January 14, 2018

[Review Anime] Date A Live


Kali ini saya akan membahas review tentang anime yg berjudul Date A Live. Anime ini diambil dari sebuah Light novel yang berjudul sama dan berkisah mengenai seorang pemuda bernama Itsuka Shidou yang harus menyelamatkan dunia dengan menghadapi "Seirei/Spirit", namun dengan cara mengencani mereka. Untuk lebih jelasnya, simak saja reviewnya.

Judul : Date A Live
Tanggal Rilis : 6 April 2013
Episode : 12
Durasi : 23 Menit per Eps
Genre : Comedy, Harem, Mecha, Romance, School, Sci-Fi
Sumber Cerita : Light novel
Studio : AIC Plus+

Sinopsis
Suatu ketika terjadi ledakan besar menghancurkan pusat Eurasia yang menelan korban tidak kurang dari 150 juta jiwa. Tiga puluh tahun setelahnya, Itsuka Shidou bertemu dengan seorang gadis misterius yang datang dari dimensi lain. Gadis itu adalah salah satu "Spirits" yang merupakan penyebab dari ledakan besar 30 tahun yang lalu. Untuk mencegah bencana besar terjadi lagi, Shido harus menyegel kekuatan Spirits dengan cara berkencan dengan gadis itu dan membuatnya jatuh cinta.

Jalan Cerita
Pas saya nonton episode pertama, anime ini saya rasa sangat membosankan. Akhirnya anime ini saya drop dan tidak ada niatan lagi buat nonton. Tapi setelah beberapa hari kemudian, saya jadi penasaran, dan akhirnya saya tonton lagi. Dan setelah saya nonton episode 2, saya jadi ketagihan. Awalnya saya pikir “aduh nih anime bosen amat ceritanya dah” tapi sekarang jadi “lah kok jadi seru gini sih”. Cerita anime ini Haremnya unik banget, memang pada dasarnya salah satu anime favorit saya itu anime Harem, tapi serius, biasanya anime model Harem itu ceritanya Slice of Life biasa. Tapi kalau di anime ini Haremnya di campur sama Action, Sci-Fi, Comedy, Supernatural, Super Power, Romance, Slice of Life, semua  dijadiin satu. Jalan ceritanya juga gak ngebosenin ternyata, emang pas episode 1 nya menurut saya agak membosankan, tapi kalau udah nonton episode 2 pasti kalian bakal penasaran dengan episode - episode berikutnya.

Karakter
Ada banyak karakter unik di anime ini, tapi yang akan saya bahas karakter yang paling utama saja. Pertama Itsika Shido, Seorang murid SMA yang merupakan tokoh utama. Ia merupakan saudara tiri Itsuka Kotori. Shidou memiliki kemampuan untuk menyegel kekuatan Spirit dalam dirinya dengan cara menciumnya. Itsuka Kotori, Adik tiri Shidou. Tanpa sepengetahuan Shidou, Kotori merupakan kepala dari Ratatoskr, organisasi yang bertujuan untuk menyelamatkan dunia dengan cara menyegel kekuatan Spirit. Yatogami Tohka, Tohka adalah Spirit yang pertama kali ditemui Shidou. Setelah Shidou berhasil menyegel kekuatannya, ia menjadi murid di sekolah Shidou dan menjadi teman sekelasnya. Ia sangat pencemburu apabila Shidou berdekatan dengan perempuan lain. Dia sering bertengkar dengan Origami. Oleh AST ia diberi julukan Princess. Tobiichi Origami, Origami merupakan teman sekelas Shidou dan ia menyukai Shidou. Ia merupakan anggota Anti Spirit Team (AST), sebuah organisasi yang bertujuan memerangi Spirit. Tujuannya bergabung dengan AST adalah untuk balas dendam, karena kedua orang tuanya meninggal akibat Spirit berkekuatan api  lima tahun yang lalu. Yoshino, Spirit berwujud gadis kecil ini oleh AST diberi julukan Hermit. Yoshino merupakan Spirit yang bersifat lembut. Ia tidak suka melukai manusia dan peperangan. Ia mempunyai kepribadian ganda. Kepribadian yang satunya terletak pada boneka kelinci di tangannya yang bernama Yoshinon. Dan yang terakhir Tokisaki Kurumi, Kurumi yang mempunyai julukan Nightmare dikenal sebagai Spirit kejam yang telah membunuh lebih dari 10000 manusia, belum termasuk korban Spacequake.

Art
Studio AIC Plus+, saya baru tahu studio yang satu ini. Tapi saya langsung jatuh cinta sama grafis yang dibuat untuk anime ini. Desain karakternya beda sama anime - anime kebanyakan. Background dan animasi ledakan - ledakan dan lain-lainnya juga cukup bagus.

Ost
Saya tidak pernah menskip lagu Opening dan Ending dari anime ini, semuanya enak untuk didengarkan. Lagu Openingnya berjudul Date A Live, dinyanyikan oleh grup band wanita sweet ARMS. Lagu Endingnya secara keseluruhan dari episode pertama hingga terakhir ada 4 lagu. Ending episode pertama adalahHatsukoi Winding Road yang dinyanyikan oleh Kayoko Tsumita, Risako Murai, Midori Tsukimiya. Menurut saya lagu ini cukup unik dan merupakan salah satu lagu teraneh yang pernah saya dengarkan. Tiga lagu yang lain adalah SAVE MY HEART, SAVE THE WORLD, dan Strawberry Rain yang dinyanyikan oleh Nomizu Iori. Ia sendiri adalah seiyuu dari Yoshino.

Overall
Jalan Cerita : 8.8 / 10
Karakter : 9 / 10
Art : 9.2 / 10
Ost : 9 / 10
Date A Live : 9 / 10

Ceritanya asik, gak bikin bosan dan desain karakternya juga cukup keren. Untung saja anime memiliki kelanjutan season 2 dan season 3.

Next

Related


EmoticonEmoticon