February 16, 2018

[Review Anime] Akuma no Riddle


Akuma no Riddle adalah anime di mana banyak gadis - gadis pembunuh yang di kumpulkan menjadi satu dalam satu kelas yang di beri nama kelas hitam. bayangkan jika di dunia nyata para pembunuh dijadikan satu dalam suatu ruangan untuk belajar layaknya murid biasa, gimana jadiiinya..?

Judul : Akuma no Riddle
Tanggal Rilis : 4 April 2014
Episode : 12
Durasi : 23 Menit per Eps
Genre : Action, School, Shoujo Ai
Sumber Cerita : Manga
Studio : Diomedea

Sinopsis

Anime ini berlatar tempat di sebuah sekolah khusus wanita, Myojo Academy – dan didalamnya terdapat kelas khusus bernama ‘Kelas Hitam’. Kelas itu dihuni oleh 12 pembunuh profesional dengan seorang target yang bernama Ichinose Haru. Jika mereka berhasil membunuh Haru, segala permintaan mereka akan dikabulkan. Salah satu dari 12 pembunuh di kelas itu, Azuma Tokaku yang juga memburu Haru, tiba - tiba mengambil keputusan untuk melindungi Haru Ichinose dari 11 pembunuh lainnya. Sebenarnya apa yang akan terjadi? Apa yang membuatnya melakukan itu? Apa ada maksud lain?

PV


Jalan Cerita
Untuk ceritanya sendiri sudah lumayan, karena semua pembunuh mendapatkan giliran mainnya. Tapi sayangnya setiap pembunuh cuman dapat satu giliran dalam satu episode, setelah itu hilanglah sudah. Bahkan ada yang 1 episode dua pembunuh sekaligus, so mungkin akan terasa cepat dan kurang greget. Anime ini meninggalkan kesan yang bercampur aduk, menampakkan diri sebagai sebuah karya yang cermat sekaligus ceroboh. Di satu sisi, anime ini memberikan tanda - tanda bahwa keseluruhan bagian dari ceritanya telah direncanakan dengan baik sejak awal, tetapi pada saat yang sama, di sisi lain beberapa elemen yang lebih mendetail dari cerita tersebut seolah dimunculkan tanpa ada alasan yang jelas.

Karakter
Untuk karakter, jujur saja saya tak terlalu tertarik. Namun untuk sifat - sifat dari setiap karakter yang ada cukup menarik juga. Masing - masing dari para gadis di Kurogumi diberikan sejarah dan karakter yang bervariasi. Karena berdampak langsung pada strategi yang mereka gunakan, hal ini tidak cuma menjadikan setiap upaya pembunuhan terasa unik, tetapi juga menyebabkan pertarungan di antara mereka memiliki dimensi yang jauh lebih dalam. Hanya saja, karakter sebagian tokoh - tokoh tersebut pada akhirnya tidak bersesuaian dengan tema pembunuhan yang mendasari anime ini. Barangkali untuk menunjukkan sisi kemanusiaan mereka bahwa meski berstatus sebagai pembunuh, mereka sesungguhnya hanyalah orang - orang yang bernasib tragis, beberapa karakter kemudian terkesan terlalu 'baik hati'. Jika cuma satu atau dua orang mungkin masih bisa diterima, tetapi ketika jumlahnya lebih dari itu, nuansa jahat dari istilah "pembunuhan" lama-kelamaan akan memudar, berubah menjadi hanya seperti kenakalan biasa dan anime ini pun tidak lagi terasa seserius yang seharusnya. 

Art

Anime ini cukup pandai dalam menampilkan situasi yang menegangkan. Meski animasinya sendiri tidak begitu istimewa, kombinasi dari sinematografi dan musik latar menjadikan momen ketika upaya pembunuhan atas Haru dimulai benar - benar terasa jauh lebih intens daripada momen yang lain, bahkan saat upaya tersebut tidak melibatkan banyak aksi. 


Ost
Untuk bagian sound saya kasih great score dah, 9/10. BGM-nya yang terasa begitu beat dan nge-rock cocok banget dengan scene ketika battle. Nggak cuman pas scene battle saja, ketika adegan santai dan juga sedang serius, suasananya menjadi semakin terasa dengan BGM-nya. Selain itu Openingnya juga cukup bagus, "Sōshō Innocence" by Maaya Uchida cocok buat kalian yang suka dengan music rock. Dan yang paling asik dibagian Endingnya, karena setiap pembunuh akan mendapatkan song yang berbeda-beda, dan tentu saja dari semua song yang ada kebanyakan music rock dan dinyanyikan oleh seiyuu dari masing - masing character.

Overall

Jalan Cerita : 7.8 / 10
Karakter : 7 / 10
Art : 8 / 10
Ost : 9 / 10
Akuma no Riddle : 8 / 10

Apa yang terjadi ketika dua belas orang pembunuh saling berlomba untuk mencabut nyawa satu target yang sama? Jika kalian mengharapkan sebuah cerita yang penuh dengan aksi menegangkan, harapan kalian akan terkabul di anime ini.

Next

Related


EmoticonEmoticon