoKana juga berhasil keluar dari stereotip yang ada di Visual novelnya dan muncul dengan sesuatu yang baru dalam animenya, sebuah hal yang sangat jarang dilakukan oleh Visual novel yang diadaptasi menjadi anime meski hasilnya terlalu generik.

Next

Related

1 komentar


EmoticonEmoticon