March 04, 2018

[Review Anime] Battle Programmer Shirase


Battle Programmer Shirase atau BPS (Bukan Badan Pusat Statistik lho yaah..) merupakan sebuah anime tentang dunia perhackingan. Tema hacking mungkin jauh lebih menarik sekarang, terlebih dengan semakin majunya IT di dunia. Inilah review tentang anime Hacker terkeren BPS.

Judul : Battle Programmer Shirase

Tanggal Rilis : 4 Oktober 2003
Episode : 15
Durasi : 12 Menit per Eps
Genre : Comedy, Ecchi, Sci-Fi
Sumber Cerita : Original
Studio : AIC

Sinopsis

Pertempuran Programmer Shirase, juga dikenal sebagai BPS, adalah seorang programmer gratis dengan kemampuan hacking super yang tidak bekerja untuk uang. Apa yang dia tidak bekerja untuk ini tentu sesuatu yang hanya orang-orang seperti dia akan menghargai. Tapi, sikapnya jelas tidak sesuai dengan pekerjaan yang ia disewa untuk. Dengan Raja jahat Amerika menyebabkan masalah melalui internet, Shirase hanyalah sibuk karena setiap petualangan baru membawa orang bahkan lebih menarik ke dalam gambar.

PV

Jalan Cerita
Menggunakan tema Hacker dan kemampuan programing, anime ini benar - benar membawa tema yang baru. Kita melihat bahwa anime ini diluncurkan pada tahun 2003 disaat teknologi internet dan IT belum semaju sekarang. Konsep Hacking menggunakan komputer jaringan dan juga telefon sendiri menurut saya adalah sebuah terobosan yang sangat maju. Secara keseluruhan ide utama cerita anime ini benar - benar keren. Sejujurnya cerita di anime ini berakhir dengan sangat nanggung yaitu hanya 15 episode (kenapa gak 25 sekalian ya kan). Anime ini menurut saya tidak mendapatkan apresiasi yang seharusnya. Hal ini mungkin karena tema yang dibawa oleh anime ini terlalu maju untuk jamannya. Meskipun dasar - dasar hacking yang diberikan oleh anime ini tidak menunjukan cara hacking yang sebenarnya, namun kita mendapatkan gambaran betapa kerennya seorang hacker itu sendiri. Beberapa hal keren yang ditunjukan oleh anime ini adalah tentang counter hacking lewat HP (seriusan ini keren). Sebagai sebuah anime garapan AIC kita tentu tidak bisa melepaskan anime ini dari unsur Ecchi dan Comedy. Untuk ukuran sekarang jaman sekarang Ecchinya itu nanggung dan humornya..sorry bro garing abis. Mungkin inilah kelemahan utama anime ini yang membuatnya gak laku selain temanya yang dirasa terlalu maju.

Karakter
Character Development di anime ini tidak terlalu baik. Anime ini terlalu berfokus pada unsur komedinya meskipun jujur itu gak lucu - lucu amat. Hal lain yang mengganggu adalah bagaimana mereka menggunakan gaya yang repetitive hampir disetiap episodenya. Meskipun demikian, pengembangan tokoh Shirase Akira sendiri cukup mendapatkan perhatian. Kita bisa melihat bagaimana kerja Shirase Akira ketika melawan para hacker. Kemesuman dan kebodohan dirinya hingga ada rahasia yang tersembunyi di masa lalunya.


Art
Desain animasi di anime ini standard aja kalau dibandingin sama Full Metal Alchemist (2003), atau Chrono Crusade. Desain animasi/karakter anime ini nampaknya bukanlah sisi yang diutamakan oleh studio animasinya.


Ost
Banyak yang mengatakan bahwa Opening dan Ending anime ini keren. Namun sejujurnya saya gak ngerasa Opening atau Ending dari anime ini sekeren itu. Jujur, saya jarang ingat suatu Opening dan Ending kecuali ia cukup standout macam Opening Endingnya Durarara, One Piece, Bleach dll.

Overall
Jalan Cerita : 8.8 / 10
Karakter : 7 / 10
Art : 7.5 / 10
Ost : 7 / 10
Battle Programmer Shirase : 8 / 10

Kekuatan utama anime ini ada di jalan ceritanya. Memiliki ide yang original membuat anime ini cukup menyenangkan untuk ditonton. Tapi kalian harus maklum dengan kualitas grafis dan humornya yang agak garing. saya rekomendasiin anime ini buat kalian tonton, keren cuy.

Next

Related

1 komentar


EmoticonEmoticon