March 09, 2018

[Review Anime] Girls und Panzer


Kali ini saya akan mereview salah satu anime yang bertemakan Militer dan Sekolah yaitu Girl und Panzer, sebuah anime yang Menceritakan tentang Sekolah Oarai, sebuah sekolah (Satu dari berbagai sekolah) yang memiliki eskul olah raga Sensha-do. Anime ini bergenre Aksi, Sekolah, SoL dan Olahraga dengan episode 12.

Judul : Girls und Panzer
Tanggal Rilis : 9 Oktober 2012
Episode : 12
Durasi : 24 Menit per Eps
Genre : Action, Military, Sports, School
Sumber Cerita : Original
Studio : Actas

Sinopsis

Nisizumi Miho lahir di kalangan keluarga yang mendalami teknik pertempuran panzer atau dikenal sebagai ‘Sensadoo’. Sensadoo merupakan olahraga khusus perempuan yang paling populerdi mana perempuan yang berbakat dalam sensadoo akan dicap sebagai perempuan terhormat di mata masyarakat. Namun Miho justru tidak ingin mengikuti Sensadoo karena trauma. Oleh karena itu, Miho memutuskan untuk pindah ke SMA Ooarai yang mana SMA tersebut tidak memiliki cabang olahraga Sensadoo. Namun secara mendadak SMA tersebut membuka cabang Sensadoo dan memaksa Miho berpartisipasi dalam olahraga tersebut.

Jalan Cerita
Saya pikir anime Girl und Panzer ini hanya akan berkisah seputar kegiatan - kegiatan yang biasa dilakukan siswi sekolah sehari-hari yang ditemani dengan sebuah Tank, namun ternyata tidak seperti itu. Tank yang ada benar - benar digunakan untuk bertarung dimedan perang sebagai salah satu kegiatan sekolah. Pembawaan ceritanya yang santai, namun tetap serius ketika dimedan perang. Taktik - taktik hebat yang ada, dengan karakter - karakter yang kawaii membuat arena pertempuran tak terlalu menegangkan. Pesan - pesan yang disampaikan pengarangpun sangat bagus serta mudah untuk dicerna. Namun, plotnya yang cepat mungkin membuat penonton heran darimana cerita - cerita itu berawal.

Karakter
Dengan design character yang kawaii-moe-loli, yang dipadukan dengan Tank yang kesannya 'gagah' cukup membuat penonton berfikir, "gimana jadinya anime ini ?". Tapi faktanya anime ini tak seburuk yang saya pikirkan, bahkan lebih baik dari bayangan saya.

Art
The Main Point here is the Tank Battle. Inti dari Poin ini adalah pertempuran tanknya, penggunaan teknologi 3D CGnya sangat baik di dalam anime ini. Grafis tembakan dan ledakan yang sangat detil tidak lupa Art karakternya juga tidak jelek - jelek amat. Dan tidak lupa dengan menggunakan Tema WWII, para pecinta sejarah tidak akan bosan menontonnya, apalagi kalau melihat Tank-Tanknya (Seperti Sherman, M3, Panzer IV, Tiger, dll).

Ost
Lagu pembuka cukup enak untuk didengar, begitu juga musik pengiringnya saat adegan pertempuran. Musik pengiringnya menyesuaikan dengan tema kemiliterannya, jadi kita akan sering mendengar Instrumen seperti dram kecil. Tidak hanya musik pengiring, tetapi suara tembakan Tank dan ledakan juga sangat bagus.

Overall
Jalan Cerita : 7.5 / 10
Karakter : 8.2 / 10
Art : 8.8 / 10
Ost : 8.5 / 10
Girls und Panzer : 8.4 / 10

Anime ini sangat bisa dinikmati untuk semua orang, meskipun tidak suka dengan sesuatu yang berbau Militer. Bagi saya sendiri, saya ini sangat Enjoyable terutama tema yang diambil Militer dan WWII, Sound dan Art yang Menakjubkan, Adegan aksi Pertempuran yang tidak membosankan dan masih banyak lagi. Jadi, Girl und Panzer adalah salah satu yang patut... mungkin sangat harus ditonton oleh pecinta hal - hal Militer dan WWII.


Next

Related


EmoticonEmoticon