December 09, 2017

[Review Anime] Sakurasou no Pet na Kanojo


Kali ini saya akan mereview salah satu anime favorit saya, anime yang mengisahkan tentang kehidupan sehari-hari Kanda Sorata di Sakurasou.

Judul : Sakurasou no Pet na Kanojo

Tanggal Rilis : 9 Oktober 2012
Episode : 24
Durasi : 23 Menit per Eps
Genre : Comedy, Drama, Romance, School, Slice of Life
Sumber Cerita : Light novel
Studio : J.C.Staff

Sinopsis
Kanda Sorata murid kelas 2 Suimei High School, dipindahkan ke asrama Sakurasou karena ia memelihara setiap kucing terlantar yang dia temui. Ia merasa tidak cocok tinggal di Sakurasou, karena perilaku penghuninya yang aneh. Teman Sorata, Nanami mengusulkan kepada Sorata agar ia mencarikan kucing-kucingnya pemilik baru, sehingga ia bisa pindah lagi ke asrama di sekolahnya. Tetapi keinginannya untuk pindah menjadi ragu, karena datangnya murid kelas 2 dan seniman terkenal dunia, Mashiro Shina.

Jalan Cerita

Cerita dari anime Sakurasou ini sangat bagus, hubungan persahabatan yang awalnya renggang menjadi sangat dekat. Romance di anime ini tidak terlalu ditonjolkan bahkan ending anime sangat menggantung bagi saya, saya mengharapkan season 2 dari anime ini. Hubungan persahabatan yang erat, benar - benar bikin saya terharu pas lagi nonton nih anime. Anime ini juga lumayan banyak fan service-nya loh. Story dari Sakurasou berhasil menghadirkan Romance - Comedy dengan perpaduan yang pas, bagian romancenya cukup membuat kita tersentuh, tapi selalu diselingi dengan adegan - adegan comedy yang kocak karena kelakuan para karakter yang seringkali mengundang tawa walapun lumayan ecchi kadang - kadang (-___-)". Untuk love storynya khususnya, perkembangan hubungan antara Sorata dan Mashiro sebagai lead couple sendiri menurut saya semakin kebelakang malah jadi kalah "stabil" dan kisah romance yang terjadi terlalu sedikit bila dibandingkan dengan perkembangan hubungan antara Sorata dengan Nanami sebagai "third person"nya, karena hubungan Mashiro dan Sorata lebih banyak dibumbui dengan konflik personal yang dirasakan Sorata, antara perasaan cinta dan kagumnya pada Mashiro, sekaligus perasaan cemburu dengan bakat Mashiro yang luar biasa. Meskipun begitu, Sakurasou tetap berhasil masuk ke dalam nominasi Anime Bergenre Romance Terseru dan Juga Terbaik yang Ngenah untuk Ditonton.

Karakter
Kali ini saya akan bahas karakter yang dekat di sekitar karakter utama saja. Kanda Sorata, Karakter utama yang satu ini menurut saya emosinya labil, suka ngelampiasin amarahnya ke Mashiro, tetapi diantara teman-temannya yang lain dia yang paling peduli sama Mashiro. Awalnya ngebet banget pengen buru - buru pindah ke asrama reguler, tetapi setelah Mashiro datang, dan dia merasakan hangatnya persahabatan di Sakurasou yang tidak dapat dia temui di asrama reguler, dia akhirnya mutusin untuk tetap tinggal di Sakurasou. Shiina Mashiro, female character favorit saya. Karakter yang satu ini cantik - cantik tapi polosnya kebangetan, bahkan pake baju sendiri aja gak bisa, biasa diurusin sama Sorata. Tapi justru karakter polosnya ini yang membuat saya gemes. Aoyama Nanami, dia ini karakter keras kepalanya minta ampun, terlalu memaksakan diri, banyak yang gak suka jika Nanami berhubungan dengan Sorata, termasuk saya. Mitaka Jin, Jin ini kerjaannya main cewek terus, alias playboy. Tapi dia karakter yang sikapnya paling dewasa diantara karakter - karakter yang lain. Dia juga biasa jadi tempat curhatnya Sorata. Kamiigusa Misaki, Cewek yang satu ini bener - bener hyper-aktif, petakilan, tingkahnya seperti anak kecil. Tapi bisa dibilang dia jenius dalam membuat anime. Dan yang terakhir Akasaka Ryuunosuke, Awalnya ketika saya pertama kali melihat Ryuunosuke, kirain saya dia perempuan tapi ternyata cowok. Orangnya misterius, sangat tertutup dari dunia luar, bahkan dia baru muncul di pertengahan episode. Paling benci sama cewek, kalo ngomong terang-terangan banget. Dia biasanya kalo mau ngobrol dengan yang lain melalui maid-chan, virtual assistant. jago komputer dan teknologi.

Art
Kualitas Animasi dan Artwork dalam Sakurasou cukup halus, detail dan konsisten sampai akhir, dengan setting dunia sampai character design yang manis, lembut, ceria dan colorful. Ada sedikit CG 3D yang digunakan, dan hasilnya cukup halus.

Ost
Dari segi music score, Sakurasou menggunakan 2 set kombinasi lagu OP-ED utama, yakni "Kimi ga Yume o Tsuretekita" yang dinyanyikan oleh 3 seiyuu wanita utama, yakni Ai Kayano, Mariko Nakatsu, dan Natsumi Takamori sebagai OP pertama, dikombinasikan dengan "Days of Dash" oleh Konomi Suzuki sebagai ED nya. Kombinasi kedua adalah lagu " Yume no Tsuzuki" dari Konomi Suzuki sebagai OP dan "Prime Number -Minna to Dearu Hi-" dari Asuka Oukura sebagai ED. Selain itu disertakan juga 2 insert song, yakni "I Call Your Name Again" dari Mariko Nakatsu sebagai OP khusus eps. 14, dan "Konnichi no Hi wa Sayonara" sebagai insert song di eps. akhir. Music scorenya secara overall mendukung image Sakurasou yang manis, tapi rasanya tidak terlalu impresif atau extraordinary, jadi wajar kalo gak berhasil masuk ke 20 Lagu OST Anime Terbaik untuk Mengisi Hari-hari.

Overall
Jalan Cerita : 9.5 / 10
Karakter : 9 / 10
Art : 9.2 / 10
Ost : 8.5 / 10
Sakurasou no Pet na Kanojo : 9.1 / 10

Sakurasou no Pet na Kanojo merupakan anime yang RECOMMENDED, karena selain berhasil memberikan sajian yang romance comedy yang pas di hati, Sakurasou juga dapat memberikan pelajaran dan inspirasi mengenai impian, passion dan friendship.  Udah tonton langsung aja, Sakurasou ini adalah salah satu Anime Romance Comedy yang Paling Menghibur bagi saya ^^~

Next

Related


EmoticonEmoticon