December 03, 2017

[Review Anime] Sasameki Koto


Kali ini saya akan mereview anime lawas berjudul Sasameki Koto. Untuk mengemat waktu, lanjut ke inti pembahasan saja.

Judul : Sasameki Koto
Tanggal Rilis : 8 Oktober 2009
Episode : 13
Durasi : 24 Menit per Eps
Genre : Comedy, Romance, School, Shoujo Ai
Sumber Cerita : Manga
Studio : AIC

Sinopsis
Murasame Sumika populer di sma keunggulan nya dalam menandai dan olahraga. Namun, dia memiliki rahasia: ia jatuh cinta dengan teman sekelasnya Kazama Ushio. Ushio juga memiliki keinginan untuk mencintai sesama perempuan, tapi ia belum menyadari perasaan Sumika dan selalu ditolak oleh gadis - gadis lain.

Jalan Cerita
Jadi ceritanya tentang Murasame Sumika yang cintanya bertepuk sebelah tangan. Dia ini suka sama Kazama Ushio, yang bisa dibilang sahabat baiknya. Hanya saja, Kazama ini lesbi, dia sangat suka sama cewek dan enggak sadar cintanya Murasame. Soalnya dia ini punya syarat cewek yang dia sukai, yaitu harus cantik. Nah, dia ini menilai Murasame tidak seperti itu, melainkan cewek yang kuat dan perhatian terhadapnya. Murasame sendiri tahu kalau cintanya tidak mungkin terbalas, jadi yang dia lakukan cuma bisa melihat dan mendukung Kazama dari belakang. Tapi, apa benar hanya itu saja? Omong - omong, Kazama ini kalau sudah suka sama cewek lain, dia bakal curhat ke Murasame. Dan bagaimana perasaan Murasame? Sakit! Iya, benar! Gimana enggak kalau yang disukai malah ngomongin orang lain?. Satu hal yang membuat saya suka, saya nungguin cintanya Murasame terbalas. Dan prosesnya itu menarik banget buat diikuti. Kadang suka diselipkan adegan lucu, jadi enggak bosan juga nontonnya. Cuma satu yang bikin enggak menarik, alurnya lambat banget. Sampai bikin gereget nunggunya. Terus bagaimana cintanya Murasame? Apa Kazama sadar? Soal itu silakan nonton sendiri, yang jelas ada adegan di mana Kazama cemburu ketika melihat Murasame dengan orang lain.

Karakter
Saya enggak akan menjelaskannya karakternya satu-persatu. Yang jelas sih perkembangan karakter terutama Kazama sama Murasame itu bagus dan menarik buat diikuti. Meski alurnya memang bisa dibilang sangat lambat, tapi justru di sini yang bikin perasaan penonton dicampur aduk. Oh iya, di sini enggak cuma menceritakan kisah cinta mereka berdua lho. Ada juga pasangan Yuri yang lain, yaitu Tomoe Hachisuka sama Miyako Tamae. Dan yang tahu kalau mereka pasangan adalah Murasame. Dia sadar waktu lihat mereka berciuman di kelas, tapi peran mereka di sini hanya sebatas karakter pendukung. Cerita utama tetap ada di Murasame x Kazama, yang didukung oleh Tomoe dan Miyako. Yap, mereka tahu kalau Murasame bertepuk sebelah tangan, dan itu ketahuan banget! Cuma Kazama-nya saja yang enggak peka.

Art
Yang mengerjakan adalah Studio AIC, atau Anime International Company, yang diproduseri oleh Flying Dog. Dan ini adalah anime yang dirilis tahun 2009 musim gugur, Jadi jangan salahkan grafis kalau gambarnya aneh. Tapi menurut saya grafis seperti ini sudah paling bagus kok, apalagi dibuat tahun 2009. Malahan enggak berasa kalau ini merupakan anime lawas.

Ost
Lagu Pembuka: Kanashii Hodo Aoku oleh Natsumi Kiyoura dan Lagu Penutup: Niji-iro Pocket oleh Natsumi Kiyoura. Jujur saya enggak begitu suka sama lagu pembukanya. Alunannya bikin merinding, tapi bukan horor, dan saya benci itu, soalnya berasa melambangkan kisahnya Murasame yang bertepuk sebelah tangan. Tapi kalau lagu penutupnya saya suka, lebih ceria dibanding lagu pembukanya. Efek - efek suara ditambah lagu latar menurut saya juga sudah bagus, pas dan enak. Sampai enggak kerasa karena saya terlalu hanyut dalam cerita, huehehe.

Overall

Jalan Cerita : 7 / 10
Karakter : 8 / 10
Art : 7 / 10
Ost : 8.5 / 10
Sasameki Koto : 7.5 / 10

Kalau soal anime ini, menurut saya tergantung dari yang nonton. Kalau suka Yuri, pasti bakal suka banget. Dan kalau ada yang suka Drama, yang sabar nungguin kisah bagusnya kayak Kuzu no Honkai, mungkin juga bakal suka.

Next

Related

1 komentar

Anime ini emang keren, tapi sayang endingnya belum terlalu jelas.. yang paling kasihan itu si murasame yang cintanya bertepuk sebelah tangan mulu.. seandainya ini anime ada lanjutannya yang dimana si kazame mulai menyadari kalo si murasame suka sama di kazame ini wkwkkw.. aku yang liat aja gak terima baper, tapi sakit juga liat dia cintanya bertrpuk sebelah tangan dan gak kebales lagi.. sakit sekale dah 😌😂


EmoticonEmoticon