December 09, 2017

[Review Anime] Kokoro Connect


Anime garapan studio Silver Link ini diangkat dari Light novel berjudul sama yang ditulis oleh Sadanatsu Anda dan Shiromizakana sebagai ilustratornya. Anime ini menempati rating yang cukup baik di beberapa site bahkan beberapa forum mengatakan bahwa anime ini merupakan anime terbaik untuk keluaran musim panas tahun 2012 silam.

Judul : Kokoro Connect
Tanggal Rilis : 8 Juli 2012
Episode : 13
Durasi : 24 Menit per Eps
Genre : Slice of Life, Comedy, Supernatural, Drama, Romance, School
Sumber Cerita : Light novel
Studio : Silver Link.

Sinopsis
Anime ini menceritakan tentang sebuah klub bernama Klub Penelitian Budaya dimana anggota di klub ini mengalami fenomena - fenomena aneh yang terjadi pada diri mereka. Fenomena ini dimulai dari pertukaran tubuh, nafsu birahi yang keluar secara tiba - tiba dan tak bisa dikontrol, mundurnya usia anggota klub secara acak pada waktu tertentu dan fenomena membaca pikiran sesama anggota klub. Awalnya sebelum mereka mengalami fenomena ini, mereka hanyalah anggota klub biasa yang menjalani kehidupan normal layaknya remaja SMA pada umumnya. Hingga suatu hari, sesosok makhluk gaib yang merasuki tubuh Gotou Ryuuzen (Wali Klub Penelitian Budaya) datang kepada mereka dan mengatakan bahwa fenomena ini tak akan berhenti apabila dia sendiri tidak menghentikannya. Mendengar hal itu tentu membuat anggota klub penelitian budaya panik bukan kepalang. Sejak saat itu, mereka pun harus melewati hari demi hari dimana hubungan persahabatan sekaligus percintaan mereka diuji melalui fenomena -  fenomena aneh yang mereka hadapi tersebut.

Jalan Cerita
Cerita anime ini berpusat pada lima anggota dari Klub Penelitian Kebudayaan yakni Taichi Yaegashi, Nagase Iori, Himeko Inaba, Yui Kiriyama, dan Yoshifumi Aoki. Dimana kelimanya dihadapkan pada sebuah fenomena aneh yakni bertukarnya kesadaran atau tubuh dari masing - masing anggota. Dimulai dari Aoki yang bertukar kesadaran dengan Yui. Hal yang sama kemudian mulai terjadi pada anggota klub lain, yang mengakibatkan kekacauan dalam kehidupan mereka sehari-hari . Meski sangat aneh, kadang mereka dapat menikmati sensasi bertukar tubuh ditengah fenomena tersebut. Namun itu tidak berlangsung lama, karena seiring waktu, masalah demi masalah dari tiap anggota yang selama ini disembunyikan mulai terangkat berkat adanya fenomena pertukaran kesadaran serta fenomena - fenomena lanjutan yang semakin memperkeruh kisah anime ini. Di setiap arc, lima serangkai ini (Taichi, Inaban, Iori, Yui, Aoki) diperhadapkan dengan masalah - masalah yang berbeda sebagai akibat dari satu fenomena tertentu. Selalu berada dalam permainan emosi yang unik, meski di tiap arc gak langsung kelima-limanya berperan menonjol untuk menyelesaikan masalah. Akibatnya, sifat - sifat setiap karakternya menunjukkan perubahan ke arah yang lebih baik setiap arc tertentu berakhir.

Karakter
Salah satu hal yang menjadi kekuatan besar anime ini, yaitu karakternya. Di awal, mereka keliatannya cuma remaja - remaja biasa. Tapi, fenomena - fenomena supranatural tersebut menempa mereka untuk terus berubah dan jadi lebih dewasa. Kelima-limanya jadi bisa mengerti apa yang dirasakan oleh temannya yang lain dalam satu geng itu dengan baik, bisa saling menerima apa adanya sewaktu beberapa rahasia terungkap, bahkan saling menyemangati seandainya salah satunya jatuh terlalu dalam. Persahabatan mereka benar - bener diuji, karena biasanya dalam satu fenomena tertentu hubungan di antara mereka berubah renggang. Tapi mereka gak mau menyerah sama nasib. Mereka memang nggak punya solusi sempurna untuk setiap permasalahan, namun terus mencoba dengan segala sesuatu yang mereka miliki dalam diri masing - masing sampai akhirnya Heartseed datang dan ngumumin kalau fenomenanya berhenti. (kalo Heartseed udah ngerasa puas, maka fenomenanya berhenti). Jelas, suatu karakter yang bagus gak mungkin bisa dibangun kalau karakter - karakternya sendiri gak punya sesuatu yang menarik. 

Art
Sekarang, Artworknya! Untuk anime keluaran tahun 2012 tergolong standar meski tetap nyaman di mata. Kalau ada yang merasa "Wah, ini kenapa desain karakternya mirip K-ON! banget ya?", saya rasa *setengah sok tau* karena hal ini: desainer karakter untuk Light novel Kokoro Connect dan anime K-ON sama - sama Yukiko Horiguchi.

Ost
Musik...saya suka Ost Opening themenya yang berjudul “Paradigm” by eufonius. Satu lagi yang saya suka dari anime ini, yaitu BGM yang cocok untuk preview, membuat saya pun merasa gak sabar untuk nungguin episode selanjutnya sewaktu animenya masih on-going. Nice, indeed. 

Overall
Jalan Cerita : 9.2 / 10
Karakter : 9 / 10
Art : 8 / 10
Ost : 8 / 10
Kokoro Connect : 8.8 / 10

Saya memberi Kokoro Connect nilai tinggi untuk flow dramanya, pelajaran - pelajaran hidup yang bisa diambil, dan permainan emosi yang menggugah. Sangat direkomendasikan bagi kalian yang suka drama serius dengan bumbu - bumbu supranatural.

Next

Related


EmoticonEmoticon