March 13, 2018

[Review Anime] Kitakubu Katsudou Kiroku


Review kali ini saya akan membahas sebuah anime Comedy yang berjudul "Kitakubu Katsudou Kiroku" yang lebih dikenal dengan "KKK" (don't be confused with actual KKK).

Judul : Kitakubu Katsudou Kiroku
Tanggal Rilis : 5 Juli 2013
Episode : 12
Durasi : 23 Menit per Eps
Genre : Comedy, School, Slice of Life
Sumber Cerita : Manga
Studio : Nomad

Sinopsis

Cerita dimulai Natsuki diterima di sekolah baru, sebagai murid baru tentu sudah kewajiban untuk melihat-lihat klub yang ada disekolah namun sayang tidak ada yang menarik bagi Natsuki. Saat dikelas Natsuki ditanya oleh temannya yang bernama Karin, "Kamu mau ikut klub apa?", Natsuki menjawab Klub pulang kerumah tapi tanpa disadari klub tersebut ada di sekolahan itu, saat dilihat seperti apa klub tersebut, ternyata klub itu adalah klub gaje yang dianggotai 3 orang siswi, akhirnya Natsuki dan Karin ikut menjadi anggota klub pulang kerumah karena dipaksa oleh anggota yang ada.

Jalan Cerita
Bervariasi dan selalu sulit ditebak adalah dua hal yang mampu menghasilkan sebuah Comedy yang bagus, dan anime ini memiliki keduanya sekaligus. Membesar-besarkan hal - hal sederhana seperti kekuatan Botan atau rambut Natsuki, parodi atas anime lain, manga, atau karya literatur, dan bahkan hingga bermain-main dengan proses produksinya sendiri. Anime ini memutar jenis leluconnya di setiap episode, maka penonton hampir pasti terhindar dari rasa bosan. Dan setiap episode juga adalah kejutan yang menyenangkan. Meski satu jenis lelucon berulang, anime ini akan menambahkan sesuatu yang baru dan tidak terduga di dalamnya sehingga satu episode terasa benar - benar berbeda dari episode sebelumnya. Hebatnya lagi, semua variasi dan pembaruan tersebut tidak dilakukan dengan asal-asalan. Terlihat jelas bahwa tetap ada perencanaan matang dalam pengaturan Comedynya. Masing - masing episode memiliki tema tersendiri yang bertahan selama durasinya memberi cukup kesempatan bagi penonton untuk merasakan efek maksimal dari lelucon-leluconnya. Hal ini menunjukkan bahwa anime ini bukan cuma menyediakan Comedy yang bagus, melainkan juga Comedy yang pandai.

Karakter
Tidak ada yang terlalu istimewa baik pada karakter tokoh - tokoh anime ini sendiri maupun pada kombinasi mereka. Menggunakan komposisi mendasar berupa sekumpulan orang - orang aneh dan seorang ahli tsukkomi, tidak ada sesuatu yang secara khusus menarik pada mereka untuk menjadikan anime ini terasa unik dari anime - anime lain. Namun setidaknya, sebagai tokoh - tokoh dalam anime Comedy, mereka sudah mampu mencapai tujuan utama mereka, yaitu membuat penonton tertawa. Dengan cara pandang yang tidak biasa, mereka selalu dapat menampilkan sisi jenaka dari hal yang paling sepele sekalipun, dan meski sederhana, satu karakter digambarkan secara jelas berbeda dari karakter yang lain sehingga seketika tersedia empat sampai lima lelucon yang muncul dari hanya satu topik pembicaraan saja. Mungkin memang gadis - gadis ini tidak akan meninggalkan kesan yang cukup dalam di ingatan siapapun, namun waktu yang dihabiskan bersama mereka dijamin pasti menyenangkan.

Art
Yang menggarap anime ini adalah studio Nomad dan saya baru tau studio yang satu ini. Saya liat Artnya tidak ada yang spesial, terlihat standar sekali. Tapi yang  jelas Artnya mampu mengantarkan Comedynya dengan baik.

Ost
Sekarang untuk musiknya. Bagian Opening saya suka, enak dan terasa fresh untuk didengarkan. Ending juga lumayan sih, tapi nggak terlalu suka - suka banget. Dan untuk BGM nya nyatu dengan Actionnya (nggak terasa ada yang ganjil pokoknya).

Overall
Jalan Cerita : 8.5 / 10
Karakter : 8.5 / 10
Art : 7.5 / 10
Ost : 8 / 10
Kitakubu Katsudou Kiroku : 8.1 / 10

Meskipun terlihat generic seperti anime Comedy klub sekolah yang lainnya, anime ini memberikan sebuah guyonan yang cukup menarik dan berbeda. Setiap episode akan selalu mengocok perut dengan mudah dengan joke, pop culture reference dan fourth wall break yang diberikan. 


Next

Related


EmoticonEmoticon