February 25, 2018

[Review Anime] Houkago no Pleiades (TV)


"Houkago no Pleiades" atau dalam bahasa indonesia "Pleiades Saat Pulang Sekolah" adalah anime yang diproduksi oleh Gainax (produser sayonara zetsubou sensei) dan disponsori oleh subaru (merek mobil jepang). Bertemakan Mahou shoujo, anime ini pertama kali dibuat pada 2011 dalam rangka sponsor sebuah merek mobil yang namanya sama dengan nama karakter utama seri ini, Subaru.

Judul : Houkago no Pleiades (TV)
Tanggal Rilis : 9 April 2015
Episode : 12
Durasi : 23 Menit per Eps
Genre : Magic, Space
Sumber Cerita : Original
Studio : Gainax

Sinopsis 

Seorang siswi SMA bernama Subaru yang menyukai astronomi, pada suatu hari ia secara tak sengaja atau mungkin memang disengaja bertemu dengan sebuah bola berwarna biru nan hangat. Pertemuan pertama dianggap sebagai dedemit yang mencuri kompasnya, dan saat ia mengikuti dedemit itu secara ajaib, misterius, nan aneh ia bertemu dengan 4 orang berpakaian aneh yang sedang duduk duduk dikelasnya. Salah satu dari mereka adalah teman kecil Subaru yang pindah sekolah tanpa memberikan alasan, Aoi namanya. Konfersasi terjadi diantara 5 orang tersebut, tetapi tiba - tiba ada semacam gempa yang disebabkan oleh suatu hal mistis dan secara ajaib kompas yang tadinya dibawa slime yang ternyata adalah alien pleiadian berubah menjadi 'drive shaft' sebuah tongkat sihir yang lebih mendekati kendaraan daripada tongkat sihir sendiri.  lalu cerita mereka dimulai...

Jalan Cerita
Berbeda dari anime Mahou shoujo lain, anime ini tidak ada yang namanya peperangan sihir dan lebih mendekati kejar-kejaran dogfight. Ceritanya sendiri lebih fokus ke pengembangan setiap karakter yang ada dengan konflik mereka masing - masing dan diakhiri dengan cerita romansa. tetapi satu kekurangannya yaitu adegan kejar-kejaran di episode terakhir menurut saya terasa agak maksa...

Karakter
Karakter yang tidak stereotype sama seperti gambarnya. Tidak jauh berbeda dengan dunia nyata (meskipun sama sekali tidak sama, setidaknya tidak memaksakan satu atribut karakter).Tetapi tetap saja bisa ditulis atributnya. Subaru : clumsy, energetic, Nanako : nerd, dandere, Itsuki : oujou-sama, dkk. selain atribut itu, setting karakternya bagus dan tidak ada karakter tidak penting.

Art
Desain karakternya bagus meskipun stereotype (tsundere blonde twintail, oujousama rambut hitam panjang, dandere mata tertutup dan memakai jaket), tapi mungkin gaya gambar itu sendiri merupakan trademark anime yang mukanya sama semua. Lalu dari semua itu yang paling membuat saya kagum adalah gambar waktu ditengah tengah episode yang bukan gambar mass produce. Background dan gambar langitnya juga indah (apalagi waktu di luar angkasa, wah !!)

Ost
BGM, OP, ED, semuanya memuaskan !!, pengisi suaranya juga orang yang sudah sering dilihat di industrinya seperti pengisi suara karakter Nanako Saki Fujita yang suaranya dibuat dasar dari vocaloid nomor satu crypton Hatsune Miku.

Overall
Jalan Cerita : 8.5 / 10
Karakter : 8 / 10
Art : 9 / 10
Ost : 8 / 10
Houkago no Pleiades (TV) : 8.5 / 10

Ending anime ini cukup memuaskan dan cerita setiap karakter yang tidak bisa dibilang jelek, lalu gambar bintang - bintang yang dapat membuat saya berkata "wah". 


Next

Related

1 komentar


EmoticonEmoticon