November 11, 2017

[Review Anime] Steins;Gate


Kali ini saya akan mengulas tentang anime yang sangat wajib semua orang harus tahu, Steins;Gate. Anime yang digarap oleh studio White Fox, diadaptasi dari Visual novel yang berjudul sama, Steins;Gate dibuat oleh 5pb dan Nitro+.

Judul : Steins;Gate

Tanggal Rilis : 6 April 2011
Episode : 24
Durasi : 24 Menit per Eps

Genre : Sci-Fi, Thriller
Sumber Cerita : Visual novel
Studio : White Fox

Sinopsis

Okabe Rintaro, Shiina Mayuri, dan Daru bergabung di "Future Gadget Research Laboratory". Mereka menghabiskan waktu mereka di laboratorium sederhana itu. Dalam satu kesempatan, Okabe menyadari kalau mereka tanpa sengaja telah menemukan sebuah mesin waktu yang bisa mengirim pesan melalui ponsel ke masa lalu. Serangkaian percobaan mereka lakukan sehingga mereka bisa mengubah masa lalu. Tapi ternyata ada sebuah organisasi bernama SERN yang tidak disadari terus mengawasi pergerakan mereka.

Jalan Cerita

Steins;Gate ini memang bisa dikategorikan anime dengan cerita yang rumit dan unik. Di episode pertama, begitu banyak pertanyaan yang terlintas di kepala saya. Sepertinya wajar, karena memang jawaban dari pertanyaan saya ini baru dijawab di episode - episode akhir. Hal yang unik dari anime ini adalah khasnya gaya bicara Okabe yang selalu bertele-tele. Daru pun mempunyai gaya berbicara yang unik, agak dibuat seperti suara anak - anak cadel. Selain itu ada juga salam unik khas Mayushi, Tutturuu!!. Meskipun butuh kesabaran dan fokus lebih untuk memahami isi dari anime ini, tapi semuanya terbayar lunas ketika saya menamatkannya. Ada rasa puas karena ternyata ceritanya benar - benar berkualitas dan seru. Secara pribadi saya pikir episode pertama dan terakhir merupakan inti cerita dari anime ini. Hebatnya anime ini adalah bagaimana mereka membuat hal - hal yang kita pikir tidak penting justru mempunyai dampak yang besar di masa depan. Ini yang memaksa penonton harus konsentrasi memperhatikan semuanya secara detail.

Karakter

Karakter, adalah salah satu kelebihan Steins;gate, menurut saya, Pengembangan Karakter di Anime ini adalah yang terbaik daripada anime lain yang sudah pernah saya tonton. Khususnya Karakter Utamanya, si Okabe Rintarou dan Makise Kurisu. Okabe adalah seseorang yang baik hati, konyol, dan, ya... lumayan pintar. Walau kadang juga terkena delusi chuunibyou. Dia juga sering berakting seperti seorang sedang menelepon orang lain ketika dia tidak tahu apa yang harus dia katakan, yang juga cocok dengan adegan apapun yang dia lakukan. Dia juga orang yang pantang menyerah, dan akan melakukan apapun untuk menyelesaikan masalahnya. Kata - kata khas dari Okabe yang sampai sekarang saya ingat adalah EL PSY CONGROO dan juga kalimat yang paling epik dari anime ini, "I'm The Mad Scientist, Hououin Kyouma! *Laughing Like a Boss*" yang artinya, "Akulah sang ilmuan Gila, Hououin Kyouma!", adegan terbaik yang pernah saya lihat. Makise Kurisu, mungkin pertama kali melihat dia, pasti berpikiran, "ah… tsundere lagi tsundere lagi" tapi seiring berjalannya cerita ini, pengembangannya bagus dan kita dapat melihat sisi lain dari karakter Makise ini. Dia mulai tertarik kepada Okabe dan membantu Okabe dalam perjalanan waktunya dan juga membantu perjuangannya dalam melakukan sesuatu. Makise Kurisu juga sangat cerdas, seperti melakukan perhitungan saat Okabe dan Member Laboratoriumnya ingin mencoba membuat Gadget Mesin untuk mengirimkan pikiran Okabe ke masa lalu. Karakter lainnya juga mengalami pengembangan yang bagus. Mempunyai sifat yang pas dalam anime ini.

Art

Grafiknya lumayanlah, tidak buruk tapi juga tidak begitu bagus. Yang saya suka daripada Art-nya ialah, saat Okabe melakukan perjalanan waktu memakai D-mail (Nama lain dari mesin waktu tersebut), ada sebuah adegan yang berisi berbagai macam gambar dan menampilkan Divergence Meter. Divergence Meter adalah alat untuk mengetahui garis dunia manakah yang sekarang ditempati. Untuk visual memang sama sekali gak menarik, terlalu banyak abstrak dan bikin sakit mata, tapi bila tujuannya untuk mendukung sisi thriller dan misteri sepertinya gak masalah, animasinya juga sederhana dan simple.

Ost

Opening Steins;Gate "Hacking to the Gate" adalah salah satu OP yang paling saya suka. ED-nya tidak buruk juga. Soundtracknya mantap juga, ‘Hacking to The Gate’ sebagai lagu opening di semua episode kecuali pada episode awal, lagu endingnya pun keren juga. Baik BGM dan efek suara memang sunyi, tapi ini ciri khas anime misteri.

Overall

Jalan Cerita : 10 / 10
karakter : 10 / 10
Art : 8.5 / 10
Ost : 9 / 10
Steins;Gate : 9.8 / 10

Saya hanya punya satu kata untuk anime ini, AMAZING!, sangat pantas menduduki lima besar di MyAnimeList. Disarankan untuk kalian yang ingin menonton anime ini, berkonsentrasilah disetiap episodenya, jangan sampai ada arc yang ketinggalan, apalagi di skip. Pasti bingung deh, yakin. Tapi kalau menontonnya dengan tenang, konsentrasi penuh, kalian pasti menemukan dan menyadari bahwa bagaimana MENAKJUBKANnya anime ini.

Next

Related


EmoticonEmoticon