March 31, 2018

[Review Anime] Sora yori mo Tooi Basho


Anime Sora Yori mo Tooi Basho ( A Place Further than the Universe ) adalah suatu anime mengenai impian remaja untuk mendatangi salah satu lokasi yang jarang orang mendatanginya karena suhu di lokasi tersebut. Tapi di lokasi tersebut adalah suatu ” harta karun ” dunia yang menyimpan beragam keistimewaan tersendiri.

Judul : Sora yori mo Tooi Basho
Tanggal Rilis : 2 Januari 2018
Episode : 13
Durasi : 23 Menit per Eps
Genre : Slice of Life, Adventure
Sumber Cerita : Original
Studio : Madhouse

Sinopsis

Anime ini berkisah tentang usaha dan perjuangan sekumpulan gadis remaja untuk mengunjungi Kutub Selatan.

Jalan Cerita
Anime ini memberikan jalan cerita yang baik dan sempurna seputar kehidupan sehari-hari yang diselimuti beragam problematika sekaligus suatu impian besar untuk diraih. Selain itu alur cerita yang seimbang dimana setiap karakter memiliki beragam latar belakang yang berbeda, tapi inilah uniknya dimana keempat karakter utamanya seakan bisa melengkapi satu sama lain dan bagaimana mereka mengeksekusi ekspresi mereka disaat salah satu karakter merasa memiliki suatu masalah, maka karakter lain akan berusaha membantu. Dan juga bagaimana para karakter melewati beragam tahapan untuk bisa mendatangi tempat tersebut memang tidak semudah membalikkan telapak tangan bila dilakukan secara individu, tapi bila dilakukan bersama-sama maka tahapan tersebut akan terasa ringan dan siap dijalani bersama-sama. Benar - benar seperti jalan cerita dalam kehidupan sehari-hari dan jalan cerita ini merupakan sisi menarik dari anime ini. Selain dari jalan cerita tersebut masih ada lagi yang menjadi poin daya tarik dari anime ini yang layaknya seperti anime Yuru Camp yang memberikan pengetahuan tentang berkemah, tapi di anime ini memberikan suatu hal yang baru dan mungkin jarang diketahui, yaitu beragam pengetahuan dari suatu ekspedisi menuju suatu tempat yang notabenenya diselimuti es baik dari perlengkapan bahkan persiapannya, inilah yang menjadikan anime ini selain bisa menikmati dan mempelajari makna kehidupan yang dijalani para karakter, tapi juga diselimuti dan ditambahkan beragam ilmu pengetahuan yang menarik.

Karakter
Karakter - karakter di anime ini memiliki berbagai macam latar belakang seperti Kimarin yang memiliki semangat untuk bisa bepergian ke suatu tempat dalam rangka menjalani kehidupan masa mudanya agar lebih berwarna, Shirase yang memiliki impian besar tapi impian tersebut selalu dainggap remeh oleh lingkungan sekitar, Hinata yang merupakan seorang pekerja paruh waktu dan memiliki suatu masalah di masa lalunya hingga menjadi seperti sekarang, lalu terakhir ada Shiraishi yang merupakan seorang artis tapi kehidupan artisnya malah mengakibatkan suatu problematika dalam hidupnya untuk bisa merasakan memiliki namanya teman. Keempat karakter yang berbeda ini disatukan dalam satu tujuan dan selayaknya suatu grup, mereka secara tidak langsung akan memunculkan masalah mereka ke karakter lain sehingga karakter lain secara spontan akan membantu karakter tersebut menyelesaikan masalahnya. tapi bukan berarti keempat karakter ini mendominasi semua episode di anime ini, karena masih ada beragam karakter lain yang akan melengkapi dan membantu keempat karakter sentral di anime ini untuk merealisasikan impian mereka. Satu hal yang pasti selama menonton anime dan merasakan beragam jalan cerita yang dirasakan keempat karakter tersebut akan menimbulkan kesan untuk bisa berteman dengan mereka dan membantu mereka, inilah yang membuat saya begitu menyukai beragam sifat keempat karakter ini yang bisa begitu realistik seperti pada halnya kehidupan nyata.

Art
Bagaimana dengan kualitas visual anime ini ? sangatlah mengagumkan terutama bagaimana studio MadHouse merealisasikan lokasi dari antartika tersebut dengan beragam keajaiban di tempat tersebut seakan memberikan pemikiran untuk bisa mendatangi tempat tersebut. Dan begitu pula untuk desain karakter yang menarik dan mendukung kualitas anime ini.

Ost
Untuk kualitas dari BGM di anime ini bisa dikatakan belum begitu menujukan sisi menariknya, tapi bukan berarti tidak istimewa atau bagus, tapi suatu yang sederhana dan nyaman untuk dinikmati seiring anime ini berjalan. Lalu untuk lagu pembuka di anime yang berjudul The Girls are Alright yang dinyanyikan oleh Saya adalah suatu lagu pembuka yang penuh semangat dan menggambarkan keempat karakter ini dalam menggapai impian mereka. Sementara untuk lagu penutup di anime ini yang dibawakan oleh seiyuu dari keempat karakter ini yaitu Mari Tamaki (Inori Minase), Shirase Kobuchizawa (Kana Hanazawa), Hinata Miyake (Yuka Iguchi), Yuzuki Shiraishi (Saori Hayami) yang berjudul Koko kara, Koko kara (ここから、ここから) adalah lagu penutup yang sangat sempurna didukung dengan kualitas visualnya yang memanjakan mata.

Overall
Jalan Cerita : 8.5 / 10
Karakter : 8 / 10
Art : 9.5 / 10
Ost : 8.3 / 10
Sora yori mo Tooi Basho : 8.8 / 10

Pada akhirnya anime ini adalah anime yang nyaman untuk ditonton bersama-sama disamping sisi komedi yang tidak begitu berat serta menghibur. Dan juga dari sisi drama yang berkualitas untuk bisa dijadikan pelajaran untuk memahami diri sendiri dan orang lain yang kita kenal atau sudah menjadi sahabat dalam hidup ini. Dan tidak lupa dari sisi pengetahuan tentang suatu ekspedisi menuju lokasi yang jauh dari alam semesta itu sendiri yang sangatlah memukau.


Next

Related

1 komentar


EmoticonEmoticon