February 18, 2018

[Review Anime] Amanchu!


Amanchu! adalah salah satu hasil karya dari pengarang Kozue Amano. Hal lain yang membuat Amanchu! berbeda dengan karya Amano lainnya adalah bisa dibilang, Amanchu! adalah manga semi-sport. Dengan mengusung scuba diving sebagai tema utama, kita juga akan dikenalkan dengan beberapa dasar dari olahraga indah satu ini.

Judul : Amanchu!

Tanggal Rilis : 8 Juli 2016
Episode : 12
Durasi : 23 Menit per Eps
Genre : Slice of Life, Comedy, School, Shounen
Sumber Cerita : Manga
Studio : J.C.Staff

Sinopsis

Bercerita tentang seorang gadis, Futaba Ooki yang baru pindah rumah dari kota ke pinggiran kota di dekat laut, di kota tersebut dia bertemu dengan gadis yang berenegik dan suka menyelam, gadis itu bernama Hikari Kohinata. Suatu hari Futaba Ooki diseret olehnya ke klub selam, Futaba tidak suka dengan menyelam namun berkat Hikari perlahan-lahan Futaba menyukainya. Berkat klub selam juga Futaba berubah dengan dunia yang baru dimana dia belum pernah mengalaminya seumur hidup.

PV

Jalan Cerita
Meski sekilas anime ini terlihat seperti bercerita tentang perkenalan Futaba ke dalam dunia Scuba Diving, pada intinya anime ini mengajak penonton untuk menjalani hidup dengan santai sambil senantiasa berpikiran positif. Alhasil, karena para tokohnya lebih sering ditampilkan cuma bermain-main, anime ini pun terkesan agak hampa dari hiburan. Tapi, cerita di setiap episodenya mengalir dengan lancar, pesan di dalamnya juga berhasil disampaikan dengan jelas. Ditambah lagi, anime ini juga mampu menyertakan secara efektif beberapa komedi ringan demi mencegah nuansa ceritanya menjadi terlalu monoton. Tidak ada jaminan bahwa penonton akan merasa puas setelah menontonnya, tetapi secara obyektif, kualitas cerita anime ini sebenarnya tidak kalah dari anime Slice of life lainnya.

Karakter
Amanchu! lebih berfokus pada perkembangan karakter dan ikatan hubungan yang ada di klub selam. Futaba salah satu karakter di anime ini yang difokuskan pada perkembangan karakter dimulai dari dia pemalu menjadi lebih berani dan terbuka. Futaba seorang pemalu, dari dulu dia gugup berhadapan dengan orang lain. Bahkan saat di sekolah baru Futaba tidak memiliki teman, ketika dia ingin berkenalan dia gugup dan akhirnya tidak jadi berkenalan. Namun ada satu orang yang menjadi teman Futaba, yaitu Hikari, dia adalah orang yang menarik Futaba lalu berkenalan hingga akhirnya mereka berteman. Futaba yang masih pemalu diajak Hikari ke klub selam, karena menurut Hikari menyelam dapat melihat dunia yang berbeda. Futaba awalnya enggan untuk memasuki klub selam namun saat dia melihat dengan kedua matanya sendiri dia menjadi tertarik untuk ikut ke klub selam.


Art
Saya kasih jempol buat J.C.Staff karena berhasil membawakan keindahan dan kecantikan para karakter beserta lingkungannya yang begitu menyejukkan hati dengan sangat stabil. Transisi antara animasi puitis, terutama animasi pada air yang bisa jadi merupakan salah satu yang terbaik dan juga adegan komedi juga sangat halus.


Ost
BGM yang disajikan dalam Amanchu! sangat pas dengan tema air dan menyelam, apalagi saat Ending ada kejutan sisipan lagu yang lembut dan menenangkan.

Overall

Jalan Cerita : 7.5 / 10
Karakter : 8 / 10
Art : 8.8 / 10
Ost : 8 / 10
Amanchu! : 8 / 10

Memang Amanchu! bukanlah anime yang bisa dinikmati semua kalangan, apalagi di musim tren “Isekai” seperti sekarang. Bagi kalian yang berdarah panas dan berjiwa muda, pencari petualangan mungkin akan mau menghindari anime yang satu ini. Namun bagi kalian yang suka tema keseharian, Amanchu! bisa jadi tontonan yang cukup bagus.

Next

Related

1 komentar


EmoticonEmoticon