April 19, 2018

[Review Anime] Hakumei to Mikochi


Banyak anime yang memberikan kesan nyaman dan santai di musim dingin 2018, seperti Yuru Camp salah satunya, sehingga banyak orang yang membicarakan betapa menyenangkan dan santainya anime tersebut. Di musim tersebut ada satu anime yang mungkin bisa dikatakan terlalu ramai tapi kesan nyaman dan santainya menurut saya hampir menyamai Yuru Camp, dan anime tersebut adalah berjudul Hakumei to Mikochi.

Judul : Hakumei to Mikochi
Tanggal Rilis : 12 Januari 2018
Episode : 12
Durasi : 23 Menit per Eps
Genre : Slice of Life, Fantasy, Seinen
Sumber Cerita : Manga
Studio : Lerche

Sinopsis
Hakumei dan Mikochi, gadis mungil dengan tinggi badan sembilan sentimeter yang tinggal di rumah pohon. Mereka sering menggunakan serangga sebagai kendaraan dan membuat payung dari dedaunan. Gadis - gadis mungil ini menjalani kehidupan mereka yang kecil dengan indah.

PV

Jalan Cerita
Jalan cerita yang santai karena memang difokuskan pada aktivitas sehari-hari layaknya manusia normal, seperti berinteraksi dengan makhluk lain, memasak, bertani, jual beli dll. selama mengikuti setiap episode di anime ini akan terasa seperti ingin berinteraksi dengan mereka, mengikuti apa yang mereka akan lakukan. Dengan alur cerita yang memfokuskan pada tema Slice of Life yang ringan dan nyaman menjadikan anime ini tidak sulit untuk diikuti, terutama dari cara para karakter saling berinteraksi yang natural. Selain itu anime ini juga tidak begitu memberikan suatu konflik yang bersambung dan berat.

Karakter
Karakterisasi dari anime yang memang menitik beratkan pada unsur Slice of Lifenya, maka beragam karakter yang mengisi dibuat semenarik mungkin untuk mendukung unsur tersebut dan pemberian sifat bagaimana 2 karakter sentral di anime ini saling mendukung dan membantu satu sama lain. Walau memiliki keunggulan di bidang masing - masing tapi mereka masih memiliki kekurangan dalam melakukan suatu hal di dunia yang notabenenya adalah dunia yang besar (karena postur tubuh mereka yang mini). karakter - karakter lain juga dimunculkan untuk menambah ramainya anime ini yang tidak hanya makhluk mini seperti Hakumei dan Mikochi, tapi ada makhluk seperti serangga hingga binatang pengerat kecil lainnya.


Art
Hakumei to Mikochi berhasil memberikan desain visual berupa gambaran suatu dunia yang besar untuk kehidupan yang notabenenya berpostur mini, dan dengan visualisasi yang indah dan memanjakan mata. Pemberian warna yang menarik juga menjadi poin betapa indahnya anime ini, selain itu desain dari para karakter dengan pola berpakaian mereka yang unik juga memberikan kesan tradisional dan lucu terlebih mereka juga Mini alias Chibi.


Ost
Layaknya anime Yuru Camp, Hakumei to Mikochi juga menghadirkan musik latar yang santai dan comfy untuk memberikan rasa nyaman disaat mengikuti interaksi dan aktivitas para karakter dalam menjalani kehidupan mini mereka. Lagu pembuka yang berjudul Urar yang dibawakan Chima adalah suatu lagu yang mellow untuk dinikmati.

Overall
Jalan Cerita : 8 / 10
Karakter : 7.8 / 10
Art : 8.6 / 10
Ost : 8 / 10
Hakumei to Mikochi : 8.1 / 10

Pada akhirnya Hakumei to Mikochi adalah anime yang bersifat untuk menenangkan diri dan sekedar untuk menemukan suatu intermezzo dengan unsur pure Slice of Lifenya, namun mungkin akan terasa membosankan bagi yang mengharapkan suatu ekspektasi pemberian konflik yang menuju klimaks karena anime ini tidak memiliki hal tersebut. Anime ini akan sangat pas dinikmati disaat waktu istirahat setelah beraktivitas.

Next

Related

1 komentar


EmoticonEmoticon