December 08, 2017

[Review Anime] Summer Wars


Kali ini, saya akan mereview anime Movie yang saya rasa salah satu anime dengan story terbaik yang saya pernah nonton. Dan judul Filmnya adalah “Summer Wars”.

Judul : Summer Wars
Tanggal Rilis : 1 Agustus 2009
Episode : 1
Durasi : 1 Jam 54 Menit 
Genre : Sci-Fi, Comedy
Sumber Cerita : Original
Studio : Madhouse

Sinopsis
Summer Wars adalah film buatan Madhouse yang bercerita tentang Kenji Koiso, remaja berumur 17 Tahun yang pintar matematika dan Natsuki Shinohara serta keluarganya yang merayakan ulang tahun neneknya yang ke - 90 Tahun. Tapi saat perayaan ulang tahun neneknya itu, Keluarga Natsuki dan Kenji terlibat dalam perang cyber melawan AI yang mencoba menguasai dunia virtual OZ.

Jalan Cerita

Seperti kebanyakan anime Movie, Summer Wars menggunakan cerita berbasis continuous, dimana alur ceritanya bergerak maju. Bagi saya, cerita anime ini tidak terlalu kompleks tapi saya tidak bisa bilang kalau ceritanya simpel. Ceritanya saya bisa bilang unik karena susah diprediksi (pada saat battle juga memang saya tidak menyangka bahwa ada battle lagi). Untuk pacingnya sendiri, film ini tidak terlalu terburu-buru dan tidak terlalu lambat. Unsur komedinya juga lucu, dramanya juga terasa sekali. Endingnya membuat kita semua lega setelah menonton begitu banyak battle yg membuat kita tegang.

Karakter
Sang protagonis (Kenji Koiso) adalah salah satu karakter yang menurut saya pintar tapi dalam hal tidak wajar. Tapi dia bisa mengembangkan kepintarannya dalam alur cerita ini. Menurut saya, setiap karakter kurang realistik dalam bereaksi di setiap situasi dan event. Antagonisnya sendiri mempunyai motivasi yaitu ingin tahu segalanya sampai sampai menguasai sebuah dunia virtual cuma untuk “keingin tahuannya”. Supporting characternya sih, terlalu banyak. Karena keluarga Jinnouchi berjumlah sekitar 20 orang yang menurut saya terlalu banyak bagi keluarga yang tinggal di satu rumah.

Art
Artnya sendiri hampir seperti Studio Ghibli dimana backgroundnya terlihat realistik sedangkan karakternya sendiri tidak. Madhouse memang membuat karakter pada anime-animenya (Toki wo Kakeru Shoujo dan Ookami Kodomo no Ame to Yuki) seperti karakter CGI. Meskipun begitu, style karakter dan backgroundnya tetap bisa menyatu. Dari pengamatan saya, animasi karakternya agak terlihat kaku. Semua karakter yang ada di anime ini terlihat unik dan tidak ada yang mirip dengan anime - anime buatan Madhouse lainnya sehingga kita mudah menceritakan bagaimana bentuk dan tampang karakternya.

Ost
Setiap seiyuu-nya cocok dengan karakter yang dimainkannya. Dan sesuatu yang membuat saya tercengang adalah, Seiyuu sang Protagonis (Kenji Koiso) sama dengan protagonis dari Kimi no Na Wa (Taki Tachibana). Background Musicnya cocok juga dengan scene yang ada. Dimana semua BGMnya itu mengandung genre Electronic dan sedikit Klasik. Dalam beberapa scene, memang saya tidak menyadari BGMnya. Untuk lagu Endingnya sendiri saya tidak terlalu perhatikan karena saya memang skip creditnya.

Overall
Jalan Cerita : 9.5 / 10
Karakter : 9 / 10
Art : 9 / 10
Ost : 8 / 10
Summer Wars : 9.2 / 10

Saya sendiri sangat menyukai anime ini karena ceritanya yang unik, dan setiap karakter saling membantu satu sama yang lain dalam perang cyber itu. Meskipun menurut saya anime ini bagus, saya mungkin tidak ingin menonton ulang/rewatch lagi anime ini kedepannya (kecuali nonton bersama teman atau keluarga) karena list Currently Watching saya yang lumayan padat. Saya bisa saja mengingat anime ini karena sifat kekeluargaannya yang sangat kuat dan jenis cerita yang memang saya sukai.

Next

Related


EmoticonEmoticon