February 15, 2018

[Review Anime] Freezing (S1+S2)


Freezing series dirilis pertama tahun 2011 season 1 nya, sedangkan season 2 atau Freezing Vibration dirilis tahun 2013. Anime ini memiliki plot invasi alien ke bumi dan sekelompok manusia berusaha melawanya, dan juga masa depan.

Judul : Freezing & Freezing Vibration
Tanggal Rilis : S1: 8 Januari 2011, S2: 4 Oktober 2013
Episode : (12+12) 24
Durasi : S1: 24, S2: 23 Menit per Eps
Genre : Action, Military, Sci-Fi, Harem, Drama, Romance, Ecchi, Martial Arts, Seinen
Sumber Cerita : Manga
Studio : A.C.G.T.

Sinopsis

Terletak di dunia yang sedikit futuristik dimana Bumi telah diserang dan berperang dengan alien dari dimensi lain yang disebut Nova, ceritanya mengikuti petualangan seorang anak Jepang bernama Kazuya Aoi yang mendaftar untuk pelatihan di sekolah khusus untuk rekayasa genetik perempuan yang disebut Pandoras yang bertempur dengan alien, dan mitra laki-laki mereka, yang disebut Limiters, yang menggunakan kekuatan khusus yang disebut “Freezing” untuk membatasi mobilitas lawan mereka. Protagonis membuat perkenalan seorang gadis yang lebih tua yang tidak biasa bernama Bridgette L. Satellizer yang tampaknya menjadi Pandora paling kuat di kelasnya, tetapi belum memilih pasangan pria untuk menjadi Limiter untuk dirinya, dan meskipun peringatan dari semua teman-temannya , ia memutuskan untuk menjadikan dia Limiter.

Jalan Cerita
Di season 1 konsep ceritanya gak begitu menarik, tapi biar bagaimanapun ternyata cerita yang berskala dunia ini cukup menarik juga. Ceritanya ringan dan mudah dimengerti, tapi jangan terlalu berharap pertempuran seru melawan aliennya, karena di sini justru lebih banyak pertempuran antar Pandora. Sedangkan season 2 justru malah parah, ada cerita di dalam cerita, walaupun banyak plot hole dan flashback yang gak perlu, tapi mudah dimengerti kok.

Karakter
Karakter paling unik di sini adalah Satellizer el Bridget, antara Tsundere dan malu - malu kucing. Padahal dia sendiri adalah Ratu tak tersentuh, tapi justru sifat seperti itu yang saya sukai. Lalu beberapa karakter lain yang masuk di bagian ‘cerita di dalam cerita’ seperti Mably dan Chiffon terlihat dapat porsi yang pas, malah kadang terlalu besar.

Art
Sisi gambar dibuat sangat menarik, baik dari segi darah-darahnya hingga Ecchinya, dibuat gak membosankan. Terlebih desain karakter yang memfokuskan pada cewek, lalu kemampuan Super Power yang mampu dijelaskan dengan baik oleh animasinya, rasanya gak ada masalah.

Ost
Sisi audionya keren banget, walaupun dari sisi soundtrack kurang begitu mengena (relatif sih), tapi BGM yang berkualitas, efek suara yang gak mainstream dan bagian yang unik di sisi novanya sangat mendukung sisi visual animenya. Di beberapa bagian waktu pertempuran, walaupun berdarah-darah rasanya malah terdengar heroik.

Overall
Jalan Cerita : 6.7 / 10
Karakter : 8 / 10
Art : 7.5 / 10
Ost : 8.2 / 10
Freezing (S1+S2) : 7.5 / 10

Anime ini sepertinya lebih mengutamakan sisi Ecchinya daripada jalan ceritanya. Bagi kalian yang penggemar anime bergere  Super Power, anime ini bisa menjadi salah satu pilihan dimana kemampuan - kemampuan yang jelas berkesan ‘ada langit diatas langit’, BTW, versi episode spesialnya keren juga lho, tapi kurang banyak.


Next

Related


EmoticonEmoticon