March 01, 2018

[Review Anime] Kotonoha no Niwa


Saya baru mencoba nonton Kotonoha no Niwa kemarin karena penasaran, dan setelah nonton saya mau coba sharing pendapat saya tentang anime ini. 

Judul : Kotonoha no Niwa
Tanggal Rilis : 31 Mei 2013
Episode : 1
Durasi : 46 Menit 
Genre : Slice of Life, Psychological, Drama, Romance
Sumber Cerita : Original
Studio : CoMix Wave Films

Sinopsis

Takao Akizuki adalah seorang murid SMA yang bercita-cita menjadi pembuat sepatu, dan dia menyukai suasana saat hujan. Setiap pagi bila hujan turun, dia akan bolos sekolah dan memilih untuk mengggambar rancangan sepatu di sebuah taman bergaya Jepang. Suatu hari ketika dia mampir ke taman seperti biasa, dia bertemu dengan seorang wanita yang tampak seperti pekerja kantor dan sedang menikmati hujan seperti dirinya. Sejak pertemuan tersebut, Takao mulai sering bertemu dengan wanita itu di taman setiap kali hujan turun. Perlahan mereka mulai saling bercerita dan menghibur satu sama lain, tapi seriring dengan berakhirnya musim hujan, Takao mengetahui siapa sebenarnya wanita misterius yang telah memikatnya itu, dan mereka pun harus menentukan ke mana arah hubungan mereka akan berlabuh.

Jalan Cerita
Seperti yang tersirat dalam judulnya, Kotonoha no Niwa tidak membutuhkan banyak dialog panjang lebar untuk menyampaikan ceritanya, anime ini sederhana dan penyampaiannya cukup mudah dicerna, tapi justru mengejutkan betapa kesederhanaan anime ini bisa menyampaikan banyak hal. Taman jepang tempat pertemuan Takao dan Yukino cukup menjadi saksi bahwa betapa cinta itu sederhana, sekaligus aneh. Cinta tidak membutuhkan banyak kata atau cerita, karena terkadang momen kebersamaan itu sendiri mampu menceritakan banyak hal. Anime ini berhasil menyampaikan pesan bahwa cinta memang tidak mengenal batas usia, waktu, atau tempat, karena kita bisa jatuh cinta dengan orang yang bahkan tidak kita kenal, without we even realize it, we just can't take our mind and heart off of him/her. Cinta bisa menyelamatkan seseorang dan melengkapinya, memberi kekuatan dan keberanian untuk melakukan dan melewati hal - hal yang selama ini tidak pernah dibayangkan, karena cinta memberikan seseorang motivasi dan harapan. Cinta bisa mendewasakan seseorang, ataupun membuatnya kembali seperti anak kecil. Dengan durasi yang tergolong singkat untuk sebuah anime Movie yakni hanya sekitar 46 menit, ending ceritanya mungkin tidak terlalu memuaskan bagi sebagian orang, tapi rasanya cukup bagus dan justru menjadi nilai tambah tersendiri karena memberikan ending yang logis dan realistis, dibandingkan ending klise love story pada umumnya.

Karakter
Karakter Takao dan Yukino masing - masing memberikan gambaran yang unik dan tereksplor dengan baik, dimana karakter Takao cukup menginspirasi karena meskipun masih muda, tapi dia memperlihatkan keteguhan hati yang luar biasa terhadap impiannya dan dia mendedikasikan diri untuk mencapai impiannya tersebut, meskipun mungkin impian tersebut mungkin tidak umum bagi anak muda seusianya. Karakter Yukino sendiri menjadi gambaran bahwa bertambahnya usia dan ketenangan yang terlihat dari diri orang dewasa bukan berarti memastikan orang tersebut benar - benar kuat dan bisa mengatasi segala masalahnya sendiri, karena jauh di dalam hati, tiap orang memiliki sisi dirinya yang rapuh, yang membutuhkan orang yang bisa mengerti, menyelamatkan, dan mempercayainya bahkan di saat semua orang lain meragukannya.

Art
Salah satu hal yang menjadikan anime ini luar biasa adalah visualnya, yang menampilkan animasi, permainan efek cahaya, coloring, dan artwork yang sangat detail, tajam, dan halus khususnya pada background environment. Dengan mengambil setting utama di musim hujan, animasi dan artwork untuk scene - scene yang melibatkan hujan benar - benar indah dan stunning, dimana tiap tetes air hujan yang jatuh ke tanah ditampilkan dengan begitu detail. 

Ost
Kisah Takao dan Yukino dalam anime ini diiringi dengan dominasi BGM solo piano yang sederhana, tapi sangat powerful dalam membangun mood cerita, dan ditutup dengan theme song yang manis dari Motohiro Hata.

Overall
Jalan Cerita : 9.8 / 10
Karakter : 9.5 / 10
Art : 10 / 10
Ost : 9 / 10
Kotonoha no Niwa : 9.6 / 10

Kotonoha no Niwa  atau The Garden of Words is a truly RECOMMENDED anime, khususnya bagi para penggemar Drama-Romance yang menyukai cerita yang sederhana tapi memikat. Penyampaian cerita yang mudah dicerna, tapi cukup banyak pesan yang bisa diambil, disajikan dengan visual yang sangat indah, diiringi musik yang powerful, dan dibawakan dengan baik oleh para seiyuu-nya.


Next

Related


EmoticonEmoticon