March 16, 2018

[Review Anime] Upotte!!


Kali ini saya akan mereview salah satu anime bertemakan "Girl with Guns" yang berjudul " Upotte ". Upotte sendiri merupakan ejaan terbalik dari kalimat Teppou yang berarti senjata.

Judul : Upotte!!
Tanggal Rilis : 7 April 2012
Episode : 10
Durasi : 24 Menit per Eps
Genre : Action, Comedy, Military, Seinen
Sumber Cerita : Manga
Studio : Xebec

Sinopsis

Bercerita tentang sebuah Akademi yang bernama Akedimi Seishou yang dimana seluruh muridnya (tidak terbatas pada gurunya juga) adalah moefikasi senjata, mereka bersekolah disana yang kelak nantinya akan menjadi senjata yang berguna. Akademi tersebut dibagi menjadi tiga kelas yaitu, kelas SMG (Submachine Gun) atau Sekolah Dasar/SD, kemudian kelas AR (Assault Rifle) atau SMP dan yang terakhir adalah Kelas Battlerifle dan Sniper Rifle atau SMA. Murid - murid disekolah ini dapat mengeluarkan senjata sesuai dengan dirinya secara instan dan menggunakan peluru asli untuk menembak. Dalam anime ini cerita akan berfokus pada gadis SMP bernama Funko yang merupakan manifestasi dari senjata FN FNC.

Jalan Cerita
Anime ini selalu memberikan hal - hal yang berbeda setiap episodenya, jadi kita tidak tahu sebenarnya anime ini inginnya mempersembahkan tentang apa.... iya saya tahu anime ini ingin memberikan cerita tentang moefikasi senjata, tetapi yang saya bingungkan dalam setiap cerita pasti berbeda yang disuguhkan. Episode awal bercerita tentang kehidupan sehari-hari sebuah senjata yang diiringi tawa dan suara tembakan disesi latihan pada waktu sekolah, episode tengah anime ini langsung shift dari Slice of Life menjadi anime lomba tembak-tembakan antar sekolah (seperti Sabagebu dan Stella Jogakuin Koutouka C3-by atau apalah itu namanya) dan pada penghujung episode, anime ini menjadi anime keras yang menyuguhkan peperangan antar sekolahan lain yang beda region tetapi masih satu sekolah. Sebenarnya ini anime maunya apa? itulah yang ada dipikiran saya saat menonton anime yang satu ini. Bagus kalau saat pergantian event tersebut dikasih cerita sedikit sebelum masuk kedalamnya, tetapi didalam anime ini, event tersebut terjadi secara tiba - tiba dalam 1 episode langsung berubah, jadi kita akan bertanya-tanya "kok tiba - tiba gini ceritanya?". Komedi dan cerita yang diberikan cukup bagus, tentang sebuah sekolah moefikasi senjata dimana Funko bertemu dengan guru manusia didalam sekolah tersebut. jadi bisa dibilang ini anime tidak hanya soal senjata tapi juga tentang Interaksi antara manusia dan senjata api.

Karakter
Ada 4 karakter utama di anime ini. Pertama Eru, dia adalah gadis yang pendiam dan jika marah hanya bisa mendumel di pikiran tanpa berkata. Dia berasal dari Inggris sesuai negara maker L85A1, dia juga dikenal sebagai senjata gagal sering macet dan mudah rusak. Kedua Sigu, Sigu itu gadis yang pintar, atletis serta handal menembak jarak jauh. Dia berasal dari Swiss sesuai negara makernya, walaupun punya banyak kelebihan namun ia juga gadis yang aneh. Ketiga Ichiroku, Ia berasal dari Amerika. Digambarkan sebagai gadis pirang berlogat osaka, punya banyak saudara (m16 punya banyak variant termasuk m18 dan m14) serta seorang model. Dan yang terakhir Funco, Berasal dari Belgia, memiliki sifat positif namun sensitive jika bertemu dengan genkoku-sensei.

Art
Artnya terbilang bagus dimata saya, meskipun tidak ada yang spesial dalam Artnya maupun desain karakter yang ada. Untuk Animasinya sendiri saya melihat ada beberapa adegan yang terlihat error sebagai contoh Adegan dimana G36C sedang berbincang-bincang tetapi mulutnya tidak terbuka.

Ost
Untuk bagian ini, Sound memenuhi Standar Musik OP & ED, BGM, SFX. Tidak buruk tetapi tidak juga tidak cukup bagus dan tidak ada yang spesial pada bagian ini.

Overall
Jalan Cerita : 6 / 10
Karakter : 7.5 / 10
Art : 7.5 / 10
Ost : 7 / 10
Upotte!! : 7 / 10

Meskipun anime ini terbilang buruk jika dilihat dari storynya dan tidak ada hal yang spesial didalamnya, namun anime ini bisa menjadi salah satu tontonan yang menarik bagi pecinta senjata api.


Next

Related

1 komentar


EmoticonEmoticon