March 02, 2018

[Review Anime] Arslan Senki (TV)


Bagi kalian penggemar anime bergenre Historical seperti Baccano, 91 Days, Sengoku Basara dll mungkin anime Arslan Senki perlu kalian pertimbangan untuk ditonton. Bagaimana cerita anime ini ? simak reviewnya.

Judul : Arslan Senki (TV)
Tanggal Rilis : 5 April 2015
Episode : 25
Durasi : 24 Menit per Eps
Genre : Action, Adventure, Historical, Drama, Fantasy, Shounen
Sumber Cerita : Manga
Studio : SANZIGEN, LIDENFILMS

Sinopsis

Bercerita tentang seorang putra mahkota kerajaan Pars yang bernama Arslan, dimana kerajaan tersebut diambil alih oleh kerajaan Lusitania. Pada usia 14 tahun, Arslan ikut dalam perang untuk pertama kalinya dan kehilangan segalanya, setelah ayahnya, Raja Adragoras kalah dalam pertempuran, setelah Arslan berhasil menyelamatkan diri bersama pengikutnya yang setia, Daryun. Bersama temannya yang baru: Narsus; Elam; Gieve; dan Farangis, Arslan mulai membangun kekuatan yang baru untuk melawan tentara Lusitania yang dipimpin oleh ksatria yang dikenal dengan sebutan Silvermask dan berusaha keras agar dapat merebut kembali kerajaannya yang pernah jatuh.

PV

Jalan Cerita
Anime ini memiliki cerita yang cukup menarik, Kita melihat bagaimana peperangan terjadi secara detail. Anime ini berusaha mendatangkan cerita yang realistis dipadu dengan tema yang cukup berat didalamnya. Tema berat yang saya maksud semisal tentang masalah kepercayaan. Di anime ini kita melihat bagaimana agama digunakan sebagai alat untuk menjustikasi peperangan. Tujuan perang ini bukanlah untuk melindungi diri atau agama namun untuk menghukum kaum pendosa yang dalam hal ini kerajaan Pars. Disisi lain, ada tema berat seperti tema tentang perbudakan. Kita tentu paham bahwa di dunia modern praktek jual beli manusia adalah illegal, namun dimasa lalu dengan berbagai pertimbangan praktek perbudakan ini dilegalkan. Hal inilah seolah ingin dikritisi oleh pembuat ceritanya. Hal lain yang menarik disini adalah Intrik peperangan yang terjadi. Kita tentunya paham bahwa seperti kata Tsun Zhu bahwa peperangan sebenarnya adalah sebuah penipuan. Dalam hal ini anime ini menggambarkannya dengan baik bagaimana masing - masing pihak saling menipu dan mengadu strategi agar musuhnya lengah dan kemudian menghancurkannya..

Karakter
Character development di anime ini cukup bagus meskipun sedikit gak nalar. Pertama, karakter pangeran Arslan yang sedikit lebih dewasa ketika telah melihat realita peperangan, namun disisi lain sifat naifnya sendiri masih terlihat dengan sangat jelas. Hal ini menurut saya cukup aneh ketika seorang telah melihat begitu banyak darah dan masih bisa senaif itu. Hal lain yang gak nalar adalah bagaimana teman - teman dekat pangeran Arslan sendiri terkumpul. Kita melihat ada Daryun si jago berkelahi, ada Narsus si ahli strategi, ada Gieve si pemusik yang cerdik dll. Semua itu secara kebetulan muncul satu persatu sebagai orang - orang kepercayaan pangeran Arslan. Hal ini terlalu konyol untuk dibilang sebagai sebuah kebetulan. Pada kenyataanya kita tidak pernah mungkin memiliki itu semua. Kenyataanya kadang kita berteman dengan orang super cerdas tapi egois, atau terlalu baik hati namun bodoh dll. Kumpulan teman - teman pangeran Arslan itu bisa dibilang too good to be true..Meskipun hal ini hanya cerita namun tetap nalar bukan?


Art
Grafis di anime ini menurut saya cukup baik meskipun banyak hal yang berada diluar nalar seperti bagaimana mereka menganimasikan ratusan kuda yang berlari bersamaan menggunakan CGI. Jujur, animasi kudanya tidak realistis dan tidak proporsional.


Ost
Opening dan Ending song anime ini gak bisa bikin saya keingetan. Hal ini menunjukan bahwa kualitas Opening dan Endingnya sendiri dibawah rata - rata. Meskipun demikian, animasi pembukanya harus saya akuin cukup bagus untuk menggambarkan ceritanya.

Overall
Jalan Cerita : 8.5 / 10
Karakter : 7 / 10
Art : 8 / 10
Ost : 7.5 / 10
Arslan Senki (TV) : 8 / 10

Sejujurnya saya gak terlalu suka dengan anime bergenre Historical, Namun anime ini mampu membuat saya penasaran dengan ceritanya. 

Next

Related


EmoticonEmoticon