November 21, 2017

[Review Anime] Zankyou no Terror


Zankyou no Terror. Anime yang bercerita terorisme yang jarang saya temui. Cerita dari anime ini sangat bagus. Dan sekilas saat menontonnya saya jadi ingat beberapa anime lain seperti Mirai Nikki dan Death Note.

Judul : Zankyou no Terror
Tanggal Rilis : 11 Juli 2014
Episodes : 11
Durasi : 22 Menit per Eps
Genre : Mystery, Psychological, Thriller
Sumber Cerita : Original
Studio : MAPPA

Sinopsis
Anime ini menceritakan bagaimana Tokyo diserang oleh teroris yang munculnya tiba-tiba dan hanya menampakkan diri mereka dalam video yang diunggah di internet. Polisi pun sampai kewalahan dalam menenangkan orang-orang dan memecahkan petunjuk yang diberikan oleh si teroris yang selalu diunggah di internet sebelum kejadian teror dimulai. Sewaktu dunia mencari siapa yang melakukan kejadian teror yang terjadi muncullah dua orang anak yang membawa rencana besar dengan kode nama Nine dan Twelve. Mereka bergabung dan mempunyai nama lain yaitu “Sphinx” yang mempunyai misi untuk menekan pelatuk terhadap dunia ini.

Jalan Cerita
Anime ini bercerita tentang seorang terorisme yang melawan kepolisian. Benar, karena anime ini mirip dengan Death Note dimana di dalam kepolisian terdapat seorang detektif yang handal yang melawan dua orang remaja yakni si terorisme itu. Dan dua remaja itu yakni Nine dan Twelve kini masih belum jelas apa motif aksi terorismenya tersebut. Nah, dari nama ini saya jadi ingat Mirai Nikki dimana setiap tokoh memiliki nama samaran berupa angka. Namun di Zankyou no Terror hingga saat ini saya baru menemukan Nine, Twelve, dan Five. Mereka awalnya merupakan anak yang terlantar namun sangat cerdas. Five yang dulunya teman main dari Nine (Arata Kokonoe) dan Twelve (Touji Hisami) sekarang menjadi musuh. Bahkan hingga episode 7 pun saya masih belum menangkap jelas jalan ceritanya dari anime ini. Pasalnya saya masih belum tahu apa motif dari Sphix meneror Tokyo. Dan anehnya, mereka berdua membuat teka-teka yang sengaja agar bisa dipecahkan oleh sang detektif handal (Kenjirou Shibazaki). 

Karakter
Penggambaran sifat karakter sangat bagus. Ada karakter seorang gadis yang mudah tertekan disini, dan dia memiliki sifat yang begitu tidak menyenangkan. Tapi hal itu membuat suasana menjadi panas. Dan sifat sang detektif yang mudah ditebak, kaku, sedikit egois, namun cerdas.

Art

Sekilas, saya jadi ingat anime Aku no Hana. Meski penggambarannya masih lebih baik Zankyou no Terror. Grafis dari anime ini menurut cukup bagus, digambar dengan sangat baik mendekati realita. Ada pula adegan dimana gedung runtuh, penggambaran itu menurut saya sangat menakjubkan. Desain dari sang karakter juga sudah cukup menurut saya. Namun penggambaran dari karakter Shibazaki sedikit membuat saya kecewa.

Ost
Efek suara yang diberikan cukup membuat suasana sedikit mencekam. Lagu pembuka dan penutup saya tidak begitu perhatiin, tapi dari penggambarannya sepertinya si pembuat ingin membuat kita merasakan penderitaan dari sang tokoh.

Overall
Jalan Cerita : 9 / 10
Karakter : 9 / 10
Art : 8.5 / 10
Ost : 8 / 10
Zankyou no Terror : 8.4 / 10

Saya sangat suka setiap adegan di anime ini, banyak adegan yang membuat jantung berdebar dan kita dibuat penasaran. Kita juga secara tidak langsung akan diajak untuk menebak sebuah teka-teki yang diberikan dari terorisme. Bahkan saking nikmatnya nonton, saya jadi lupa beberapa elemen kelemahan dalam anime ini, seperti penggambaran karakter Shibazaki yang membuat saya sedikit kecewa.

Next

Related


EmoticonEmoticon