January 30, 2018

[Review Anime] Fate/Apocrypha


Beberapa waktu yang lalu saya baru selesai menonton salah satu Seri Fate terbarunya yaitu Fate/Apocrypha yang sedikit berbeda dari seri Fate sebelumnya tapi intinya tetap tentang peperangan Cawan Suci. Nah apakah yang berbeda ? lanjutkan membacanya, kalian akan mengetahui jawabannya.

Judul : Fate/Apocrypha
Tanggal Rilis : 2 Juli 2017
Episode : 25
Durasi : 23 Menit per Eps
Genre : Action, Supernatural, Drama, Magic, Fantasy
Sumber Cerita : Light novel
Studio : A-1 Pictures

Sinopsis
Di kota Fuyuki pernah diadakan ritual kuno “Perang Cawan Suci” yang melibatkan tujuh Master dan tujuh Servant. Namun, saat perang kedua sedang berlangsung, beberapa master memanfaatkan kekacauan yang terjadi untuk mencuri Cawan Suci. Berpuluh – puluh tahun telah berlalu, keluarga Yggdmillenia yang mengambil Cawan Suci membelot dari Asosiasi Penyihir dan menyatakan kebebasan mereka. Marah akan hal itu, Asosiasi mengirimkan pasukan untuk menghadapi Yggdmillennia, namun mereka dikalahkan oleh para servant yang telah dibangkitkan. Dengan Cawan Suci, sistem peperangan berubah. Skala perang yang belum pernah terjadi sebelumnya pun tak terelakkan. Era baru Perang Cawan Suci Agung telah dimulai.


Jalan Cerita
Anime ini mempunyai twice plot atau jalan cerita yang berubah sekitar 180 derajat dari peperangan antara kubu Merah dan kubu Hitam menjadi menghentikan Shirou, Master kubu Merah, sehingga membuat alur sedikit menjadi lebih berat karena pastinya ada penjelasan baru. Ada bumbu Drama, sedikit bumbu Comedy, dan sedikit bumbu Romance di beberapa episode terakhir. Dan ada beberapa kali rasanya hati saya perih, sedih dan bergetar saat beberapa Servant gugur saat pertempuran.

Karakter
Banyak sekali karakter di anime ini, 16 Servant (7 Servant Hitam, 7 Servant Merah dan 2 Ruler) dan 9 Master. Kok bisa ? inilah yang membuat Fate/Apocrypha berbeda dari seri Fate sebelumnya. Bahkan saya bingung siapa saja yang termasuk Main Karakter karena hampir semua Servant dan Master mempunyai porsi cerita yang sama. Dari apa yang saya dapat, Main Karakternya adalah Sieg, Jeane, Shirou dan Astolfo. Berarti sisanya adalah Support Karakter, tapi juga mempunyai porsi cerita yang hampir sama dengan Main Karakter.
Art
Di awal keseluruhan Art sudah oke baik model karakter dan pewarnaan tapi saat memasukin Twice Plot, khususnya saat Siegfried melawan Karna akan sangat kelihatan penurunan Art yang cukup drastis jika di bandingkan dengan seri Fate lainnya, apa lagi jika di bandingkan dengan Fate Unlimited Blade Work, perbedaannya sangat terlihat. Apa mungkin karena Fate/Apocrypha ini belum BD ya ? semoga versi BD-nya bisa memperlihatkan Art yang maksimal dan bisa setara dengan seri Fate yang sebelumnya.
Action
Actionya keren, seru dan mantab. Tapi saat dari pertarungan Siegfried dan Karna sampai Sieg melawan Shirou, itu sudah tidak maksimal khususnya Artnya sehingga saat menonton pertarungan mereka, saya seperti menonton Tengen Toppa Gurren Lagann atau Kill la Kill (untuk yang sudah nonton pasti paham). Dan yang cukup membingungkan adalah efek Noble Phantasm Karna yang bisa menghancurkan sebuah negara, tapi mengapa Taman gantung Babylon Semiramis tidak hancur ?

Ost
Untuk lagu OP pertama, berjudul Eiyuu Unmei no Uta (英雄 運命の詩) yang di nyanyikan oleh EGOIST. Untuk OP yang ke-2 berjudul ASH yang dinyanyikan oleh LiSA. Untuk lagu ED yang pertama berjudul Désir yang dinyanyikan oleh GARNiDELiA. Dan untuk ED ke-2 berjudul KOE yang dinyanyikan oleh ASCA. Dari semua Ostnya yang paling saya suka Opening ke-2nya, soalnya dinyanyikan oleh penyanyi favorit saya Yap!, siapa lag kalau bukan mabak LiSA^^

Overall
Jalan Cerita : 9 / 10
Karakter : 9.5 / 10
Art : 8 / 10
Action : 8.5 / 10
Ost : 9 / 10
Fate/Apocrypha: 9 / 10


Hal yang bisa kita pelajari dari Anime Fate/Apocrypha adalah: Berusaha terus sampai akhir untuk mewujudkan apa yang kamu yakini benar karena kesempatan tidak akan datang 2 kali, kecuali kamu beruntung seperti Jeane seperti di Ending. Oh ia, untuk kalian yang biasa langsung next episode saat lagu ending, sebaiknya di perhatikan lagi ya, soalnya ada beberapa episode dimana saat lagu Ending selesai, masih memberikan cerita tambahan ( bukan spoiler ). 






Next

Related


EmoticonEmoticon