December 24, 2017

[Review Anime] Zipang


Kali ini akan mereview Anime Lawas. Saya sendiri tertarik nonton anime ini dari sinopsisnya tentang melintasi waktu alias Time Traveler, dulu saya diperkenalkan anime ini lewat rekomendasi dari teman saya. seperti apakah anime ini?

Judul : Zipang
Tanggal Rilis : 8 Oktober 2004
Episode : 26
Durasi : 24 Menit per Eps
Genre : Action, Military, Sci-Fi, Historical, Drama, Seinen
Sumber Cerita : Manga
Studio : Studio Deen

Sinopsis
Seluruh awak kapal Mirai yg akan menuju Ekuador demi menjalankan misi perdamaian di sana terseret kembali ke masa Perang Dunia Ke-2. Seluruh awak kapal merasa heran dengan kehadiran kapal perang Yamato di Lautan Pasifik. Bagaimanakah nasib seluruh awak kapal Mirai yg tiba-tiba terjepit dalam perang tersebut? Apakah mereka akan turut serta dalam peperangan tersebut?

Jalan Cerita

Sebuah kapal perang modern Jepang yang secara ajaib terlempar ke masa lalu dan berada tepat di tengah perang midway. Kesan pertama yang terlihat tentu saja kebetulan yang luar biasa, kejadian yang bernuansa sejarah asli ini tentu saja membangkitkan ekspektasi penonton tentang apa - apa saja yang terjadi bila merubah sejarah. Alurnya berjalan dengan lambat akibat terlalu banyak dramatisasi cerita, tapi tetep keren. Banyak juga pengetahuan yang terselip si anime ini, tentang kapal perang, tentang sejarah, politik dan lain - lain.

Karakter
Komandan Kadomatsu sebenernya bisa berpotensi menjadi karakter favorit kalau dia bisa lebih pintar sedikit, tapi nyatanya “orang yang baik” atau “hero” ini justru kadang membuat orang lain dalam masalah. Begitu juga dengan Kusaka yang selalu punya rencana dalam rencana orang lain, saya sendiri lebih suka karakter ini dibanding kru kapal Mirai.

Art
Artnya khas seperti anime jadul pada umumnya. Fan-servicenya bukan di cewek karena cewek disini hanya ada satu saja, itupun gak moe. Fan-service berada di bagian peperangan, kapal perang dan lain - lain. mengenai animasi digambarkan dengan sangat baik, teknologi dan detail kapal juga oke.

Ost
Audio di anime ini sudah termasuk bagus, efek suara dari kapal setiap pertempuran terasa jelas dan pas, jadi feel nya dapet. BGM waktu adegan drama memang gak bagus, tapi pas terjadi pertempuran membuat suasana jadi lebih menegangkan. Lalu soundtrack sudah lumayan.

Overall
Jalan Cerita : 8.5 / 10
Karakter : 7 / 10
Art : 8 / 10
Ost : 8 / 10
Zipang : 8 / 10

Anime ini tentang kapal perang dengan berlatas sejarah perang dunia ke-2, fokusnya memang kesana, tapi bagi yang mengharapkan adanya epilog atau bahkan ending ya… jangan harap. karena anime ini bertipe ‘menggantung’ dengan ekspektasi penonton yang berfantasi tentang ending atau epilognya, Btw, anime ini cukup recommended.

Next

Related


EmoticonEmoticon