December 24, 2017

[Review Anime] Made in Abyss


Kali ini saya akan mereview anime yang katanya jelek, sampai ada yang bilang anime ini kayak Dora The Explorer. Yaa.. jelek di awal sih, belum nonton aja sampai akhir. Ok, tanpa banyak basa-basi lansung saja simak reviewnya^^

Judul : Made in Abyss
Tanggal Rilis : 7 Juli 2017
Episode : 13
Durasi : 25 Menit per Eps
Genre : Sci-Fi, Adventure, Mystery, Drama, Fantasy
Sumber Cerita : Web Manga
Studio : Kinema Citrus

Sinopsis
Gua yang sangat besar yang dikenal sebagai Abyss adalah satu-satunya tempat di dunia yang belum dijelajahi. Tidak ada yang tahu seberapa dalam lubang ini. Di dalamnya dihuni oleh makhluk aneh yang menakjubkan dan penuh dengan benda - benda misterius peninggalan di masa kuno yang tidak dikenal oleh manusia modern. Generasi petualangan pemberani tertarik untuk menjelajahi kedalaman Abyss. Penjelajah lubang berbahaya yang memakan waktu itu dikenal sebagai "Cave Raider". Di Orth, kota yang berada di tepi jurang Abyss, tinggal seorang anak yatim piatu bernama Riko yang bermimpi menjadi Cave Raider yang hebat seperti ibunya. Suatu hari saat menjelajahi gelapnya kedalaman, dia bertemu dengan seorang anak laki - laki yang ternyata adalah robot.

Jalan Cerita
Anime ini sendiri menceritakan Riko yang masih sekitar 6-7 tahun yang mendapatkan surat dari ibunya Lyza yang sudah pluit putih yaitu pangkat tertinggi pada penyelam dan dia mengirimkan surat buat Riko untuk menemuinya di dasar lubang. Lyza sendiri sangat dikagumi di permukaan karena termasuk satu-satunya penyelam yang masih bisa bertahan di dasar lubang dengan tekanan yang tinggi dan masih bisa mengirimkan kabar. Melihat surat tersebut Riko yang masih pluit merah dia ingin sekali bisa turun kesana. Ditemani Reg yaitu semacam cyborg yang ditemukan oleh Riko saat menelusuri lapisan pertama. Reg sendiri juga ingin membantu Riko dan ingin turun ke dasar untuk mengetahui jati dirinya dan ingin mengembalikan memorinya yang mungkin terdapat pada dasar lubang. Hal yang membuat seru anime ini adalah bagaimana Riko yang masih sangat amatir dalam bertahan hidup di dalam lubang ditemani oleh cyborg. Selain itu, bagaimana mereka bisa selamat dari monster - monster yang siap memburu mereka dan menurut kabar para pemegang pluit putih semuanya sudah mempunyai psikologi yang berbeda dan harus dihindari karena berbahaya. pada awal ceritanya akan hanya seperti anak yang akan berpetualang, akan tetapi ketika sudah didalam lubang terutama lapisan ketiga, mulai menegangkan dan seru. Seperti dari Anime Trending, awal anime ini masih berperingkat rendah, namun saat ada cerita di lapisan ketiga sudah mulai seru dan saat masuk ke lapisan keempat dan mulai muncul depresi dari Riko dan Reg yang membuat anime ini semakin seru dan semakin di puncak trending.

Karakter
Anime ini hanya berfokus pada 2 karakter utama saja, yaitu Riko dan Reg. Untuk karakter support yang paling sering disorot sih cuma Nanachi. Konflik yang tidak terbangun dan terekskalasi di anime ini. Perlahan-lahan dan memastikan tereksplor dengan baik. Tidak terburu-buru, namun elok. Semua berkat Nanachi. Sederhananya, dan mungkin kasar, Nanachi mengisi kekosongan yang ada karena minimnya konflik di awal episode. Nanachi adalah sosok yang waspada, mengawasi Riko dan Reg dari jauh sebelum memutuskan untuk menolong mereka berdua. Ia memiliki rasa persahabatan yang kuat dengan Mitty, merawatnya walaupun wujudnya telah berubah. Ada juga kelicikan yang jenaka pada caranya berkelit dengan Reg. Sosok Nanachi berlimpah dengan karakter dan emosi, sehingga ia seolah benar - benar ada di sana. Ia tidak sekedar digambar hanya untuk menaikkan ketegangan. Saat Made in Abyss mulai terasa agak statis karena penonton terlalu sering menonton Reg dan Riko, Nanachi mengembalikan warna anime ini.

Art

Made in abyss sebuah anime yang memiliki Art/grafis yang bisa dikatakan anti-mainstream. Ada sebagian orang yang menilai grafisnya kurang bagus, padahal menurut saya pribadi bukan tidak bagus hanya tak biasa saja. Setelah saya menonton animenya beberapa episode akhirnya menjadi terbiasa dan malah saya suka banget dengan desain karakternya yang terlihat imut - imut. Owh iya, walaupun style-nya terlihat imut namun dibeberapa episode cukup sadis lho.

Ost
Lagu Opening yang berjudul “Deep in Abyss dan Lagu Ending yang berjudul “Tabi no Hidarite, Saihate no Migite,” juga akan dibawakan oleh mereka dan Shiori Azawa. Opening dan Endingnya pun dibuat imut sehingga ada yang bilang kalau anime ini dibuat imut biar kalau sampai kena tusuk, berdarah, atau mati akan masih imut.  Sampai ada yang membuat meme yang mengatakan menonton Made in Abyss harapannya akan seperti dora the explorer namun yang mereka dapatkan adalah pendarahan, depresi, dan ada sedikit "gore".

Overall
Jalan Cerita : 9.5 / 10
Karakter : 8.5 / 10
Art : 8 / 10
Ost : 8 / 10
Made in Abyss : 8.5 / 10

Anime ini juga cukup lucu dengan humor - humor kecil yang masih membuat para penonton terhibur. Kalau saya sangat merekomendasikan menonton anime ini, apakah kalian berminat?

Next

Related


EmoticonEmoticon