March 16, 2018

[Review Anime] Brave Witches


Suka anime Perang? Suka anime yang karakter ceweknya berkuping Neko? Brave Witches sangat sayang dilewatkan untuk Kalian yang menjawab “ Ya “ Atas pertanyaan tadi. 

Judul : Brave Witches
Tanggal Rilis : 6 Oktober 2016
Episode : 12
Durasi : 23 Menit per Eps
Genre : Action, Ecchi, Magic, Military, Sci-Fi
Sumber Cerita : Original
Studio : Silver Link.

Sinopsis

Pada bulan September 1944 pasukan sekutu yang dipimpin oleh 501 Joint Fighter Wing "Strike Witches" berhasil menjaga keamanan Eropa Barat dari ancaman Neuroi. Sekutu pun memanfaatkan kesempatan ini dengan mulai menyusun taktik untuk melawan Eropa Tengah dan Timur. Dibentuklah basis di Petersburg, Kerajaan Orussia. Dengan segera 502 Joint Fighter Wing "Brave Witches" mendapatkan misi untuk melakukan serangan dadakan.

Jalan Cerita
Berhubung Brave Witches ini merupakan spin-off dari Strike Witches (berada dalam satu setting waktu), maka sulit bagi saya untuk sama sekali tidak membanding-bandingkan keduanya. Tapi apakah Brave Witches memiliki keunikan-keunikannya tersendiri?. Sumpah saya bosen dengan Neuroi yang ada di Strike Witches season 1 dan 2. Cuma bentuknya aja yang beda - beda, atau paling banter bisa membelah diri. Di Brave Witches memberikan suasana baru, Neuroi-nya sedikit lebih pintar karena memiliki kapabilitas strategis yang lebih kreatif seperti memanipulasi cuaca dan membentuk tim artillery - spotter sehingga strategi yang digunakan untuk menghadapinya pun harus lebih kreatif.

Karakter
Secara individu, anggota 501st itu lebih charming. Setelah sekitar 8 tahun berselang sejak nonton season pertamanya pun saya masih ingat mereka - mereka (meski lupa detail karakterisasinya) dan juga saya masih doyan Eila dan Sanya. Tapi! Secara paket karakter, 502nd jauh lebih menarik. Saya kasih perbandingannya, Di 501st isinya banyak orang penting dan berkemampuan mengerikan sementara 502nd... mengenaskan. Sekali lagi, ini malah menarik. Melihat karakter - karakter sakti menghajar lawan-lawannya itu seru, tapi melihat para underdog bisa meraih hasil yang sama itu menggembirakan. Selain itu, set karakter dengan kelemahan - kelemahan (dan beberapa nggak efisien untuk pertempuran) seperti ini mampu menunjukkan kalau perang nggak hanya urusan gebukin Neuroi sampai pecah, tapi hal - hal seperti recon, support, supply line, escort, sampai makanan enak pun nggak kalah penting bagi para prajurit.

Art
Kelemahan yang satu ini berasa banget karena saya nonton satu season sama Hibike! Euphonium 2 yang visualnya tingkat dewa, sehingga Brave Witches kebanting keliatannya. Tapi kalau membandingkan dengan 2 studio lain yang pernah terlibat dalam produksi serial Witches (Gonzo dan AIC), kali ini Silver Link... memang di bawah rata - rata. Entah karena kualitas RAW atau beneran nggak tajem, pewarnaannya nggak setajam Strike Witches season 2. Secara keseluruhan pun saya katakan masih di bawah dibanding pendahulunya itu. Saya nggak ngerti apa yang terjadi dengan studio Silver Link kali ini (sampai ada production delay segala), padahal sewaktu memproduksi OVA Operation Victory Arrow udah oke untuk diliat. Satu lagi, 3D CG-nya. Well, 3D Neuroi memang hampir selalu biasa aja, tapi kali ini... 3D model buat karakter sewaktu terbang itu maksa. Bahkan ada satu frame di mana saya sampe tepok jidat karena benar - benar berasa awkward sewaktu muncul (pake acara close-up pula). Padahal pake model karakter 2D juga udah bagus sewaktu di OVA Operation Victory Arrow. Tapi kenapa Silver Link saat handle Brave Witches... oh whyyyy (.__.)

Ost
Ashita no Tsubasa dari Ishida Youko bisa saya katakan sebagai best Opening theme di antara Opening serial Witches lainnya. Dan secara keseluruhan soundtrack, buat saya sama bagusnya dengan Ending theme Strike Witches season 2, Over Sky.

Overall
Jalan Cerita : 8 / 10
Karakter : 8 / 10
Art : 7 / 10
Ost : 8.5 / 10
Brave Witches : 8 / 10

Untuk Brave Witches karena memberikan suasana baru dalam serial Witches baik dari segi setting maupun karakter, beberapa seiyuu yang notable, dan fanservice yang jauh direduksi. Direkomendasikan bagi para fans serial Witches, serta yang menggemari kombinasi militer dan cewek - cewek moe.


Next

Related


EmoticonEmoticon