March 17, 2018

[Review Anime] Tengen Toppa Gurren Lagann


Sepertinya beberapa review terakhir saya sering banget review tentang anime bergenre utamanya yaitu Mecha. dan kebanyakan saya sering mengeluh karena ceritanya yang begitu- saja . Ada satu judul yang tidak sengaja saya temukan ketika sedang membaca sebuah artikel, artikel tersebut menceritakan robot apa yang palik raksasa yang pernah dibuat di anime. Di artikel tersebut robot paling raksasa yang pernah dibuat di anime adalah yang ada Tengen Toppa Gurren Lagann. Akhirnya saya pun memutuskan untuk menontonnya. bagaimana pendapat saya mengenai anime ini?. Simak reviewnya^^

Judul : Tengen Toppa Gurren Lagann
Tanggal Rilis : 1 April 2007
Episode : 27
Durasi : 24 Menit per Eps
Genre : Action, Adventure, Comedy, Mecha, Sci-Fi
Sumber Cerita : Original
Studio : Gainax

Sinopsis

Di masa depan semua orang hidup di gua bawah tanah yang sangat besar, rata - rata orang yang hidup di gua bawah tanah tidak mengenal dan mengetahui tentang permukaan bahkan langit yang biru sekalipun. Dari sekian banyaknya gua bawah tanah yang tersebar di seluruh dunia ada sebuah desa kecil yang bernama Jiha, di desa itu ada seorang anak yang bernama Simon dan seorang pemuda yang bernama Kamina, mereka membentuk sebuah grup untuk melarikan diri dari dari desa untuk memastikan dan menunjukan kepada orang - orang bahwa permukaan itu 'ada' dan dipermukaan itu ada langit yang begitu indah.

Jalan Cerita
Mula - mula Tengen Toppa Gurren Laggan langsung menyajikan bagaimana caranya orang - orang hidup di bawah tanah, banyak sekali orang menggali kesana-kesini untuk saling terhubung dan mendapatkan sumber kebutuhan sehari-hari. Salah satu orang yang menggali lubang itu adalah Simon dan Kamina, mereka menggali bukan mendapatkan sumber kebutuhkan, melainkan sedang berusaha keras untuk menaiki permukaan dan ingin hidup di atas tanah. Di tengah - tengah penggalian lubang, tiba - tiba langit - langit desa mereka runtuh begitu saja, dibarengi dengan reruntuhan, jatuhlah seorang perempuan bernama Yoko yang sedang bertarung dengan robot dari permukaan. Disinilah dimulainya pertualangan Simon dan Kamina. Dengan adanya pertualangan mereka, para penonton dibuat tersanjung karena melihat kegigihan mereka bertiga. Hampir mencapai keberhasilan, ada 'orang' yang gugur dalam medan pertempuran, scene - scene ini akan membuat hati para penonton menjadi tidak stabil dan mungkin beberapa orang akan mengeluarkan air mata karena kegigihan 'orang yang gugur' ini. Untuk menstabilkan hati penonton, munculah seoarng wanita cantik yang polos dan lugu, wanita itu bernama Nia teppelin, ia muncul dari kapsul yang telah dibuang oleh seseorang. Perempuan ini nantinya merubah keadaan grup Simon menjadi lebih baik dari sebelumnya, namun dengan kemunculan Nia banyak masalah yang muncul dan banyak  juga musuh yang bermunculan untuk menghancurkan grup Simon yang tujuannya untuk mendapatkan Nia. "Siapakah Nia ini?". Tengen Toppa Gurren laggan ini juga menyajikan Comedy yang dilakukan oleh Kamina dan kawan-kawannya. Comedynya tidak garing, saat bertarung untuk menghadapai musuh, anime ini mensisipkan lawakan yang membuat penonton tertawa. Ceritanya berjalan perlahan-lahan, mulai dari perkenalan karakter hingga sampai akhirnya terjadinya konflik yang luar biasa. Banyak adegan yang membuat hati para penonton tidak stabil. "Sedih, senang, bersemangat" semuanya ada disini. Gaya bertarung yang disajikan dalam anime ini memuaskan sekali, bertarungnya mengaitkan dengan luar angkasa, emosional seseorang dan penggabungan robot yang dilakukan oleh Simon dan kawan-kawannya. Tidak hanya itu saja, Tengen toppa gureen laggan ini juga dibumbi Romance sampai ke pernikahan, jadi jika kalian ingin mencari anime Mecha/Action/Romance coba tonton anime yang satu ini, untuk soal kekurangannya menurut saya yang kurang dari anime ini adalah logika, semua logika disini hanya sedikit malah seperti tidak ada sama sekali.

Karakter
Simon di sini digambarkan suka sekali menggali, jika berkaitan dengan menggali dia pasti sangat bersemangat tidak peduli apa halangannya, tapi terkadang sifat menggalinya ini sangat gampang sekali ngedrop dan sering murung. Simon sangat suka menggali dikarenakan ada orang yang memberinya semangat dan inspirasi. Orang yang memberinya semangat dan inspirasi itu adalah Kamina. Kalau Kamina ini orangnya sangat energik, dia selalu memberi semangat kepada orang - orang yang ada disekitarnya, bukan hanya itu saja, kelakuan dan kebanyolannya pun sering membawa orang - orang disekitarnya kesal dan tertawa. Impiannya juga melebihi dari orang lain yaitu orang - orang yang hidup di bawah tanah bisa hidup kembali di atas tanah seperti dahulu kala. Dengan ambisinya itu Simon pun mengikutinya untuk melihat bagaimana keadaan di atas permukaan. Lalu ada Yoko, seorang gadis yang sangat aktif dan lucu ketika sedang marah, dia menyukai Kamina karena sikap dan ambisi Kamina yang selalu saja tidak pantang menyerah. Selain itu, Yoko adalah gadis sniper dan memiliki pengalaman bertempur.

Art
Untuk ukuran anime keluaran tahun 2007 saya harus bilang Character design anime ini benar - benar keren. Anime ini tidak mau mengikuti pakem design anime modern dan memilih desain karakternya sendiri yang lumayan nyleneh tapi keren. Disisi lain, kualitas grafis dan efek yang dihasilkan anime ini benar - benar epic. Saya saranin kalian download atau beli DVD anime ini yang memiliki kualitas HD kalo gak Blue Ray. Kenapa gitu? Karena untuk ukuran waktu itu grafisnya keren banget.

Ost
Musik yang disajikan dalam anime ini bagus sekali, dibumbui Opening yang sangat memukau membuat cerita dalam anime ini bersemangat, dan ditutup dengan Ending yang sedikir rap membuat penasaran dengan cerita selanjutnya. 

Overall
Jalan Cerita : 9.8 / 10
Karakter : 9 / 10
Art : 9.5 / 10
Ost : 9 / 10
Tengen Toppa Gurren Lagann : 9.5 / 10

Sejujurnya menemukan anime semacam ini benar - benar langka. Anime ini memiliki kualitas Story, Animasi, Design karakter dan Visual efek yang luar biasa. Ketiga kombinasi tersebut menghasilkan pertarungan yang epic..!!!. Buat kalian yang belum nonton mending segera nonton.


Next

Related