February 24, 2018

[Review Anime] Devil Survivor 2 The Animation


Devil Survivor 2 merupakan anime yang diadaptasi dari video game produksi Atlus, yakni Shin Megami Tensei : Devil Survivor 2, yang pertama kali muncul di platform Nintendo DS pada tahun 2011. Setelah sebelumnya sempat diadaptasi juga ke dalam bentuk manga, versi animenya akhirnya dibuat oleh Studio Bridge dan disutradarai oleh Seiji Kishi yang juga menyutradarai adaptasi seri Shin Megami Tensei lainnya, yakni Persona 4.

Judul : Devil Survivor 2 The Animation
Tanggal Rilis : 5 April 2013
Episode : 13
Durasi : 24 Menit per Eps
Genre : Action, Demons, Supernatural
Sumber Cerita : Game
Studio : Bridge

Sinopsis

Kuze Hibiki diperkenalkan oleh temannya, Shijima Daichi, sebuah situs yang dikatakan dapat menampilkan wajah-wajah mereka jika tewas. Situs itu kemudian mengirimkan video yang memperlihatkan mereka tewas dalam sebuah kecelakaan. Dan tak lama berselang, kecelakaan itu pun benar-benar terjadi. Namun sebelum tewas, Hibiki dan Daichi mendapatkan sebuah pertanyaan, apakah mereka ingin tetap hidup atau lebih suka mati. Mereka memilih hidup, tetapi ketika tersadar, mereka mendapati dunia telah hancur lebur. Ternyata hari itu merupakan hari pertama dari serangkaian serangan makhluk-makhluk yang disebut Septentrion. Dan hanya orang - orang seperti Hibiki dan Daichi (mereka yang bersikeras ingin hidup) sajalah yang memiliki kekuatan untuk menghentikannya.

Jalan Cerita
Sebenarnya storytelling anime ini sangat bagus. Sejak awal memberi deadline tujuh hari menjamin tingkat ketegangan yang naik secara perlahan namun pasti, sebelum memuncak pada akhir ceritanya. Setiap episode adalah hitungan mundur, dan setiap pertempuran adalah pintu gerbang. Ini juga kemudian tidak menjadikan anime ini hanya tentang pertempuran yang sambung-menyambung. Berkat ambisi Houtsuin Yamato, cerita anime ini memiliki banyak dimensi. Namun, pada saat yang sama, anime ini juga meninggalkan banyak pertanyaan yang tak terjawab di sepanjang ceritanya. Mengapa keluarga Houtsuin begitu istimewa? Jika orang yang memberi mereka kekuatan untuk memanggil para iblis begitu kuat, mengapa harus melalui aplikasi di ponsel? Bagaimana sebenarnya hubungan antara atribut si pengguna dengan para iblis itu? Mengapa ada sebagian iblis yang hanya bisa dipanggil jika penggunanya melakukan sesuatu yang khusus seperti menari dan ada sebagian lagi yang tidak? Pertanyaan - pertanyaan ini mengungkapkan bahwa meski jalan ceritanya ditulis dengan cukup baik, masih ada hal - hal mendetil yang terabaikan.

Karakter
Karakter di anime ini tidak digambarkan cukup mendalam, tetapi hebatnya, hal ini kemudian tidak pernah menjadi masalah. Bahkan, kurangnya deskripsi terhadap mereka justru semakin menegaskan bahwa insiden di dalam ceritanya terjadi secara begitu tiba - tiba. Lalu dengan serangan Septentrion yang tidak pernah berhenti, penonton bisa langsung mengerti bahwa sekarang bukan saatnya untuk mencari tahu tentang masa lalu mereka dan akhirnya berkonsentrasi untuk mulai mengenal mereka di sepanjang cerita. Dan dalam hal ini pun, ada dorongan yang nyata untuk secepatnya mengenal mereka, sebab bahaya yang senantiasa mengancam para tokoh ini juga terasa benar - benar nyata. Mereka selalu punya peluang untuk tewas, dan hal itu selalu terjadi hampir seketika tanpa peringatan. Dan ketika hal itu terjadi, ketika sebagian tokoh itu sungguh - sungguh tewas, meski penonton hanya tahu nama, wajah, dan pekerjaan mereka sebelum cerita, ada rasa kehilangan yang muncul secara alami, rasa sesal karena tidak sempat mengenal mereka lebih jauh.

Art
Studio Bridge has done quite a good job on DS 2 dengan kualitas animasi yang halus, Artwork karakter yang konsisten dan penggunaan CG pada efek - efek magic desain Septentrion. Artwork dan animasi untuk background environtment cukup solid dan halus meskipun kurang detail dan tidak terlalu impresif. OP sequence sendiri bisa berfungsi sebagai preview episode yang bersangkutan.

Ost
Untuk music score, Devil Survivor 2 hanya menggunakan 1 set OP dan ED + 1 buah ED khusus, tanpa insert song. Kombinasi OP, ED dan variasi BGM yang digunakan secara overall cukup mendukung image yang berusaha ditampilkan oleh DS 2 sekaligus membantu membangun "feel" berbagai adegan.

Overall
Jalan Cerita : 8.2 / 10
Karakter : 7.5 / 10
Art : 8.5 / 10
Ost : 8 / 10
Devil Survivor 2 The Animation : 8.1 / 10

Devil Survivor 2 merupakan anime yang STANDARD, direkomendasikan khususnya bagi para penggemar full-pack action yang melibatkan berbagai mythological creature, tapi bila penonton lebih mengutamakan kualitas story, rasanya story dari DS 2 kurang powerful, meskipun bukan berarti tidak berkualitas.



Next

Related

1 komentar


EmoticonEmoticon