March 17, 2018

[Review Anime] Sen to Chihiro no Kamikakushi


Sudah tahu kan produsen animasi Hollywood : Walt Disney Pixar, Sony, Illumination Entertainment, Warner Bros dll yang merajai dunia? Ternyata tak hanya itu. Studio Ghibli, produsen film animasi dari Jepang membuktikan kalau karyanya juga mampu mendunia. Dengan modal tanya sana sini plus acara googling, tersebutlah nama Hayao Miyazaki, maestro animasi Jepang yang turut membidani lahirnya studio tersebut. Dari sanalah dirilis karya anime yang mampu sejajar dengan film keluaran Hollywood seperti Toy Story, Up, Wall-E dll. Membicarakan Miyazaki, pasti tak lepas dengan hasil karyanya yang dikenang sepanjang masa, yaitu Spirited Away atau Sen to Chihiro no Kamikakushi.

Judul : Sen to Chihiro no Kamikakushi
Tanggal Rilis : 20 Juli 2001
Episode : 1
Durasi : 2 Jam 5 Menit 
Genre : Adventure, Supernatural, Drama
Sumber Cerita : Original
Studio : Studio Ghibli

Sinopsis
Bercerita tentang seorang anak perempuan bernama Chihiro yang menemukan sebuah dunia rahasia penuh dengan arwah halus, monster, dan penyihir. Ketika orang tuanya secara misterius berubah menjadi babi, ia harus memberanikan diri untuk menyelamatkan kedua orang tuanya dan kembali ke dunia manusia walau harus tinggal bersama para arwah halus dan monster yang setiap kali bisa membahayakan nyawanya.

Jalan Cerita
Cerita yang berawal dari rasa ingin tau dan kerakusan yang kelewat besar dari orangtua tokoh utama di anime ini, membuat saya kesal pada awalnya, dan membuat Chihiro (tokoh utama) yang menanggung semua kesalahan tersebut. Lebih lagi hanya dia yang bisa berusaha agar keluarganya kembali ke dunia nyata. Penggambaran karakter Chihiro menurut saya lumayan bagus, dimana Chihiro yang tidak tau apa - apa dan mungkin awalnya anak yang manja ini berubah menjadi sosok yang mandiri, dan bekerja di setting lokasi berupa pemandian air panas untuk arwah. Disaat Chihiro atau Sen ini terlihat tidak bisa melakukan apa - apa, ada karakter hantu yang tidak jelas apakah dia baik atau buruk pada awalnya, membantu Sen sehingga sang tokoh utama melakukan sesuatu yang dibanggakan. Anime yang berdurasi 2 jam 5 menit ini menurut saya terlalu mampat di bagian akhir, menurut saya akan lebih baik jika anime ini sedikit lebih lama. Kenapa saya bilang begitu, hal ini karena dari tempo kehidupan di alam “lain” yang tampak baik dan belum ada cara untuk kembali ke dunia nyata, tiba - tiba setelah suatu event, sang tokoh utama mendapat kesempatan untuk kembali ke dunia nyata. Walaupun mungkin hal tersebut bisa saya terima, tapi event tersebut membuat satu karakter menjadi tidak jelas, yaitu kembaran dari nenek sihir. Mengapa mereka bisa bermusuhan? Dan masih banyak pertanyaan yang lain untuk saya sendiri.

Karakter
Dari segi karakter yang ada di anime ini rasanya masih lumayan. Kenapa saya bilang begitu, hal ini dikarenakan ada karakter yang menurut saya kurang pas, yaitu karakter utama laki - laki yang membantu Sen dari awal. Mungkin jika masa lalu tokoh tersebut tidak seperti itu,  akan lebih menarik untuk saya walaupun membuat sedikit bisa ditebak. Akan tetapi kekurangan tersebut bisa ditutupi dengan karakter Chihiro yang natural dan menonjol.

Art
Disini saya tidak bisa menilai secara objektif bagaimana kualitas gambar dari anime ini. Hal tersebut dikarenakan anime ini dibuat sudah beberapa tahun lalu (lebih tepatnya tahun 2001), sehingga saya tidak bisa membandingkannya dengan kualitas dari anime jaman sekarang. Walaupun begitu, menurut saya unsur gambar dari anime ini termasuk bagus untuk di jamannya. Dengan melihat bagaimana kedetilan dari gambar, baik dari kerutan wajah sampai background yang tidak asal-asalan tentunya. Sudah bisa dibilang sang artist bersungguh-sungguh dalam menggarap anime ini.

Ost
Saya agak lupa soal musiknya soalnya saya nontonnya sudah lama sekali. Yang saya ingat lagu Opening, Ending, dan BGM nya itu terdengar sangat memukau.

Overall
Jalan Cerita : 8 / 10
Karakter : 8 / 10
Art : 8.5 / 10
Ost : 9 / 10
Sen to Chihiro no Kamikakushi : 8.5 / 10

Mungkin tidak banyak yang bisa saya ceritakan mengenai anime ini. Kesimpulannya, anime ini memang bagus meskipun menurut saya anime ini bukan anime yang wah. Ketidakpuasan melihat ending yang kurang cocok di hati saya karena banyak hal yang masih belum jelas, mungkin menjadi salah satu faktor utama. Tapi, hal itu kembali ke pribadi masing - masing, soalnya salah satu teman saya ada yang amat suka dengan anime ini. 


Next

Related


EmoticonEmoticon