February 10, 2018

[Review Anime] Code:Breaker


Saya baru selesai nonton Code:Breaker, dan seperti biasa saya pengen share review berdasarkan pendapat saya setelah nonton dibantu dengan data dari beberapa situs lain, here it is..^^

Judul : Code:Breaker
Tanggal Rilis : 7 Oktober 2012
Episode : 12
Durasi : 24 Menit per Eps
Genre : Action, Comedy, School, Shounen, Super Power, Supernatural
Sumber Cerita : Manga
Studio : Kinema Citrus

Sinopsis

Suatu hari, saat sedang didalam bis, Sakurakouji Sakura melihat keluar jendela, dan sangat terkejut, dirinya melihat sekelompok orang terbakar dengan seseorang seumurannya ditengah tengah kelompok tersebut. Keesokan harinya Sakura yang berangkat kesekolah mendatangi tempat terjadinya kejadian semalam, dan disana tidak ada tanda tanda bekas pembunuhan, hanya ada bekas api kecil disekitar sana. Dia pun melanjutkan berangkat kesekolah, sampai disana dia bertemu dengan seorang siswa pindahan yang bernama Oogami Rei, yang ternyata dia memiliki wajah yang sama dengan orang yang semalam Sakura lihat di tempat kejadian. Terlebih lagi, Rei kelihatannya adalah siswa yang misterius, dia mengenakan sebuah sarung tangan hitam di tangan kirinya, seperti menyembunyikan sesuatu. Ternyata Rei adalah seorang Code:Breaker, seseorang yang memiliki kemampuan supranatural. Dirinya adalah pembunuh yang memiliki prinsip “Mata untuk Mata”, yang artinya kejahatan di gunakan untuk melawan kejahatan. Tapi Sakura tau bahwa Rei bukanlah orang jahat dan mencoba untuk memahami perasaannya untuk menembus hatinya yang dingin.

Jalan Cerita
Mengambil tema para remaja yang memiliki kekuatan khusus, yang mengemban tugas sebagai agen pemerintah untuk membunuh para penjahat yang tidak tersentuh hukum. mungkin agak sedikit mainstream sebagai tema, tapi Kamijyo Akimine sebagai sang pembuat cerita sanggup membuat cerita Code:Breaker ini sangat menarik untuk diikuti karena cerita yang dalam dan memiliki karakter - karakter yang menarik dan unik. tiap Code:Breaker memiliki latar belakang dan alasannya masing - masing untuk menjalani pekerjaan sebagai Code:Breaker. Jalan cerita yang padat dan cepat tidak membuat anime ini menjadi terlalu serius, karena interaksi antar karakter yang unik menjadi hal yang terkadang cukup menghibur. Bila ditelusuri dengan mendalam, cerita Code : Breaker sebenarnya memiliki unsur kemanusiaan yang sangat mendalam, di mana kita diperhadapkan pada pertanyaan mengenai prinsip manakah yang benar, apakah prinsip Ogami yang membunuh penjahat tanpa pandang bulu, atau prinsip Sakura yang menganggap sejahat apapun, seseorang tidak boleh dibunuh. 

Karakter
Dari segi karakterisasi, karakter dalam Code:Breaker cukup beragam dan memiliki ciri khas dan keunikannya masing - masing yang berhasil tereksplor dengan cukup baik, terutama karakter dari tiap anggota Code:Breaker seperti: Hitomi dengan kekuatan listrik, Heike kekuatan cahaya, Yuuki kekuatan supersonic, Toki kekutan magnet, Rui kekuatan bayangan, Ogami kekuatan api biru, dan Sakura yang sering disebut “jenis langka” oleh para Code:Breaker karena kekuatan khusus mereka tidak berpengaruh padanya, dan penyebab hal tersebut juga masih menjadi misteri sampai pada episode terakhir.

Art
Untuk animasi dan special effect, Code:Breaker juga memiliki kualitas yang cukup tinggi, karena animasinya tajam dan mendetail meskipun untuk adegan - adegan yang cepat dan rumit,  dengan efek dari tiap special abilities yang dimiliki para Code:Breaker yang juga bagus dan detail, seperti efek kekuatan magnet Toki dan kekuatan api biru Ogami.

Ost
Opening berjudul "Dark Shame" by Granrodeo yang juga menyumbangkan lagu “Can Do!” dan “Rimfire” untuk Kuroko no Basuke dan Ending dari Kenichi Suzumura yang juga adalah seiyuu dari Toki berjudul “Shiroi Karasu”, sukses membawakan image dari anime Code:Breaker ini. (OP dan ED sequencenya keren!). Selain itu lagu” BGM ketika battle scene, khususnya pada episode teakhir, sukses membuat saya merinding ketika menonton, menjadikan episode terakhirnya menjadi penutup yang cukup “megah” walaupun perjalanannya singkat.

Overall
Jalan Cerita : 8.5 / 10
Karakter : 9 / 10
Art : 9 / 10
Ost : 9.2 / 10
Code:Breaker : 8.9 / 10

Melihat dari ending episode terakhirnya, besar kemungkinan akan dibuatnya season 2 dari anime ini dan semoga saja benar dibuat, karena Code:Breaker sangat layak mendapatkan season lanjutan karena masih banyak hal yang dapat diperdalam dan diperjelas dari cerita yang menarik dari para Code:Breaker, khususnya mengenai masa lalu Sakura dan Ogami dan bagaimana kelanjutan hubungan mereka.


Next

Related

1 komentar

Sakura terlalu naif, sampai episode 5 aja aku putuskan drop anime ini. Masih bisakah dia naif jika dia dan keluarganya yg dipotong potong, diperkosa, dan kejahatan lainnya. Heroine ini sama sekali ga punya logika.


EmoticonEmoticon