December 02, 2017

[Review Anime] Little Witch Academia (TV)


Review kali ini saya akan membahas anime Little Witch Academia. Baiklah, langsung saja simak reviewnya.

Judul : Little Witch Academia (TV)
Tanggal Rilis : 9 Januari 2017
Episode : 25
Durasi : 24 Menit per Eps
Genre : Adventure, Comedy, Magic, Fantasy, School
Sumber Cerita : Original
Studio : Trigger

Sinopsis
Berpusat pada seorang gadis bernama Atsuko yang semasa kecilnya pernah melihat sebuah pertunjukan sihir yang dilakukan oleh Shiny Chariot. Dia terkagum-kagum dengan sosok Shiny dan bertekat ingin menjadi penyihir seperti Shiny. Bertahun-tahun kemudian, setelah dia beranjak remaja, Atsuko berhasil bersekolah di sebuah akademi penyihir yang keseluruhan muridnya adalah perempuan. Masalahnya di sini adalah, Atsuko itu hanya gadis normal yang tidak memiliki warisan ilmu sihir. Sedangkan teman-temannya yang lain bahkan telah belajar mengendarai sapu sejak mereka masih muda.

Jalan Cerita
Bercerita tentang Akko yang ingin menjadi penyihir seperti Shiny Chariot. Karena dia bukan dari keluarga penyihir, jadi semua sihir yang ia lakukan sangat lemah, bahkan tampak tak berguna. Episode satunya sama seperti movie pendeknya yang duluan rilis tahun 2013. Di mana Akko melihat pertunjukkan sihir Shiny Chariot, kemudian terpesona dan ingin menjadi penyihir. Kemudian dimulailah petualangan Akko dengan pertama kali pergi ke akademi sihir. Di perjalanan, dia bertemu dengan Sucy Manbavaran dan Lotte Yansson. Di akademi, Akko selalu diejek oleh siswi lain karena menyukai Chariot. Di dunia sihir, tidak seorang pun memandang tinggi sihir Chariot. Mereka menganggap Chariot adalah penipu yang melakukan pertunjukkan demi ketenaran. Intinya hanya sekadar pamer. Di Movie sebelumnya Akko menemukan tongkat tujuh bintang atau disebut Shiny Rod. Nah, di sini dia juga menemukannya tapi tidak tahu cara memakainya. Saya sendiri sampai episode 7 belum tahu apa yang membuat Akko bisa menggunakan Shiny Rod. Malahan selama 7 episode ini, Akko baru bisa mengaktifkan kekuatan Shiny Rod di episode satu. Itu pun pakai kekuatan yang sama seperti pada movie sebelumnya. Terlepas dari itu, cerita yang disajikan sangat santai. Tidak terlalu serius tapi tetap ada unsur sihirnya. Bahkan disetiap episode bisa dikatakan memiliki cerita berbeda yang tidak berlanjut. Sudah seperti anime bergenre Slice of Life (keseharian), karena setiap episodenya tidak ada kaitannya. Tapi tetap layak diikuti karena berisi perkembangan Akko dalam belajar sihir. Selain itu, anime ini tidak hanya berisi cewek - cewek penyihir, lo. Di episode 6 ada cowoknya juga. Namanya Andrew Hanbridge. Cerita dia berkunjung ke akademi penyihir. Meski saya tidak tahu untuk apa kemunculan cowok di sini. Rasanya seperti tidak ada gunanya, tapi lumayan buat tambahan.

Karakter
Di sini saya sedikit membahas tentang Chariot. Beberapa kisah tentang Chariot sedikit dibahas di episode 6. Dia sama seperti Akko yang sangat ingin menjadi penyihir. Dan saat ini tidak ada yang tahu di mana keberadaannya. Tapi, saya dan mungkin kalian juga merasa kalau Shiny Chariot adalah Bu Ursula. Ini terlihat dari gerak-geriknya yang mencurigakan. Selain itu, pengisi suaranya juga sama seperti Shiny Chariot, yaitu Noriko Hidaka. Saya masih menunggu perkembangan bagusnya Atsuko Kagari (Akko). 

Art
Sama seperti Movie sebelumnya, grafis seperti ini jarang ditemui. Malahan jadi kayak anime lawas. Tapi justru itu menariknya. Saya lebih suka grafis seperti ini, karena memiliki ciri khas sendiri dan gerakannya yang leluasa. Oh iya, di episode 2 dan 6 bagian pewarnaan ternyata dilakukan oleh Studio Creators in Pack Jakarta. Bukti gambar bisa dilihat di atas. Sekadar informasi, Creators in Pack merupakan studio Jepang yang memiliki cabang di Jakarta dan Yogyakarta. Sebelum studio ini juga pernah menangani pewarnaan di anime Kuromukuro dan Charlotte.

Ost
Lagu Pembuka: Shiny Ray oleh YURiKA dan Lagu Penutup: Hoshi wo Todoreba 「星を辿れば」 oleh Yuiko Ohara 「大原ゆい子」. Enggak komentar deh, tapi cuma sekadar memberitahu. Lagu pembukanya mengilustrasikan kehidupan Akko. Selain itu, efek suaranya kalau pas adegan sihir juga cukup bagus.

Overall

Jalan Cerita : 9 / 10
Karakter : 7 / 10
Art : 7 / 10
Ost : 7.5 / 10
Little Witch Academia (TV) : 8 / 10

Bagi yang suka nonton anime tentang sihir - sihir, enggak ada salahnya nonton anime ini. walaupun grafisnya kayak anime lawas tapi cocok lah ditonton di waktu senggang. 

Next

Related


EmoticonEmoticon