February 14, 2018

[Review Anime] Jormungand (S1+S2)


Anime Jormungand ini direkomendasikan oleh teman sekelas waktu masih sekolah, dan anime ini dirilis tahun 2012 pada musim Spring kemudian lanjut saat musim Gugur, Untuk season 2 nya.

Judul : Jormungand & Jormungand: Perfect Order
Tanggal Rilis : S1: 11 April 2012, S2: 10 Oktober 2012
Episode : (12+12) 24
Durasi : 24 Menit per Eps
Genre : Action, Adventure, Seinen
Sumber Cerita : Manga 
Studio : White Fox

Sinopsis

Bercerita tentang seorang gadis muda bernama Koko Hekmatyar yang menjual senjata dibawah naungan HCLI. Sebagai penjual senjata ilegal, dia telah banyak menjual senjata ke berbagai negara dan menghindari hukum yang ada di negara ia menjual senjata. Dia memiliki sebuah tim yang beranggotakan delapan orang, sebagian besar orang di timnya adalah mantar militer veteran. Namun disini Koko merekrut satu anggota anak - anak bernama Jonah, meskipun dia masih anak - anak tapi dia memiliki kemampuan bersenjata sangat mengagumkan, meski begitu dia adalah seorang yang membenci senjata. Alasannya bergabung dengan Koko Hekmatyar adalah untuk mencari penjual senjata yang telah membunuh kedua orang tuanya.

Jalan Cerita
Jalan ceritanya cukup ringan dan mudah dimengerti. Ceritanya berpusat pada Jonah, seorang bocah yang bekerja untuk Koko Hekmatyar sebagai pedagang senjata. Sisi Adventure dari anime ini menarik, topik yang jarang ada, dimana dari semua sisi mendukung kesan dari jalan cerita. Bagian ceritanya sendiri punya part (bagian), jadi walau ada keterkaitan antara karakter, belum tentu ada keterkaitan antar episode. Sisi Action dan tembak-tembakan keren banget, gak ada penonjolan karakter tertentu, atau persaingan antar kelompok, yang ditonjolkan adalah kerjasama tim. Btw, ada negara “Indonesia”nya disini, kebagian beberapa episode gitu :D

Karakter
Gak ada karakter yang ditonjolkan disini, walaupun itu karakter utama si Jonah. Lalu Koko yang kalem, kocak tapi ternyata ambisius dan pengen jadi orang terkuat mengendalikan dunia. Beberapa anggota tim  punya masa lalu masing - masing dengan tidak mengeksplor masa lalu secara berlebihan, cukup sekedarnya saja bakal membuat kesan yang dalam bagi penonton.

Art
Awalnya yaa,,, gitu deh, secara visualiasi karakter rasanya gimanaa.. gitu. Awalnya kirain si Koko tuh kena penyakit albino gitu dikarenakan saya lihat kulitnya terlalu putih, visualisasi karakter dan detil dari senjata yang digunakan juga mantap banget, penggambaran situasi baik di negara - negara termasuk di Indonesia digambar dengan baik. Kita bakal ngerti kalau visual seperti ini untuk memberikan kesan “seru” bagi penonton.

Ost
Bisa dibilang BGM disini kurang mendukung sisi Actionnya. Untuk yang lainnya sih pas, cuma pas beberapa adegan Action dan ‘dar dor dar dor’ malah kurang keren, tapi efek suaranya komplit dan serasi. Bagaimana dengan soundtracknya? ahh,,, sayangnya saya sendiri kurang suka, relatif sih.

Overall
Jalan Cerita : 8 / 10
Karakter : 8 / 10
Art : 8.8 / 10
Ost : 7 / 10
Jormungand (S1+S2) : 8 / 10

Anime ini ringan dalam cerita, walaupun kita gak bisa langsung tau alurnya, tapi itulah yang membuat anime ini menarik dari sisi misterinya. Sekedar spoiler, bagi saya endingnya kurang memuaskan, malah terdapat plot hole dalam bagian terakhir season 2, apa dan bagaimana Jormugand itu beraksi.


Next

Related

1 komentar


EmoticonEmoticon