March 09, 2018

[Review Anime] Girls & Panzer Movie


Girls und Panzer movie ini benar - benar membuat saya berdecak kagum. Jujur saja saya sudah menontonnya sejak lama. Cuma karena belum pernah saya review, jadi saya tonton ulang. Dan kali ini saya akan mereview Girls un Panzer movie ini.

Judul : Girls & Panzer Movie

Tanggal Rilis : 21 November 2015
Episode : 1
Durasi : 2 Jam
Genre : Sports, Military, School
Sumber Cerita : Original
Studio : Actas

Sinopsis

Beberapa waktu setelah turnamen Sensha-do ke-63, Kementerian Pendidikan Jepang memutuskan untuk menonaktifan Akademi meskipun mereka memenangkan kejuaraan. Agar sekolahnya tetap dibuka, Miho bersama dengan timnya harus memenangkan pertandingan melawan tim Sensha-do dari universitas. Dalam pertempuran yang berat ini, tim sekolahnya Miho mendapatkan bantuan dari sekolah lain yang sebelumnya pernah mereka hadapi, yaitu tim Saunders, Kuromorimine, Anzio, St. Gloriana dan Pravda. Tidak hanya itu, mereka juga dibantu teman-teman baru dari Akademi Chihatan dan SMA Keizoku. Bersama-sama mereka bergabung untuk menyelamatkan Oarai dari penutupan.

Jalan Cerita
Masih berlanjut dari serialnya yang di mana mempertahankan sekolah agar tidak dibubarkan dengan ikut menjadi panzerdo. Bedanya, kalau di movie ini timnya gabungan. Menit awal saja kita sudah disuguhkan dengan pertarungan dua tim antara Ooarai dan Chihatan melawan St. Gloriana dan Pravda. Yang serunya, semua durasinya benar - benar hampir penuh dengan adegan bertempur. Hampir 40 menit awal adalah pertempuran yang saya sebutkan di atas. Lalu jeda sebentar dengan sedikit drama, lalu lanjut pertempuran kedua. Soal drama yang saya singgung sebelumnya, benar ada drama di pertengahan anime ini. Meski agak lebay, tapi menurut saya bagus juga biar penonton tahu untuk apa pertempuran kedua diadakan. Jadi ceritanya sekolah Ooarai ini dibubarkan, nah biar kembali lagi, SMA Ooarai memberanikan diri menantang tim universitas. Sayangnya pertandingan ini menggunakan metode keseluruhan, bukan bendera. Jadi tim yang mengalahkan semua panzer, maka akan menang. Masalahnya SMA Ooarai hanya memiliki 8 panzer, sedangkan tim universitas memiliki 30 panzer. Lalu, SMA lain yang mengetahuinya pun ikut membantu, diantaranya SMA Chihatan, Pravda, St. Gloriana, Kuromorimine, Saunders, Keizoku, dan Anzio. Mereka menjadi tim gabungan melawa tim universitas.

Karakter
Nah, untuk karakter menurut saya kalau yang mengikuti serialnya pasti sudah tahu, tidak ada yang berubah. Masih konsisten dan saya suka. Dan serunya, di movie sini semua dikumpulkan jadi satu. Tapi mereka yang memiliki watak berbeda di sini bisa bekerja sama dengan sangat baik, yang tentu diarahkan oleh Miho Nishizumi selaku pemimpin tim. Masing - masing memiliki perannya sendiri. Bahkan saat pertandingan kedua ini, Katsyusha memiliki dramanya sendiri. Cuma entah perasaan saya atau peran panzer yang dinaiki Miho dan teman-temannya memang sedikit? Hanya beraksi di menit - menit terakhir. Oh, saya jadi ingat Mikko, dia ini sopir, eh apa sih namanya kalau pengendara tank? Pokoknya dia ini hebat tapi ngomongnya cuma sedikit. Enggak sampai lima dialog kalau enggak salah. Ahahaha, kasian seiyuunya. Setahu saya Miho Ishigami (seiyuu Mikko) juga baru menyuarakan karakter anime, yaitu Mikko ini.

Art
Wah, gabungan 3D dan 2D-nya luar biasa. Saya suka ketika panzernya bergerak. Gambarnya halus dan benar - benar enak untuk ditonton. Detail gambarnya pun tampaknya diperhatikan di sini. Meski ada beberapa atau bahkan banyak adegan yang mustahil bisa dilakukan panzer di kenyataan, tapi saya yakin kalian kalau nonton akan terkesima. Pertempuran 1 jam saja rasanya masih belum cukup.

Ost

Lagu Penutup: piece of youth oleh ChouCho Jangan tanya deh, pokoknya kalau nonton di bioskop pasti bakal luar biasa. Dari ledakan, tembakan, dan suara - suara panzernya itu benar - benar bikin terkesima dan terdengar relistis. 

Overall
Jalan Cerita : 9 / 10
Karakter : 8.5 / 10
Art : 9 / 10
Ost : 8.8 / 10
Girls & Panzer Movie : 8.9 / 10

Saya sarankan kalian untuk menonton anime ini. Kalau perlu tonton serialnya dulu, soalnya ada adegan di mana mereka membahas nama taktik Macaroni. Taktik ini pernah muncul di Episode Anzio dengan judul lengkap “Kore ga Hontou no Anzio-sen Desu!”. Jadi ini adalah taktik mengelabuhi musuh yang memasang panzer (tank) palsu dengan gambar. Kalau dilihat dari jauh benar - benar kaya panzer sedang diam, pas ditembak ternyata cuma papan yang bergambar panzer.


Next

Related

1 komentar


EmoticonEmoticon