March 17, 2018

[Review Anime] Cross Game


Pernah merasa saat menonton anime kok ini anime tiba - tiba udah tamat ajah atau istilahnya sih keasikan nonton. Yah itu sering terjadi bila kalian sedang menonton anime yang menarik. Kadang ada anime cuma 12 episode aja males banget nontonnya, kadang ada juga anime yang 50 episode tapi selalu bikin penasaran kelanjutannya. Cross Game adalah salah satu yang termasuk yang saya tonton dan saya selalu penaran dengan kelanjutannya.

Judul : Cross Game
Tanggal Rilis : 5 April 2009
Episode : 50
Durasi : 23 Menit per Eps
Genre : Comedy, Drama, Romance, School, Sports
Sumber Cerita : Manga
Studio : SynergySP

Sinopsis

Karakter utama adalah Kou Kitamura, putra pemilik Kitamura Sports. Dalam lingkungan yang sama adalah usaha yang dijalankan oleh keluarga Tsukishima. Karena kedekatan mereka dan hubungan antara perusahaan mereka, Kitamura dan keluarga Tsukishima telah dekat selama bertahun-tahun, dengan mereka sering bolak-balik antara kedua rumah keluarga mereka. Karena Kou dan Wakaba berada diusia yang sama dan selalu bersama setiap saat, Aoba cemburu saat Kou menghabiskan waktu dengan kakaknya. Aoba adalah pitcher berbakat dengan bentuk badan yang sangat baik, dan Kou diam-diam berlatih untuk menjadi seperti dia, bahkan ketika orang-orang menunjukkan sedikit minat dalam bisbol. Bagaimana hubungan antara mereka berdua?

Jalan Cerita
Anime dengan 50 episode ini bercerita tentang seorang cowok yang ingin mewujudkan impian cewek yang disukainya, yaitu berhasil mengikuti Koshien atau kejuaraan nasional sebagai wakil wilayah tertentu di jepang.  Walaupun mungkin pada awalnya sang tokoh utama tidak bermain baseball, karena ada alasan tertentu yang berhubungan dengan teman dekatnya. Suatu saat teman dekatnya menyadari kemampuan sang tokoh utama ini dan memintanya untuk bermain baseball lagi. Tidak mudah untuk mewujudkan impiannya, bahkan banyak rintangan sampai akhirnya tokoh utama bisa main baseball di pertandingan resmi, tapi seperti apa lebih baik kalian menontonnya sendiri saja. Selain itu terdapat karakter heroine yang berperan penting di anime ini, dan membuat cerita pada anime ini tidak hanya berisi permainan baseball saja.

Karakter
Karakter yang ada di anime ini mempunyai ke-khas-an yang luar biasa, sehingga cerita menjadi lebih menarik. Keputusan pengarang untuk tidak membuat banyak karakter di permainan baseball sendiri sangat bagus, sehingga bisa terjamin konsistensi dimana bila memang karakter tersebut hebat pada awalnya, karakter tersebut tidak terlihat melemah dengan seiringnya waktu. Banyak anime olahraga dimana waktu pertama kali bertemu suatu karakter terlihat sangat kuat/hebat, akan tetapi setelah berjalannya waktu terutama ketika tokoh tersebut menjadi teman protagonis, karakter tersebut menjadi terlihat lemah karena banyak tokoh yang ternyata jauh lebih kuat dibandingkan dia. Lagipula saya sangat suka sifat - sifat karakter di anime ini, terutama karakter heroinenya, yaitu Aoba benar - benar mantap, gak heran lah kalau banyak karakter cowok yang suka sama dia.

Art
Grafisnya sih standar untuk anime keluaran tahun 2009, Visualnya juga bisa dibilang biasa saja. Tapi saya suka dengan Artwork penggambaran ekspresi wajahnya.

Ost
Saya sudah lupa dengan Ost Opening dan Endingnya, yang saya ingat Cuma BGM nya yang cocok banget sama scenenya.

Overall
Jalan Cerita : 9.5 / 10
Karakter : 9.5 / 10
Art : 8 / 10
Ost : 8 / 10
Cross Game : 9 / 10

Sebagai penutup, anime ini bisa membuat saya tertawa, terharu, dan perasaan - perasaan yang lain misalnya perasaan untuk mendukung sang tokoh utama, atau malah terbawa seakan menjadi tokoh utama dan merasakan apa yang dirasakan sesungguhnya. Anime yang membuat rekor ini sangat “worth it” buat ditonton sampai habis, karena menurut saya endingnya sangat bagus dan bisa diterima. 


Next

Related


EmoticonEmoticon