March 09, 2018

[Review Anime] Gugure! Kokkuri-san


Kali ini saya akan mereview untuk anime musim gugur tahun 2014 , Yaitu "Gugure! Kokkuri-san" yang memiliki bergenre Comedy, Shounen, dan Supernatural.

Judul : Gugure! Kokkuri-san
Tanggal Rilis : 6 Oktober 2014
Episode : 12
Durasi : 23 Menit per Eps
Genre : Comedy, Shounen, Supernatural
Sumber Cerita : 4-koma manga
Studio : TMS Entertainment

Sinopsis

Di suatu tempat tak terawat, tinggallah seorang gadis bernama Kohina. Entah karena bodoh atau kesepian, dia berusaha memanggil roh rubah melalui suatu ritual. Ritual yang dimaksud adalah permainan ramalan ‘Kokkuri-san’ … dimana pemain memanggil roh rubah dengan menggerakkan koin dan kemudian jari mereka menyentuh koin itu. Kontan saja sang roh rubah yang galau pun mendatangi gadis tersebut. Tapi bukannya sambutan yang didapat, malah penghinaan dari gadis kecil itu yang terlontar pada Kokkuri-san, sang roh rubah yang tampan. Pengusiran dengan media garam, reaksi dingin, dan diskriminasi lain yang dilakukan Kohina nampaknya tak berhasil. Namun nasib malang pun menimpa Kohina, nampaknya sang roh rubah bertekad untuk menghantuinya. Entah aura kelam apa yang dimiliki Kohina, sampai - sampai dia berurusan dengan roh-roh yang terus saja datang menghampirinya. Dan alasannya pun sangat konyol. Mereka hanya ingin mendapatkan perhatian Kohina!! Bodoh banget, kan?..Begitulah kisah Kohina dkk drr (baca : dan roh-roh) yang dibuat oleh Midori Endou, sang pengarang asli dari konsep cerita hantu ini. 

Jalan Cerita
Anime ini seperti anime Comedy pada umumnya, tidak memiliki jalur cerita lurus, hanya menceritakan keseharian para karakter yang dipenuhi kelucuan dan keanehan mereka. Namun.... untuk anime Comedy yang satu ini mengambil tema yang cukup unik dibanding anime Comedy yang lainnya. Contoh, biasanya anime Comedy menawarkan tema sekolah atau klub yang diisi aktivitas mereka, namun kali ini kita akan diberi sesuatu yang berbeda, yaitu keseharian manusia setangah boneka (Kohina) dan roh - roh Supernatural yang berada dijepang (Kokkuri, Tengu, Inugami, dkk) yang tinggal bersama satu atap. Dan ada juga karakter supporting, satu alien dan beberapa manusia tambahan yang akan muncul diepisode - episode tertentu. Hal itu lah yang membuat anime satu ini berbeda daripada yang lainnya.

Karakter
Kombinasi Kohina dan Kokkuri-san dibangun dengan cermat untuk menghasilkan sebuah dasar yang kuat. Antara Kohina yang sudah lama hidup kesepian dan Kokkuri-san yang tidak bisa membiarkan seorang gadis tumbuh tanpa perawatan, hubungan keduanya tercipta dengan begitu alami sehingga tidak pernah lapuk sampai kapan pun dan dalam situasi seperti apapun. Dan karena memiliki dasar kuat, Comedy di anime ini pun selanjutnya mampu berkembang dengan lebih bebas. Anime ini bisa mengangkat segala macam topik, dan Kohina serta Kokkuri-san akan seketika terlibat di dalamnya tanpa pernah harus terkesan aneh. Sayangnya, entah mengapa, anime ini tidak memperlakukan para tokohnya yang lain dengan cara yang sama. Dimulai dari Inugami dan kemudian terus memburuk pada tokoh - tokoh berikutnya, mereka seolah dipaksakan muncul di sekitar Kohina dengan alasan yang dibuat-buat. Hal ini menyebabkan lelucon yang bersumber dari mereka pun seringkali terkesan tidak bersungguh-sungguh dan bahkan terlalu monoton. Beruntung, kombinasi Kohina dan Kokkuri-san masih jauh lebih kuat untuk bisa dipengaruhi, tetapi dengan banyaknya jumlah tokoh meragukan yang ikut berada di dalamnya, sulit untuk tetap mengatakan bahwa menyiapkan tokoh dan karakter yang tepat memang merupakan salah satu keunggulan dari anime ini.

Art
Visual anime ini bekerja efektif dalam menyajikan Comedynya. Animasinya sendiri memang bagus, namun barangkali yang jauh lebih banyak berperan adalah bagian sinematografinya. Sudut pandang kamera yang semula menyembunyikan sebagian, lalu mendadak berganti memperlihatkan keseluruhan gambar untuk memaksimalkan efek kejutan dari suatu lelucon. Sebagian bukti atas kepandaian anime ini dalam hal Comedy dapat ditemukan pada pengaturan secara visual semacam ini.

Ost
Opening berjudul Welcome!! "DISCO Kemokemoke" dinyanyikan oleh para pengisi suaranya sendiri, cukup lucu untuk didengarkan. Sedangkan Endingnya Berjudul "This Merry-Go-Round Song" dinyanyikan oleh Atsushi Suemitsu yang cukup enak didengar daripada Openingnya.

Overall
Jalan Cerita : 7.8 / 10
Karakter : 7.5 / 10
Art : 8 / 10
Ost : 8/ 10
Gugure! Kokkuri-san : 7.8 / 10

Harus saya akui, anime Comedy yang satu ini adalah salah satu anime yang dapat membuat saya tertawa terbahak-bahak. Meskipun terkesan sedikit aneh dan sedikit random, tapi itulah yang ditawarkan didalam "Gugure! Kokkuri-san". Anime ini bisa kalian tonton apabila kalian sedang mencari anime Comedy yang unik atau yang aneh.


Next

Related


EmoticonEmoticon