January 28, 2018

[Review Anime] Boku dake ga Inai Machi


Kali ini saya akan membuat review dari anime musim winter 2016 lalu yang menjadi Top dimusimnya menurut saya karena ceritanya yang bagus walau terlihat mainstrem, tak lain dan tak bukan ialah Boku dake ga Inai Machi.

Judul : Boku dake ga Inai Machi
Tanggal Rilis : 8 Januari 2016
Episode : 12
Durasi : 23 Menit per Eps
Genre : Mystery, Psychological, Seinen, Supernatural
Sumber Cerita : Manga
Studio : A-1 Pictures

Sinopsis
Boku dake ga Inai Machi adalah kisah seorang pemuda yang melakukan hal yang tidak biasa untuk memperbaiki keadaan yang kini dihadapinya, namun jikalau ingin tugasnya ini terselesaikan,ia juga harus memperbaiki keadaan di masa lalu. Cerita bermula ketika Fujinuma Satoru yang menjalani karir sebagai mangaka mengalami kegagalan karena karyanya ditolak, dibalik kehidupan yang  biasa - biasa saja, ternyata Satoru punya trauma masa lalu karena merasa bersalah tidak melakukan yang terbaik disaat dirinya punya firasat buruk. Kini dia beralih karir sebagai seorang delivery, di saat itu dia mengalami kejadian aneh yaitu Revival, kejadian ini seperti mengisyaratkan Satoru hal ganjil maupun kejadian buruk. Karena akan benar - benar terjadi 5 menit kemudian setelah Satoru mengalami revival. Namun nasib Satoru kian buruk ketika ibunya tertimpa masalah saat datang ke rumah sewaan miliknya.karena Fujinuma Sachiko, ibu Satoru.mampu mengungkap tersangka atas hal yang membuat Satoru trauma. Bagaimana kisah selanjutnya? apakah Satoru mampu menyelasaikan semuanya?

Jalan Cerita

Ceritanya dihadirkan singkat dan padat, mungkin yang baca sumber original manganya akan merasa kurang nyaman ketika nonton versi animenya, maklum 40 chapter+ diadaptasi menjadi 12 episode harus cermat meringkasnya, jadi harus skip sana dan skip sini. Hal ini terlihat dari episode 1, dimana episode pembukanya sudah dijelaskan bagaimana ceritanya secara keseluruhan, begitu detail sekali, hampir semua scene dalam episode 1 terlihat terperinci. hal ini membuat saya merasa penasaran dengan episode 2 dan seterusnya. Dimana saya dibuat penasaran kepada sosok seseorang yang misterius. ini menjadi kekuatan ceritanya menjadi terlihat sebuah teka-teki yang sulit diuraikan. Kalau kalian suka anime dengan tipe berpikir keras seperti Steins;Gate maupun Death Note, saya sangat sarankan anime ini karena perpaduan mystery-psychologicalnya yang apik.

Karakter

Hanya ada satu karakter utama di anime ini sisanya hanya karakter pendukung, karana pengembangan karakter difokuskan kepada Fujinuma Satoru sebagai karakter utama. orangnya terlihat culun dengan kacamata, gak nyangka umurnya 29 tahun. banyak menerima pahitnya hidup mampu memperbaiki sebuah keadaan. Karakter favorit saya dari seri ini adalah Katagiri Airi, karena ia melakukan hal hebat. Walaupun dirinya tertimpa masalah akibat masalah Satoru, ia tetap membantu karena Airi yakin Satoru tidak bersalah.

Art
Untuk Art sepertinya tak perlu diragukan lagi karena anime ini menyuguhkan grafis yang sangat apik, jenis penggambaran maupun pewarnaannya disesuaikan dengan ceritanya. misalnya disaat kilas balik pewarnaan sedikit gelap, disaat memecahkan mistery digambarkan gambaran yang membuat penasaran dan yang lainya. Ketajaman warna juga menjadi unggulan anime ini, dan studio yang mengadaptasinya yaitu A-1 Pictures mampu mempertahankan kualitas animasinya dengan konsisten.


Ost
Saya rasa, untuk music menjadi poin utama karena saya suka keduanya. Untuk Opening berjudul Re-re by Asian kung-fu generation, nuansa yang dihadirkan dalam lagu ini lebih mengarah mistery,strategy dan sedikit seinen. scene Openingnya memperlihatkan Satoru melawan badai, menuju lawan arus yang deras untuk menyelesaikan apa yang terjadi. Endingnya berjudul Sore wa Chiisana Hikari no Youna by Sayuri, nuansanya mengarah ke romance, drama dan sedikit slice of life.

Overall
Jalan Cerita : 9.5 / 10
Karakter : 8.8 / 10
Art : 9 / 10
Ost : 9 / 10
Boku dake ga Inai Machi : 6 / 10

Inilah akhir review yang telah saya jelaskan, semoga kalian yang belum nonton dapat bahan referensi, apakah cerita dasarnya menarik atau tidak. saya beri jaminan artikel review Boku dake ga Inai Machi ini bebas dari namanya SPOILER yang dapat mengancam feel yang belum nonton. Saya sangat merekomendasikan kalian agar segera nonton anime ini.

Next

Related


EmoticonEmoticon