March 13, 2018

[Review Anime] Gundam Build Fighters Try


Setelah sebelumnya saya membahas tentang Gundam Build Fighter, kali ini saya akan membahas sequel langsungnya yaitu Gundam Build Fighters Try/GBFT. Harus saya akui untuk kualitasnya sendiri, GBFT masih jauh dibawah sang prequelnya. Mulai dari cerita yang lebih sederhana tetapi dipenuhi jalan yang cukup panjang dan battle yang sudah tidak segila dulu lagi. But, anime ini juga masih sangat pantas di tonton karena konsep dan peraturan battle yang lebih tertata dan pastinya juga karena sequel kali ini memilki cerita yang cukup menarik.

Judul : Gundam Build Fighters Try
Tanggal Rilis : 8 Oktober 2014
Episode : 25
Durasi : 25 Menit per Eps
Genre : Action, Sci-Fi, Mecha
Sumber Cerita : Original
Studio : Sunrise

Sinopsis

Mengambil cerita 7 Tahun setelah Kejuaraan Dunia Gunpla Battle ke-7 dimana Iori Sei dan Reiji memenangkan kejuaraan tersebut, ironinya sekolah yang muridnya menjadi Juara Gunpla Battle malah dilupakan permainan Gunpla tersebut dan pindah menjadi builder semua, hanya tersisa satu anggota saja di sekolah Seiho yang menjadi pemain Gunpla Battle yaitu Hoshino Fumina, diambang keruntuhan Klub Gunpla Battle di Seiho, Fumina bertemu seorang murid pindahan baru yang tidak tahu apa-apa dan sedang mencari sebuah klub, Hoshino pun mengambil kesempatan untuk mendapatkan Anggota baru, dan berhasil.... bla...bla...bla...bla mereka berdua melawan Klub Builder dan mengambil lagi anggota mereka, dan petualangan mereka bertiga di Kejuaraan Nasional pun dimulai.

Jalan Cerita
Or so it is... sebenarnya sedikit mengecewakan mereka mengubah semua karakter utamanya dan dipercepat 7 tahun setelah seri pertama, banyak hal yang terasa hilang dari seri pertama. well sebenarnya tidak terlalu buruk juga karena anime ini sendiri masih menyenangkan untuk ditonton, hanya saja saya merasa kangen dengan karakter - karakter yang terdahulu yang tidak muncul lagi disini. Anime ini juga berubah haluan menjadi a bit off super robot fight, or G Gundam Style dimana pilot lebih sering menggunakan jurus maut/CQB with barehand, meneriakkan kekuatan mereka, ultimate attack, dan semacamnya. Menurut saya sendiri hal itu sangat mengganggu, ane lebih prefer pertempuran yang mengutamakan taktik dan strategi seperti di seri pertama dimana Meijin melawan Renato bersaudara, itulah yang ane sebut pertempuran sebenarnya. Tetapi meskipun begitu, seperti yang sudah saya katakan diatas anime ini masih menyenangkan dan enak untuk ditonton.

Karakter
Nampaknya para penulis cerita sadar akan karakter - karakter dari season pertama GBF yang dalam sekejap populer setelah kemunculannya seperti Aila, Rinko, Kirara, dan lain-lainnya, dan dari sana membuat karakter - karakter yang juga mudah menarik perhatian penonton. Dan jika melihat dari jumlah fanart dari Gundam Build Fighters Try, bisa dibilang karakter Gundam Build Fighters Try juga sangat sukses dalam menarik perhatian penonton.

Art
Sebuah kekecawaan yang cukup besar untuk Art dari GBFT, Art di GBFT sangat.... sangat berbeda dibandingkan yang pertama, mulai dari karakter dan animasi. Untuk mecha tidak ada masalah karena masih bagus desainnya, bila dibandingkan dengan season sebelumnya, GBFT merupakan sebuah penuruan kualitas, kenapa tidak, karena Sunrise sendiri menggarap 3 Anime dalam satu musim, yaitu Gundam Reconguista, Cross Ange dan GBFT. mungkin GBFT yang paling sedikit alokasi dananya jadi terjadi sebuah penurun kualitas Art, tetapi itu hanya spekulasi sendiri tidak bisa dipastikan kenapa Artnya menurun disequel ini. Tetapi meskipun begitu kita lihat sisi baiknya, dengan adanya penurunan Kualitas Art adegan aksi masih menyenangkan, intense dan membuat merinding (untuk pertandingan - pertandingan tertentu).

Ost
Bagian sound tidak terlau epic seperti di seri awal, saya sering mendengar beberapa Re-used soundtrack dari seri sebelumnya seperti "Allied Force" dan lagu - lagu OST Meijin, meskipun yah emang bagus sih OST yang dipakai kembali, tetapi pemakaian ulang dari produk sebelumnya itu hal yang buruk, spekulasi.... kurang dana.

Overall
Jalan Cerita : 7 / 10
Karakter : 8 / 10
Art : 7 / 10
Ost : 7 / 10
Gundam Build Fighters Try : 7.2 / 10

Bila disimpulkan, Gundam Build Fighter Try merupakan Sequel dengan banyak penurunan kualitas di bagian Visualisasi dan Sound namun Gundam Build Fighter Try masih dapat memberikan tontanan yang sama menyenangkannya dengan yang sebelumnya yaitu pertempuran mainan yang hebat, let just forget those bad sides and watch this, you won't dissapointed... kita maklumi saja karena Sunrise membuat 3 Anime diwaktu yang sama, semoga tidak menurun lagi kualitasnya seperti ini kedepan (kalau ada sequelnya)


Next

Related


EmoticonEmoticon