March 08, 2018

[Review Anime] Full Metal Panic! The Second Raid


Kalian pasti sudah pernah mendengar sebuah statement yang mengatakan "Sequel tidak akan pernah sebaik dengan yang original" atau "Sequel lebih inferior dibanding seri awalnya". Well, something like that. Kali ini saya akan mereview sequel dari Full Metal Panic! yang berjudul Full Metal Panic! The Second Raid. Apakah Full Metal Panic! The Second Raid! akan jatuh kedalam statement "Sequel itu inferior" atau sebaliknya? Kita akan mengetahuinya sebentar lagi. Baiklah, tanpa basa-basi mari kita mulai review kali ini.

Judul : Full Metal Panic! The Second Raid
Tanggal Rilis : 14 Juli 2005
Episode : 13
Durasi : 24 Menit per Eps
Genre : Action, Military, Mecha
Sumber Cerita : Light novel
Studio : Kyoto Animation

Sinopsis

Mengambil cerita tepat dua bulan setelah season pertama Full Metal Panic selesai, Mithril kali ini harus berhadapan dengan organisasi misterius bernama Amalgam, sebuah organisasi yang memiliki kekuatan dan teknologi yang setara dengan Mithril. Selain hal tersebut, Sousuke masuk ke dalam dilemma karena pekerjaan dia yang harus melindungi Kaname dan sekaligus menghentikan rencana jahat Amalgam.

Jalan Cerita
Meskipun season ke-2 ini memiliki episode lebih sedikit dibanding season yang pertama, saya dapat menjamin bahwa story disini lebih baik dibanding season pertama. Full Metal Panic The Second Raid merubah plot mereka menjadi lebih serius dibanding season pertama yang penuh dengan komedi sekolah jadi diseason ini lebih banyak tempat terbuka untuk drama dan pengembangan karakter (akan kita bahas bagian karakter di seksi selanjutnya). season ini memfokuskan ke hubungan Kaname dan Sousuke yang yah bisa dibilang ada masalah karena pekerjaan Sousuke yang membutuhkan dirinya berada di dua tempat yang berbeda dalam waktu yang sama, so overall storynya lebih serius, scrpitnya juga dibuat lebih baik, basically everything is improved.

Karakter
Seperti yang sudah saya mention diatas, story Full Metal Panic the Second Raid memfokuskan ke hubungan Kaname dan Sousuke, mereka berdua mendapatkan banyak sekali pengembangan karakter dan diakhir cerita Sousuke mulai terlihat "seperti manusia". Selain itu anime ini juga memperkenalkan beberapa karakter baru tapi yang menurut saya paling menarik adalah antagonisnya yang sedikit gila dan bawahannya yang benar - benar messed up.

Art
Saya kutip dari review season pertama "selain itu anime ini memiliki animasi yang halus untuk adegan aksinya, adegan tersebut dibuat dengan baik dan benar - benar terasa menegangkan saat dilihat". Season dua membawa animasi ke level selanjutnya, animasi benar - benar halus, visual yang memanjakan mata dan koreografi adegan aksi yang lebih menarik dan menegangkan dibanding season pertama. 

Ost

Soundtrack di season dua juga meningkat kualitasnya, ada sekitar 19 soundtrack yang ada di dalam anime ini dan semuanya benar - benar bagus. Tapi hal yang paling saya sukai di bagian ini adalah lagu pembukanya yang berjudul "Minami Kaze" yang dibawakan oleh Mikuni Shimokawa, benar - benar enak untuk didengarkan.

Overall
Jalan Cerita : 9 / 10
Karakter : 9 / 10
Art : 8.7 / 10
Ost : 9 / 10
Full Metal Panic! The Second Raid : 8.9 / 10

Full Metal Panic The Second Raid merupakan sequel yang kualitasnya melebihi serial original, dari story, grapich, sound, anything. Tidak hanya itu tetapi FMP The Second Raid merupakan salah satu dari beberapa anime yang berhasil membuktikan bahwa "Sequel tidak akan pernah sebaik dengan yang original" itu tidak sepenuhnya benar.


Next

Related


EmoticonEmoticon