November 25, 2017

[Review Anime] Terra Formars


Kecoa, binatang kecil yang terkadang kita (manusia) bunuh tanpa belas kasihan. Dan pada anime ini, justru semua itu dibalik dan menjadi sebuah mimpi buruk yang mengerikan.

Judul : Terra Formars
Tanggal Rilis : 27 September 2014
Episode : 13
Durasi : 24 Menit per Eps
Genre : Action, Sci-Fi, Space, Horror, Drama, Seinen
Sumber Cerita : Manga
Studio : LIDENFILMS

Sinopsis
Ceritanya berada di masa depan, yaitu di planet Mars pada abad 26-27. Latar belakangnya adalah karena populasi bumi sudah semakin padat & kekurangan sumber energi, maka ilmuwan memikirkan bagaimana caranya agar manusia tetap mempunyai lahan untuk hidup, dan yang menjadi targetnya adalah planet tetangga: Mars. Proyek inilah yg dinamakan “Terraforming project”, intinya menciptakan kondisi Mars menjadi stabil, agar manusia bisa hidup di sana. Teorinya adalah: “Jika kita melepaskan sejumlah besar lumut dan “Black organism” ke mars, maka mars akan mulai menjadi hangat dan menyerap cahaya matahari” dan “Black organism” yang dipilih ternyata adalah kecoa!

Jalan Cerita
Settingnya ceritanya kebanyakan berada di wilayah mars dimana terdapat banyak alien yang ingin di ambil sempelnya. Tokoh utamanya kayaknya Akari, Dia yang memiliki kekuatan tanpa harus mendapatkan suntik seperti memiliki emban untuk bisa membantu teman-temannya. Konsep cerita dikemas dengan cukup baik dengan membuat fiksi menjadi fakta dan fakta menjadi fiksi. Jujur saja, saya tidak tahu kenapa bisa ada kecoa di Mars. Saya lupa diepisode 1 diceritakan atau tidak. Yang penting ceritanya cukup bagus, seperti yang katakan sebelumnya. Ada juga seorang narator yang kadang sambil menjelaskan ” apa yang sebenarnya terjadi”, “apa itu”, dan semacamnya. Dramanya juga dapat, ada beberapa adegan yang membuat saya terharu.

Karakter
Saya terlalu malas untuk menulis sifat dari setiap karakter. Yang jelas, sudah dibuat dengan cukup baik, karena setiap karakter memiliki kilas balik yang membuat penonton mengerti “kenapa dia melakukan hal itu”, dan itu cukup membuat beberapa adegan sedih dan mengharukan.

Art
Penambahan 3D dalam anime ini menambah nilai plus mengingat peperangan antara manusia yang jumlahnya sedikit melawan para kecoa yang berjumlah ribuan. Bukan hanya itu saja sih sebenarnya, namun. Animasinya lebih menunjukkan ekspresi para manusia ketika menghadapi para kecoa. Ekspresi ketika melihat bagaimana para kecoa itu membunuh dan memburu manusia. Kalau kecoa sih tanpa ekspresi. Jadi penekanan pshychologikal kerasa sekali.

Ost
Jujur saya lebih menyukai lagu penutup dibanding pembuka. Entahlah, saya selalu melewati bagian pembuka. Dan untuk efek suara menurut saya penuh dengan suara pukul, loncat, tendang, atau apapun itu ketika bertarung. Yah, memang anime ini penuh aksi.

Overall
Jalan Cerita : 8.5 / 10
Karakter : 8 / 10
Art : 8 / 10
Ost : 7.5 / 10
Terra Formars : 8 / 10

Ada beberapa adegan yang membuat mata saya ditutup dengan tangan. Yah …, soalnya sedikit mengerikan karena cerita sedikit mudah ditebak. Tapi saya menikmatinya.

Next

Related


EmoticonEmoticon