March 04, 2018

[Review Anime] Gundam Build Fighters


Pengen nonton gundam tapi bosen dengan cerita yang itu - itu aja? kalau kalian lagi ngalamin hal ini, mungkin ada baiknya kalian coba nonton anime Gundam Build Fighter deh. Gundam seri ini benar - benar beda dengan seri gundam lainnya. Penasaran?? simak reviewnya.

Judul : Gundam Build Fighters
Tanggal Rilis : 7 Oktober 2013
Episode : 25
Durasi : 25 Menit per Eps
Genre : Action, Sci-Fi, Mecha
Sumber Cerita : Original
Studio : Sunrise

Sinopsis

Gundam Build Fighter bercerita tentang simulasi pertarungan gundam yang dinamakan Gunpla Battle. Tokoh utamanya bernama Sei Iori, anak dari seorang juara dunia Gunpla Battle. Dia memiliki keahlian membuat sebuah gunpla yang sangat bagus namun sayang keahlian bertarungnya sangat lemah. Suatu hari dia bertemu dengan seorang misterius yang memberikan dia sebuah batu permata. Seseorang itu berjanji akan selalu membantunya, kapanpun dan dimanapun Sei berada.

Jalan Cerita
Dulu ketika saya liat cuplikan anime ini dari seorang teman, entah mengapa saya sendiri ngerasa agak geli gimana gitu liatnya. Ketika kalian biasa nonton anime gundam yang temanya gelap dan ceritanya serius tiba - tiba berubah menjadi sebuah anime bergenre Shonen murni mungkin hal pertama yang muncul dibenak kalian adalah kesan enggan untuk nonton. Keengganan untuk nonton itu menurut saya wajar. saya sendiri punya pengalaman yang sedikit gak enak tentang sebuah acara yang semakin lama demografinya semakin kearah Shonen yaitu Kamen Rider. Kalau kalian amati bagaimana show Kamen Rider semakin lama semakin childish dan aneh. Karena pengalaman buruk itulah saya jadi agak enggan untuk nonton anime ini. Meskipun demikian, ketika saya lagi senggang dan iseng akhirnya saya nonton juga anime ini. Daaaan ternyata saya salaaah besaaaar. Memang awalnya kesan ceritanya kekanak-kanakan namun seiring berjalannya waktu, anime ini gak sekoplak yang saya bayangin. Lama-kelamaan saya justru ngerasa bahwa anime ini ceritanya semakin lama semakin seru. Keseruan anime ini muncul terutama bagi para penggemar gundam veteran. saya sendiri mungkin gak terlalu banyak nonton anime gundam untuk sampai dibilang veteran, namun saya ngerasa bahwa anime ini banyak menampilkan mesin - mesin yang hanya bisa dinikmati oleh para fans berat gundam. Anime ini seolah dibuat untuk para penggemar gunpla, fans berat gundam dan juga anak - anak yang baru pertama kali nonton gundam. Kenapa saya bilang gitu? karena di anime ini dimunculkan berbagai mesin yang berasal dari seri gundam yang lama seperti gundam x, god gundam, zaku, Kamfer, gm series, jagan, turn a gundam dll. Mesin - mesin yang saya sebutin diatas hanya bisa diketahui oleh fans berat gundam atau penggemar gunpla (gundam plastic/model).Tentu saja saya yang udah suka gundam dari kecil ngeliat anime dengan berbagai gundam dari berbagai timeline berkumpul bikin gue happy banget (gak biasa2nya kan mereka kumpul). Hal lain yang menarik dari cerita anime ini adalah kita bisa melihat pertarungan yang awalnya cuma bisa kita perdebatkan baik di forum atau youtube, seperti pertarungan antara gundam astray vs Tallgese atau Gundam Seed vs Gundam Wings dll. Overall saya suka banget sama konsep pertarungan di anime ini.

Karakter
Seperti yang saya bilang diawal bahwa demografi anime ini lebih tertuju ke Shonen, sehingga ceritanya sendiri harus sesimpel mungkin. Hal ini juga berpengaruh pada pengembangan karakter di anime ini. Sejujurnya, pengembangan karakter yang ada di anime ini hampir tidak terjadi. Kita melihat bagaimana sikap Reiji tetap angkuh dan sembarangan seperti biasanya. Reiji mungkin sedikit berubah ketika ia mulai tertarik untuk merakit gundamnya sendiri. Namun overall dia tidak terlalu banyak berubah. Tokoh - tokoh lain seperti Iori, Mao dll juga hanya memiliki kepribadian yang datar. Tidak ada sesuatu yang istimewa dari seorang Iori selain fakta bahwa ia adalah seorang maniak gundam. Disisi lain, tokoh - tokoh yang lain juga tidak banyak berkembang di anime ini.

Art
Untuk ukuran animasi tahun 2013 saya bilang anime ini bisa dibilang biasa aja. Anime ini menggunakan desain karakter yang sifatnya begitu kekinian dan memiliki kesan Shonen yang kental banget. Melihat kualitas animasi dari serial Gundam Build Fighter ini saya jadi keingetan dengan kualitas Gundam Age. Karena memang demografinya yang untuk Shonen dengan cerita yang memiliki kesan lebih ringan maka kualitas animasinya sendiri bisa ditolerir. Selain animasi yang bisa dibilang “didowngrade” untuk memenuhi pasar Shonen, desain karakternya dibuat begitu mencerminkan anime Shonen.

Ost
Di anime ini ada total 4 buah lagu yang digunakan (masing - masing 2 untuk Opening dan Endingnya). Sejujurnya saya lebih suka kedua seri awalnya dibandingkan dengan 2 seri yang selanjutnya. Dari kesemuanya itu lagu yang paling menarik adalah Imagination > Reality yang dinyanyikan oleh AiRi. Menurut saya sendiri Ending song yang dinyanyikan oleh AiRi ini benar - benar merepresentasikan ceritanya, disisi lain lagunya sendiri enak didenger dengan musik yang ceria untuk anime bergenre Shonen.

Overall
Jalan Cerita : 8.8 / 10
Karakter : 7.8 / 10
Art : 8/ 10
Ost : 8 / 10
Gundam Build Fighters : 8.2 / 10

Penyebab kenapa serial Gundam Build Fighter hanya memiliki jumlah separuh dari jumlah episode biasanya, karena seri ini memiliki “season kedua” yang berjudul Gundam Build Fighter Try. Meskipun disebut season kedua namun tidak ada yang sama antara keduanya selain cerita atau universenya.


Next

Related


EmoticonEmoticon