February 14, 2018

[Review Anime] Muv-Luv Alternative: Total Eclipse


Muv Luv Alternative: Total Eclipse menjadi review saya selanjutnya. Anime dengan cerita berskala dunia ini dipilih dengan pertimbangan cover Mechanya yang keren dan plot membasmi musuh alien yang ingin menguasai bumi, fan service dan juga segi teknologi tektis yang digambarkan rasanya akan menarik buat ditonton.

Judul : Muv-Luv Alternative: Total Eclipse
Tanggal Rilis : 2 Juli 2012
Episode : 24
Durasi : 24 Menit per Eps
Genre : Action, Mecha, Military, Sci-Fi
Sumber Cerita : Light novel
Studio : Satelight, ixtl

Sinopsis
Mengisahkan tentang seorang gadis bernama Yui Takamura yang berjuang melawan kelompok alien bernama BETA yang telah singgah sejak 1973. dimulainya perannya dalam perang pada tahun 2001, pada saat itu dia juga bertemu seorang lelaki berdarah Jepang-Amerika bernama Yuya Bridges. Bersama dia dan teman-temannya, Yui berjuang melawan invasi alien yang menyerang bumi.

Jalan Cerita

Kesan pertama adalah… Anime ini punya selera penamaan yang rendah, mengapa nama monster alien harus Beta? apa gak ada nama yang lebih serem lagi?, lalu robot tempur disebut RTT, hmmm,,, yahh,,, begitulah. Inti ceritanya ringan walaupun konfliknya cukup berat dan rumit, seperti ada konflik didalam konflik antara Yui, Yuuya, Scarlet Twins dan lainnya masing - masing punya konflik tersendiri. Bila berperang dengan alien atau pertemuan antar tokoh malah konfliknya lain lagi. Di dua episode pertama sangat mengesankan dan keren dengan Yui sebagai tokoh utama, dan entah kenapa rasanya tokoh utama anime ini berganti perlahan-lahan menjadi Yuuya Bridges, lalu dibumbui unsur romantis, banyak wanita dan akhirnya entah mengapa malah jadi Harem. Tapi harus saya akui pengembangan cerita dan arahnya cukup baik dan terkonsep.

Karakter
Mungkin beberapa ada yang kecewa tentang bergantinya tokoh utama semenjak episode kedua, si Yui yang Tsundere dan care, Tim Argos dan lainnya yang masing - masing punya penggambaran karakter yang unik. Apalagi Scarlet Twins, mereka yang belakangan diketahui bukan sekedar manusia biasa, lumayan keren sih walaupun rasanya pengembangan peran di setiap karakter rasanya masih kurang bagus.

Art
Grafis yang memukau sudah lebih dari fanservice bagi penikmat anime Mecha. desain Mecha yang berkarakter dan logic, desain aliennya yang unik ditambah geografisnya yang memukau digambar detail dan sangat apik. Sisi animasi dan Action juga gak kalah keren, dengan efek CG dan Action yang tanpa sensor serasa semua adegan disini mampu menjelaskan cerita. Pokonya Artnya Mantap!!

Ost
Kesan pertama musik anime ini terdengar enerjik, terutama waktu adegan Action, patut diacungi jempol. Kalau BGM-nya sangat memperkuat suasana, misalnya waktu suasana suram di 2 episode pertama, lalu latih tanding, perang dengan alien sampai saat suasana santai atau romantis, efek suara juga gak mainstream. Lalu soundtrack? menurut saya biasa saja tidak ada yang spesial.


Overall

Jalan Cerita : 7.8 / 10
Karakter : 7 / 10
Art : 9.2 / 10
Ost : 8.5 / 10
Muv-Luv Alternative: Total Eclipse : 8.2 / 10

Anime ini salah satu anime yang recomendded buat penggemar Mecha dan Sci-Fi, sisi Action dan perang yang keren dan sedikit bumbu romantis ala militer, lumayan lah. Walaupun mungkin nanti bakal sedikit kesal dengan konflik gak jelas dengan latar politik. Yeah, paling enggak yaa... kualitas grafis dan audio bagus lah, saya sarankan nonton yang versi kualitas BD. 

Next

Related

2 komentar

This comment has been removed by the author.

Apakah total eclipse bakal keluar s2?


EmoticonEmoticon