February 26, 2018

[Review Anime] Code Geass: Hangyaku no Lelouch


Kali ini saya mau memberikan review anime yang di kabarkan akan ada Season 3-nya nih yaitu Code Geass. Code Geass ini merupakan Anime yang sangat populer pada zamannya (2006-an) yang bertemakan Mecha dan peperangan politik.

Judul : Code Geass: Hangyaku no Lelouch

Tanggal Rilis : 6 Oktober 2006
Episode : 25
Durasi : 24 Menit Per Eps
Genre : Action, Mecha, Military, School, Sci-Fi, Super Power
Sumber Cerita : Original
Studio : Sunrise

Sinopsis

Tahun 2010, Jepang telah dikuasai oleh Britannia. Britannia telah menginvasi hampir seluruh dunia dengan menggunakan teknologi yang bernama Knightmare Frame. Akhirnya, para warga Jepang kehilangan hak, harga diri, kebebasan, bahkan nama mereka. Semua warga Jepang tidak boleh memakai nama Jepang. Oleh Britannia, orang Jepang disebut Eleven, dan Jepang dinamakan Area 11. Lelouch Lamperouge tampaknya adalah seorang pemuda biasa, namun ia sesungguhnya adalah Pangeran Britannia yang dibuang oleh sang ayah setelah kematian ibunya, Marianne vi Britannia. Lelouch akhirnya hidup berdua bersama sang adik, Nunally yang menjadi buta dan lumpuh setelah menyaksikan kematian sang ibu. Dipenuhi niat balas dendam pada sang ayah, Lelouch bersumpah di depan sahabatnya, Suzaku Kururugi bahwa ia akan menghancurkan Britannia dengan tangannya sendiri. Lelouch akhirnya bertemu dengan gadis misterius bernama C.C yang memberikan kekuatan misterius bernama “Geass”.

Jalan Cerita
Di awal - awal cerita terlihat seperti anime biasa, dan akan mulai berubah sampai nanti Lelouch akan mendapatkan kekuatannya. Nanti akan ada penjelasan mengapa bisa begini dan begitu jadi tenang saja, semua di perjelas sesuai seiring dengan berjalannya cerita. Seperti yang saya bilang di atas, tema utama anime Code Geass adalah Mecha dan politik, baik itu perang, kekuasaan, dan lain - lain yang berhubungan dengan politik. Memang sebagian besar anime Mecha khususnya robot besar itu selalu berhubungan dengan politik, contohnya seperti Gundam Series.

Karakter

Di season 1 ini cerita akan berfokus pada Lelouch a.k.a Lulu yang merupakan Hero utama, Suzaku Hero ke-2 dan C.C sebagai Heroine. Mungkin karakternya terlihat banyak tapi tidak, selain 3 karakter di atas, sisanya adalah Support karakter yang mempunyai porsi cerita cukup banyak dan figuran yang nanti akan dibantai Lulu.

Art

Code Geass R1 atau Season 1 ini pertama kali tayang pada tahun 2006,  dimana Art sedang berkembang. Nah Code Geass termasuk salah satunya, tapi bisa di bilang Art dari Code Geass ini masih setengah berkembang karena kalau di perhatikan, masih keliatan sedikit jadul, khususnya warna, walaupun tidak parah kok. Untuk Anime 2006, anime ini sudah cukup bagus.

Ost

Untuk Opening pertama berjudul COLORS yang dinyanyikan oleh FLOW. Lalu Opening ke-2 berjudul Kaidoku Funou (解読不能) yang dinyanyikan oleh Jinn dan untuk Opening yang terakhir berjudul Hitomi no Tsubasa (瞳ノ翼) yang diyanyikan Access. Saya suka semua Openingnya, tapi yang berhasil masuk ke playlist saya Cuma Opening pertamnya. Oke lanjut ke Ending, untuk Ending yang pertama berjudul Yuukyou Seishunka (勇侠青春謳) yang diyanyikan Ali. Ending ke-2 berjudul Mosaic Kakera (モザイクカケラ) yang diyanyikan SunSet. Ending ke-3 sama seperti Opening pertamanya yang berjudul COLORS. Untuk Ending episode terakhir berjudul Innocent Days yang dinyanyikan Hitomi. Untuk Ending, yang paling saya suka adalah Ending yang terakhir, terdengar sangat slow dan menyedihkan, tapi gak sampai berhasil menduduki playlist saya.

Overall

Jalan Cerita : 9 / 10
Karakter : 9 / 10
Art : 9 / 10 
Ost : 8 / 10
Code Geass: Hangyaku no Lelouch : 9 / 10

Menurut saya, politiknya tidak terlalu berat untuk di pahami karena akan di jelaskan, walau nanti ada yang menggantung penjelasannya tapi nanti akan di perjelas lagi seiring berjalannya cerita. Untuk ending Season 1 ini masih gantung, jadi langsung lanjut ke season 2 karena ceritanya akan berlanjut.






Next

Related


EmoticonEmoticon