March 04, 2018

[Review Anime] Break Blade


Bosen dengan gundam yang itu - itu aja? yuk berkenalan dengan Break Blade, sebuah anime Mecha yang mungkin bisa jadi alternative kalian ketika bosen nonton gundam. Bagaimana ceritanya? simak reviewnya disini.

Judul : Break Blade
Tanggal Rilis : 6 April 2014
Episode : 12
Durasi : 24 Menit per Eps
Genre : Action, Military, Fantasy, Mecha, Shounen
Sumber Cerita : Manga
Studio : Production I.G, Xebec

Sinopsis

Di dalam benua Cruzon, peperangan antara Kerajaan Krisna dan Negara Athens akan segera terjadi. Orang - orang di negeri ini dapat menggunakan batu kuarsa untuk melakukan hasrat mereka. Namun, ada satu orang bernama Rygart Arrow yang tidak dapat menggunakannya. Dia adalah “un-sorcerer,” orang yang tidak dapat menggunakan batu kuarsa.

Jalan Cerita
Cerita di anime ini mengambil setting benua Cruzon. Disini tidak ada minyak bumi (disebutkan juga minyak bumi disini telah habis). Sebagai konsekuensinya mereka bergantung pada Quarzt. Setting benua yang kering ini ngingetin saya sama afrika kalau gak timur tengah (daerah gurun taklamakan). Konsep ini menurut saya cukup realistis mengingat konflik terjadi sebagai akibat dari minimnya sumber daya yang dimiliki oleh masing - masing kerajaan. Konsep peperangan sebagai akibat kurangnya sumber daya menurut saya adalah konsep yang lebih realistis dibandingkan konsep yang ditawarkan anime mecha lainnya termasuk Gundam, Gurren Lagann atau Aldnoah Zero sekalipun. Disisi lain, penggambaran mecha dan pertarungannya disini jauh lebih realistis dibandingkan gundam. Tidak ada efek - efek laser gak jelas yang tiba - tiba muncul dan ngancurin satu koloni atau mode pertarungan dewa yang seolah-olah kayak cheat game. Pertarungan di anime ini mungkin lebih mirip pertarungan para Zaku yang gak terlalu mencolok.

Karakter
Pengembangan karakter di anime ini juga lumayan bagus. Kita mengetahui tentang masa lalu Rygart yang bisa dibilang sial. Meskipun dia sial namun tidak sekalipun ia mengeluh dan lebih memilih untuk berjuang menatap masa depan. Begitu juga dengan orang tuanya yang lebih memilih untuk membesarkan mereka.

Art
Desain grafis anime ini menurut saya keren banget. Kalian gak bakal percaya kalau anime ini buatan tahun 2010 (well, serial tv-nya 2014 tapi Artworknya gak berubah sama sekali). Kalo kita asumsiin Artwork ini dari 2010 maka menurut saya ini adalah salah satu Artwork terbaik.

Ost
Opening dan Ending songnya cukup menggambarkan ceritanya. Kita bisa merasakan kesedihan yang dialami Rygart melalui Openingnya. Meskipun demikian, jujur Openingnya sendiri kurang nendang dan animasi pembukanya well, sebenarnya bisa dibuat lebih baik.

Overall
Jalan Cerita : 8.5 / 10
Karakter : 8.8 / 10
Art : 8.5 / 10
Ost : 7.5 / 10
Break Blade : 8.2 / 10

Anime ini memiliki cerita dan  pertarungan yang cukup realistis. Desain grafis dan Artwork animenya cukup menarik untuk anime yang sebenarnya bagian dari OVA di tahun 2010. saya rekomendasiin kalian buat nonton anime ini.


Next

Related

1 komentar


EmoticonEmoticon