February 02, 2018

[Review Anime] Heavy Object


Anime yang saya review kali ini kalau digambarkan dalam satu kata maka yang paling tepat adalah kata ASYIK. Bisa dibilang anime ini mengutamakan kenyamanan para penontonnya, anime ini ada unsur Actionnya tapi entah kenapa seserius apapaun keadannya kita tidak akan tegang. Hal ini disebabkan karena sifat dan tingkah karakter utamanya.

Judul : Heavy Object
Tanggal Rilis : 3 Oktober 2015
Episode : 24
Durasi : 23 Menit per Eps
Genre : Action, Mecha, Military, Sci-Fi
Sumber Cerita : Light novel
Studio : J.C.Staff, SANZIGEN

Sinopsis

Cerita dimulai ketika perang dunia telah tergantikan dengan robot besar bernama 'OBJECT' dan hal ini membuat perang lebih bersih dan aman karena tak perlu mengerahkan tentara manusia sebagai pengorbanan. Akibat perang ini dunia terpecah menjadi 4 koalisi dan sifat perang hanya dalam jangka pendek. di tengah peperangan Object ini hadirlah 2 orang tentara tahap pelatihan, yaitu Qwenthur Barbotage dan Havia Winchell. ketika Object mereka terkepung, disaat terdesak merekat dapat melawan dan menaklukan Object lawan hanya dengan kemampuan manusia, Karena mereka berdua melakukan hal brilian untuk melawan Object. Qwenthur dan Havia ditugaskan untuk menjadi tentara lapangan Object sekaligus menjadi pembantu menyusun strategi ketika hal tak terduga terjadi. tentu hal ini sulit bagi mereka berdua, namun dengan semangat mereka membantu sekuat tenaga & pikiran. Mampukah Qwentur dan Havia menaklukan Object kembali seperti sebelumnya....

Jalan Cerita
Heavy Object sebenarnya bisa berpotensi menjadi anime super serius namun hal itu tak terjadi karena tingkah 2 karakter utamanya yang konyol, banyak ngoceh. apalagi mereka berdua sukanya berbau ecchi, tentu dengan hal diatas membuat image Heavy Object dicap sebagai anime Action yang tidak terasa seriusnya (mungkin juga pengaruh studionya “J.C.Staff” studio satu ini saya nonton anime Actionya gak pernah ada yang super serius). walaupun demikian anime satu ini tetap saya rekomendasikan kepada kalian, terutama yang suka Action-Comedy. sebenarnya plot/alur ceritanya itu berulang tentang menaklukan Object, tapi karena Heavy Object sendiri terlihat lebih fun dan enjoyable bagi penontonya.

Karakter
Normlanya karakter utama anime mecha itu adalah pilot dari robot (atau benda lain), tapi kalau karakter utama di anime ini juga pilot Object maka anime ini jadi enggak jauh beda sama Crush Gear. Karakter utama di anime ini ada dua yaitu seorang mahasiswa magang yang jadi seorang mekanik Object yang bernama Qwenthur dan seorang ahli radar yang bernama Havia. Mereka berdua walaupun ada di garis depan peperangan, tapi hanya melakukan tugas - tugas kecil seperti mengeruk salju disekitar markas atau hal - hal lain. Untuk karakter pendukungnya paling saya ingat adalah nenek mekanik dan putri Ohoho.

Art
Untuk Art menjadi salah satu yang terbaik untuk anime tahun 2015, ceritanya berlokasi di seluruh penjuru dunia, di daerah salju, gurun pasir, lautan, gunung - gunung curam, perkebunan orang setempat, stabana, stepa bahkan sampai daerah pertambangan dan semuanya terlihat sangat keren.

Ost
Musik Opening & Ending juga menjadi salah satu kekuatan di Heavy Object. Untuk opening 1 dengan judul One More Chance!! by ALL OFF, lagu ini memacu adrenalin saya ketika nonton, pokoknya cool banget deh. Opening 2 dengan judul Never Gave Up by ALL OFF ini masih kurang gregetnya dari yang pertama. Endingnya 1-3 nya dengan judul One More Chance by ALL OFF, Dear Brave by Kano, Kawaranai Tsuyosa by Yuka Iguchi. lagunya Shoujo banget dan seperti ditujukan untuk Milinda Brantini. 

Overall
Jalan Cerita : 9 / 10
Karakter : 9 / 10
Art : 8.8 / 10
Ost : 9 / 10
Heavy Object : 8.9 / 10

Anime ini adalah anime Mecha-Military pertama yang benar - benar saya sukai. dan satu lagi, kata - kata yang sering saya dengar di Heavy Object yaitu: apa yang dibuat manusia pasti bisa dihancurkan manusia.


Next

Related


EmoticonEmoticon