November 13, 2017

[Review Anime] Zutto Mae kara Suki deshita.: Kokuhaku Jikkou Iinkai


Film layar lebar yang diambil dari manga seri Kokuhaku Yokou Renshuu buatan HoneyWorks (Vocaloid) ini awalnya benar - benar sangat dinanti. Saya saja sudah mendengarkan lagunya sebelum filmnya tayang. Video promosinya saja sudah membuat penasaran dengan beberapa lagu terkenal yang dipamerkan di dalamnya. Tapi ceritanya bagaimana? Itulah yang saya bahas kali ini.

Judul : Zutto Mae kara Suki deshita.: Kokuhaku Jikkou Iinkai

Tanggal Rilis : 23 April 2016
Episode : 1
Durasi : 1 Jam 3 Menit
Genre : Romance, School
Sumber Cerita : Music
Studio : Qualia Animation

Sinopsis

Enomoto natsuki punya kendala untuk mengungkapkan perasaan cintanya,lalu ia menyatakan suka kepada setoguchi yuu,namun itu hanya sebatas sandiwara.karena enomoto butuh teman latihan untuk menyatakan rasa sukanya terhadap seorang cowok.Hal ini ternyata cukup mengganggu yuu,karena ia bertanya-tanya seperti apa cowok yang di idam-idam kan oleh enomoto natsuki,sebagai teman masa kecilnya.yuu mendukung untuk mengungkapkan perasaan enomoto,tapi hal itu juga membuatnya risau karena yuu dan enomoto sudah sering bersama sejak kecil.Kira-kira bagaimana kisah selanjutnya,dan ceritanya tidak hanya mereka berdua.tapi teman mereka juga punya kisah romantis yang akan jadi pelengkap di zutto mae kara suki deshita.

Jalan Cerita

Sayangnya cerita yang diambil bukanlah sesuatu yang luar biasa. Konsepnya sama seperti pada beberapa anime romantis lainnya. Yaitu tentang cewek yang malu untuk mengutarakan cintanya, yang membuat si cewek akhirnya melakukan hal lain agar tidak diketahui cowoknya. Maksudnya begini, dalam anime ini ada beberapa karakter yang memang disorot, hanya saja lebih difokuskan ke Natsuki Enomoto dan Yuu Setoguchi. Jadi Natsuki ini suka ke Yuu tapi dia sulit untuk mengutarakannya. Jadi dia berpura-pura latihan nembak bareng Yuu. Di sisi lain, teman-temannya Natsuki pun sama. Hanya beda kasus, ada yang belum pernah pacaran, ada yang suka tapi boro - boro bilang, yang memang sama seperti Natsuki. Khusus untuk Natsuki di sini, dia memiliki alur cerita yang sedikit berbeda. Di mana ada cowok yang lain menyukainya namun dirinya tidak tahu. Nah, cinta segitiga di sini pun di mulai.

Karakter

Karakternya tidak ada sesuatu yang spesial, hanya saja hubungan antar karakter memiliki nilai khusus di sini. Seperti Natsuki dan Yuu, Akari dan Mochizuki, juga Haruki dan Miou. Masing - masing memiliki masalah yang mirip namun dengan kasus yang berbeda. Dari ketiga tersebut entah kenapa saya paling suka dengan Akari dan Mochizuki. Mereka tidak pernah mengobrol satu sama lain, tapi ketika bertemu mereka seperti ada sesuatu. Ahahaha. Kalau Haruki dan Miou sendiri sering ketemu dan jalan bareng, tapi keduanya tidak menyadari perasaannya masing-masing. Oh iya, seperti yang katakan sebelumnya, anime ini lebih difokuskan ke Natsuki dan Yuu. Jadi cerita tokoh lain hanya pendukung dan hingga akhir tidak selesai. Eh, tunggu. Saya baru sadar yang menyuarakan Natsuki Enomoto ternyata Mbak Haruka Tomatsu, yang menyuarakan Asuna Yuuki di Sword Art Online. Tapi saya malah enggak tahu kalau itu seiyuunya Asuna, suaranya malah lebih mirip Hana Miyakoshi dari anime WWW.Working!!

Art

Saya waktu nonton anime ini dengan kualitas 480p, rasanya ada sesuatu yang sedikit berbeda dengan anime movie lainya. dan benar saja, Zutto mae kara suki deshita hadir dengan kualitas Art seperti anime serial tv musiman (setara art j.c.staff tapi tidak lebih dari kyoto animation). Saya menganggap hal ini antara unik atau kurang puas. unik karena mungkin dengan Art  kelas menengah mungkin saja para penontonnya punya pendapat yang bagus dengan penggunaan Art yang wow, atau mungkin juga produser animenya hanya punya budget yang terbatas. Kurang puasnya karena anime versi movie untuk yang terbaru tentu menggunakan Art yang luar biasa bagusnya. mungkin saja orang yang nonton anime ini ketika perdana tayang di bioskop merasa ada yang kurang lengkap sampai kecewa dari sisi Artnya.

Ost

Music menjadi salah satu penilaian yang cukup penting kali ini, anime movie dengan durasi 1 jam 3 menit lebih ini ada Opening musicnya dengan judul “koi iro ni sake” by CHICO with honeyworks. di scene Openingnya terlihat bunga sakura berguguran (mungkin artinya cerita dimulai pada musim semi). Ending music dengan judul “Ippun Ichibyou Kimi to Boku no” by Honeyworks meets Sphere. lagu ini memberikan pesan perpisahan yang bahagia, karena beberapa karakter merasa hidupnya sempurna karena masalah percintaannya telah teratasi, dan mungkin juga musik penutup anime yang membuat beberapa karakter lainya kecewa karena belum mulai perang sudah kalah duluan. Untuk efek suara saya enggak komen deh, yang jelas mah sama kayak anime romantis lainnya. Cuma yang membedakan insert songnya ini yang bagus.

Overall

Jalan Cerita : 8.8 / 10
Karakter : 8.6 / 10
Art : 8.4 / 10
Ost : 9 / 10
Zutto Mae kara Suki deshita.: Kokuhaku Jikkou Iinkai : 8.5 / 10

Kalau dibuat seri TV dengan konsep yang sedikit diubah biar enggak bosan kayaknya bagus, deh. Apalagi enggak cuma sebatas pada satu tokoh. Yah, untuk hiburan dan mengisi waktu luang menurut saya anime ini cukup layak buat ditonton.



Next

Related


EmoticonEmoticon