December 02, 2017

[Review Anime] Ping Pong The Animation


Sekarang mau review anime tahun 2014, judulnya Ping Pong The animation atau tenis meja. Awalnya saya enggak tertarik, seriusan. Enggak ada niatan mau nonton ini. Tapi malah nemu judul ini dan akhirnya saya tonton. Total episode ada 11. Awal episode disungguhin cerita yang unik, tapi …. Selengkapanya cek ke bawah saja deh.

Judul : Ping Pong The Animation
Tanggal Rilis : 11 April 2014
Episode : 11
Durasi : 23 Menit per Eps
Genre : Psychological, Seinen, Sports
Sumber Cerita : Manga
Studio : Tatsunoko Production

Sinopsis
Makoto Tsukimoto adalah seorang pendiam yang sudah berteman denga Yutaka Hoshino sejak kecil. Mereka berdua di klub tenis meja dan keduanya memiliki bakat alami untuk bermain ping pong, meskipun Makoto sendiri selalu mencegah dia menang melawan Peco. Pelatih klubnya, memberitahuan bakat terpendam Makoto dan mencoba untuk melatihnya menjadi pemain Ping Pong terbaik.

Jalan Cerita
Ceritanya tentang Ping Pong. Iya, memang. Judulnya saja Ping Pong The Animation. Yang unik adalah konsep ceritanya. Ada dua pemain tenis meja bernama Yutaka Hoshino atau biasa disebut Peco dan Makoto Tsukimoto atau biasa disebut Smile. Smile ini sering di bully di kelasnya. Orangnya enggak punya emosi, kecuali kalau sama Peco. Suatu hari, Smile diajak main tenis meja sama Peco. Terus ketagihan, akhirnya jadi pemain hebat. Sama - sama masuk klub tenis di sekolahnya, tapi yang paling dipandang adalah Smile. Soalnya meski sering kalah bermain, tapi pelatihnya melihat kalau Smile sengaja mengalah. Sedangkan Peco ini sombong, jadi jarang ada yang mau menggaulinya. Kalau dilihat, tokoh utamanya jelas Smile, ‘kan? Ternyata saya salah, tokoh utama di sini adalah Peco. Smile di sini sudah jarang, atau malah enggak pernah tersenyum lagi. Menang, kalah, seri, dipukul pun tetap saja tanpa emosi. Terlepas dari itu, yang membuat Smile hebat adalah ketika dia terdesak. Saat terdesak, Smile selalu memanggil nama pahlawan tiga kali. Tiba - tiba teknik dan cara bermainnya berubah drastis. Bahkan sering disebut pemain robot, karena gerakannya yang cepat tanpa emosi, selain itu sangat sempurna hingga tidak terlihat kelemahannya. Yang menarik, siapa tokoh pahlawan yang sering disebut Smile? Nah, ternyata pahlawan itu adalah Peco sendiri. Smile disebut smile bukan karena tidak pernah tersenyum, tapi karena selalu tersenyum ketika bermain tenis meja. Hanya saja, senyuman itu hilang ketika Peco menjadi lemah. Smile menganggap Peco adalah pahlawannya, dan selalu yakin kalau Peco akan menang, karena memang Peco hebat. Peco pun tahu betul kalau Smile menunggu dirinya terbang, menunggu dirinya yang sesungguhnya bangkit. Bukan sekadar sombong tanpa bukti. Tapi Peco memang membuktikan kalau dirinya kuat.

Karakter
Sepertinya enggak perlu saya jelaskan panjang lebar tentang karakternya. Yang jelas, selain dua tokoh yang sebutkan di atas (Peco dan Smile), ada tokoh lain yang lumayan jadi sorotan, yaitu Wenge Kong. Pemain Tenis Meja asal Tiongkok yang dipindahkan ke Jepang karena permainannya di Tiongkok terbilang jelek. Sebagai hukuman, dia dipindahkan ke Jepang dan malah menjadi pelatih di salah satu sekolah di Jepang. Lalu Manabu Sakuma, atau biasa disebut iblis. Dia enggak punya bakat tenis meja. Tapi dia percaya kalau terus berlatih, dia pun bisa menjadi seperti Peco. Terbukti, di pertandingan dia mengalahkan Peco. Meskipun itu tidak bertahan lama. Ryuuichi Kazama, dialah yang disebut-sebut sebagai lawan terkuat. Ibarat kata bos terakhir. Julukannya Dragon. Dia ini pengin banget rekrut Tsukimoto untuk pindah ke sekolahnya karena menurutnya permainan Tsukimoto sangatlah bagus dan tak tertandingi.

Art
Kalau boleh jujur, grafisnya asli jelek banget. Asli, dah! Tapi lihat ratingnya di MAL. Tembus angka 8! Memang cerita enggak bisa bohong. Saya saja ketagihan karena ceritanya yang menarik. Meski saya akui grafisnya jelek banget. Malah kayak baca komik. Soalnya setiap ada gerakan banyak, kayak pas bermain tenis meja, pasti gambarnya diubah jadi kayak komik. Mungkin untuk menghemat gerakan.

Ost
Lagu Pembuka: Tada Hitori 「唯一人」 oleh Bakudan Johnny 「爆弾ジョニー」dan Lagu Penutup: ‘Ano Hero to’ Bokura ni Tsuite 「あのヒーローと” 僕らについて」 oleh Merengue 「メレンゲ」. Dua-duanya bagus, asli saya suka. Terutama lagu penutupnya. Terlepas dari itu, efek, latar suara, dan beberapa soal musik lainnya benar - benar berpadu dengan baik. Jadi grafisnya bisa tertutupi dengan suara yang enak didengar.

Overall

Jalan Cerita : 9 / 10
Karakter : 8.5 / 10
Art : 5 / 10
Ost : 9 / 10
Ping Pong The Animation : 7.5 / 10

Saya sih menikmati anime ini. Tapi kenapa “sih”? Soalnya grafisnya agak mengganggu, ahahaha. Tapi saya berani bilang kalau cerita dari anime ini sangat bagus. Enggak heran ratingnya bisa tembus angka 8 lebih di MAL.

Next

Related


EmoticonEmoticon